Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Ini Dia Makanan khas Betawi yang Mulai Hilang Ditelan Jaman

Chandra WijayaChandra Wijaya
Ini Dia Makanan khas Betawi yang Mulai Hilang Ditelan Jaman - Main Photo
gedoor
Jakarta. Kota kecil yang punya segudang aktivitas ini emang selalu berkesan. Entah kesan itu bersifat positif ataupun negatif. Yang jelas, sulit dipungkiri kalau Jakarta itu ngangenin.

Nah, bicara soal Jakarta, jangan lupa kalau kota unik ini juga punyanye orang Betawi. Banyak pula perkembangan yang udah dilewati Jakarta di hari jadinya ke-489 ini, termasuk bidang kuliner. Salah satu yang paling terlihat adalah makanan khas Betawi yang jadi favorit jaman dahulu, namun kini perlahan mulai tergerus oleh perkembangan jaman. Yuk mengenal lebih dalam dan cobain makanan di bawah ini!

Sayur Babanci

 - bintang
Photo Source: bintang
Banyak dari kamu pasti nggak tahu tentang makanan ini. Sayur babanci atau juga dikenal ketupat babanci adalah jenis makanan yang sebenarnya mirip dengan ketupat sayur. Sedangkan nama babanci yang digunakan pun masih belum jelas bagaimana kisah awalnya. Yang jelas, jenis sayur ini masih dipertanyakan sampai sekarang. Mana sayurnya?

Bubur Ase

 - mychaoskitchen
Photo Source: mychaoskitchen
Di samping kenamaan bubur ayam enak yang tersebar dimana-mana, tahukah kamu Betawi punya bubur traditionalnya sendiri. Sebagai warga Jakarta wajib tahu nih! Rasanya pun sungguh khas dan nikmat. Bubur nasi ini diberi tambahan tetelan, tahu, kentang, dan disiram kuah semur. Jangan puas dulu, setelah itu masih ditambahkan asinan lagi, lho, supaya rasanya makin unik dan enak.

Sayur Besan

 - kulinerpanduanwisata
Photo Source: kulinerpanduanwisata
Nah seperti namanya, makanan ini merupakan sebuah simbol adat yang ada dalam pesta perkawinan masyarakat Betawi. Lalu kenapa diberi nama besan? Pasalnya menu ini dijadikan hidangan istimewa untuk besan karena cita rasa sayurnya yang sungguh nikmat.

Gabus Pucung

 - dentistvschef
Photo Source: dentistvschef
Gabus pucung adalah makanan khas Betawi yang berasal dari olahan ikan gabus dengan kuah pucung. Nah, saking langkanya menu ini, pasti banyak dari kamu yang heran dengan nama ini. Pucung adalah bumbu masakan khas Jawa yang berwarna hitam dan dikenal sebagai kluwek. Konon katanya, pucung ini merupakan pelopor masakan rawon, lho!

Kue Sengkulun

 - resepnet
Photo Source: resepnet
Beralih ke sajian kue, Betawi juga punya aneka ragam kue yang menggoyang lidah semua. Salah satunya ya kue sengkulun ini. Kemana perginya ya kue ini? Rasanya udah jarang banget ditemuin dimana-mana. Bagi kamu yang masih asing dengan kue ini, cobain deh enaknya tekstur yang lembut dan kenyal dari tepung ketan, lalu sensasi gula merah dan dicocol dengan kelapa parut.

Kue Dongkal

 - merahputih
Photo Source: merahputih
Kudapan satu ini nggak boleh ketinggalan. Konon kue ini favorit banget dan mudah ditemuin di mana-mana. Namun kini, anak muda Betawi aja sepertinya banyak yang nggak kenal dengan kue dongkal. Kalau tiba-tiba nemu jajanan ini, kamu wajib cobain nih!

Kue Rangi

 - gedoor
Photo Source: gedoor
Nah kalau satu ini sepertinya masih banyak yang mengenalnya. Namun saking pesatnya perkembangan jaman, termasuk dalam dunia kuliner, eksistensi kue ini makin redup dan bahkan para penjaja kue juga sudah hilang. Padahal, gula merah kental yang ada di atasnya nggak kalah enak sama selai Nutella, Ovomaltine, dan lain-lain, lho!

Es Selendang Mayang

 - resep4
Photo Source: resep4
Wah, saat terik matahari menyengat siang-siang, sambil makan es ini pasti segar banget. Itung-itung sekaligus lepas kangen mengingat makanan khas Betawi ini sudah hampir punah. Ditambah lagi, selain emang menyegarkan, minuman ini terbuat dari tepung beras yang dapat mengurangi rasa lapar.