Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Ini Dia Perbedaan Nasi Padang dan Nasi Kapau!

Iqra RabikaIqra Rabika
Ini Dia Perbedaan Nasi Padang dan Nasi Kapau1
freddysinurat
Nasi Padang memang populer banget, bahkan sampai dapat predikat makanan terenak di dunia dengan rendangnya. Tapi pasti kamu sering juga dengar yang namanya Nasi Kapau, kan? Sudah tahu belum sama Nasi Kapau? Walaupun sama-sama berasal dari daerah Minang, dan punya menu yang hampir sama, Nasi Kapau dan Nasi Padang ternyata punya perbedaan ,lho! Qraved sudah berkeliling buat mencari tahu apa saja perbedaan yang ada antara Nasi Padang dan juga Nasi Kapau, maka dari itu baca terus ya artikel ini.
Ini Dia Perbedaan Nasi Padang dan Nasi Kapau2
Photo Source:  anggiarrazaqu
Menu antara Nasi Padang dan Nasi Kapau memang mirip-mirip, keduanya juga punya gulai sayur nangka yang biasanya terdiri dari nangka muda, kol, dan juga rebung. Tapi ada perbedaan mendasar dari gulai sayur nangka di Nasi Kapau dan Nasi Padang, kalau di Nasi Padang sayuran ini dipotong kecil-kecil, sedangkan di Nasi Kapau sayurannya disajikan secara utuh, seperti misalnya kol yang di potong per lembar. 
Ini Dia Perbedaan Nasi Padang dan Nasi Kapau3
Photo Source:  ekasatrp
Selain menu sayuran khas yang ada di kedua tempat, ada satu menu yang sangat khas dari Kedai Nasi Kapau yaitu Gulai Usus Sapi. Di Rumah Makan Padang, kamu akan sangat susah menemukan Gulai Usus Sapi, karena menu ini memang kurang populer untuk ada di Rumah Makan Padang. Selain menu, bumbu di Rumah Makan Padang dan Kedai Nasi Kapau juga ada perbedaan, di Rumah Makan Padang semua makanan sudah melalui proses tumis, sedangkan di Kedai Nasi Kapau tidak ada yang di tumis. Sehingga Nasi Padang jauh lebih berminyak dibandingkan Nasi Kapau.
Ini Dia Perbedaan Nasi Padang dan Nasi Kapau4
Photo Source:  freddysinurat
Ini Dia Perbedaan Nasi Padang dan Nasi Kapau5
Photo Source:  bisnis.com
Selain itu semua, ada juga perbedaan mendasar yang bisa membedakan antara Kedai Nasi Kapau dan juga Nasi Padang, yaitu cara peletakan menu. Kalau di Rumah Makan Padang, kan semua menu makanan ditaruh diatas etalase yang tinggi, sedangkan di Kedai Nasi Kapau, semua menu makanan dipajang di atas meja yang letaknya lebih rendah dari penjual. Maka dari itu, kalau kamu makan Nasi Padang di Rumah Makan Padang kamu sudah bisa melihat menu yang disajikan, tapi kalau di Kedai Nasi Kapau kamu harus masuk terlebih dahulu. 
Ini Dia Perbedaan Nasi Padang dan Nasi Kapau6
Photo Source:  Padangcity
Selain itu semua, ada satu lagi perbedaan yang sangat mendasar dari Rumah Makan Padang dan juga Kedai Nasi Kapau, yaitu Nasi Kapau hanya di jual oleh orang asli Kapau. Kapau yang merupakan nama sebuah desa yang ada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat ini menyebut nasi yang disajikan ala 'warteg' ini dengan sebutan Nasi Kapau. 
Walaupun, Nasi Kapau hanya di jual oleh orang asli Kapau bukan berarti kamu tidak bisa mencicipi Nasi Kapau di Kota Jakarta lho. Di Jakarta, kamu bisa menemukan Nasi Kapau di tempat yang Qraved rekomendasikan ini. 
Nasi Kapau Uni Upik Ini Dia Perbedaan Nasi Padang dan Nasi Kapau7View All Photos
Photo Source:  aldi_purba
Nasi Kapau Uni Upik yang ada di daerah Senen ini bisa jadi salah satu pilihan kamu kalau ingin mencoba menikmati nikmatnya sajian nasi kapau. Salah satu menunya yang paling enak, yaitu Gulai Usus Sapi yang susah kamu temui di Rumah Makan Padang.
Kalau kamu tetap inginnya menikmati Nasi Padang juga tidak ada salahnya, agar kamu bisa membuktikan perbedaan antara Nasi Kapau dan Nasi Padang sendiri. Ini dia rekomendasi Rumah Makan Padang legendaris yang bisa kamu nikmati di Jakarta.
RM Bopet Mini Ini Dia Perbedaan Nasi Padang dan Nasi Kapau8View All Photos
Photo Source:  prima_satria
Kalau ingin menikmati nasi padang yang punya rasa juara, coba saja datang ke RM Bopet Mini yang ada di Bendungan Hilir. Disini, kamu bisa menikmati beragam masakan khas Minang mulai dari makanan berat hingga makanan penutup seperti bubur kampiun.