Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Ini Dia.. Mie Instan Pertama di Dunia!

Ganesha WandaGanesha Wanda
Lapar tapi tidak punya banyak waktu untuk makan? Cari santapan mengenyangkan yang tidak pernah bikin bosan? Jawabannya tentu saja mie instan. Dan nggak cuma di tanah air, mie instan juga digemari hampir dari semua kalangan di seluruh dunia. Hmm.. jadi bikin penasaran nih, siapa sih pencetus hadirnya mie instan? Yuk langsung simak ulasannya!
Ini Dia.. Mie Instan Pertama di Dunia! - Heavy.com
Photo Source: Heavy.com
Ternyata, mie instan pertama kali dikreasikan di Jepang oleh seorang pria berdarah Taiwan bernama Momofuku Ando. Ando, begitu panggilan akrab pria ini, terinspirasi untuk membuat mie instant setelah melihat banyak orang yang rela antre di depan kedai mie untuk mendapatkan semangkuk ramen hangat. Itulah yang bikin dia penasaran untuk membuat mie kering yang praktis dan dapat segera dimakan dengan diseduh air panas di rumah.  
Ini Dia.. Mie Instan Pertama di Dunia! - Global Rakuten
Photo Source: Global Rakuten
Setelah sukses membuat mie instan, Ando meluncurkan produk mie instan pertamanya yang dinamakan Chicken Ramen. Tak puas, Ando pun mencari inovasi baru yaitu menciptakan cup noodles atau mie gelas yang sangat praktis. Kemudian, Ia pun mendirikan perusahaan mie instan pertama di dunia, yaitu Nissin Food Products Co., Ltd. 
Ini Dia.. Mie Instan Pertama di Dunia! - Nissin
Photo Source: Nissin
Ini Dia.. Mie Instan Pertama di Dunia! - Nissin
Photo Source: Nissin
Ini Dia.. Mie Instan Pertama di Dunia! -
Photo Source: 
Berkat ide dan jerih payahnya, kini hampir seluruh orang di belahan dunia menjadi penggemar mie instant. Oleh karena itu, pada puncak kesuksesannya, Ando mendirikan museum mie yang terletak di kota Yokohama - Jepang. Di The Cup Noodles Museum terdapat sejarah mengenai penemuan pertama mie instan dan bungkus-bungkus mie instan yang terpampang rapi di dinding kaca. Tak hanya itu, sejarah Momofuku Ando juga terpajang di sana, bahkan replika rumah tempat Ando meracik mie instant-nya juga ada lho!
Ini Dia.. Mie Instan Pertama di Dunia! - Nissin
Photo Source: Nissin
Ini Dia.. Mie Instan Pertama di Dunia! - Wowsabi
Photo Source: Wowsabi
Ini Dia.. Mie Instan Pertama di Dunia! - Ramen-inglenook
Photo Source: Ramen-inglenook
Yang serunya lagi, di The Cup Noodles kamu juga membuat cup noodles kamu sendiri lho! Kamu bisa menghias sendiri kemasan cup noodles kamu dan memilih sendiri topping beragam untuk mie-nya. Wah, buat kamu yang ingin liburan ke Jepang, The Cup Noodles Museum bisa jadi salah satu destinasi liburan kamu, nih!