Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Ini Dia Dangke, Keju Asli Indonesia yang Wajib Dicoba!

Chandra WijayaChandra Wijaya
Indonesia Punya Keju Buatan Sendiri1
Ini Dia Dangke, Keju Asli Indonesia yang Wajib Dicoba!
Siapa bilang semua keju itu hanya bisa dikreasikan oleh orang-orang Barat sana? Sekarang kita wajib bangga karena Indonesia  juga punya keju buatan sendiri dengan cita rasa yang berbeda pula. Enrekang, sebuah kabupaten di Sulawesi Selatan yang terkenal dengan etnis budaya yang masih kental ternyata selama ini menghasilkan keju dengan bahan dan olahan yang berbeda dari buatan khas Eropa. Seperti apa tampilan dan rasanya? Kali ini Qraved akan kasih bocorannya, yuk simak ulasan ini!
Yang kita tahu, Enrekang juga terkenal dengan penghasil biji kopi nikmat dan berkualitas, bahkan jangkauannya sudah sampai mancanegara! Namun karena begitu kayanya hasil olahan Indonesia, Enrekang pun menambahkan lagi cangkupannya dengan menghasilkan keju lokal bernama Dangke. 
Dangke sama-sama terbuat dari olahan susu sapi yang telah diproduksi sejak tahun 1900-an. Prosesnya cukup unik, yakni melalui proses fermentasi atau dipanaskan dengan suhu kurang lebih 70 derajat Celcius. Sedangkan yang membedakan Dangke dan keju lainnya adalah penggunaan getah pepaya yang berguna untuk memisahkan susu dari kandungan air dan lemak. Sedangkan kegunaan lainnya yaitu memadatkan susu sapi hingga membuatnya berwarna putih dan membuat rasa begitu asam. 
2
Photo Source:  @febianafeby
3
Photo Source:  mongabay
Namun jika kamu sering menemukan Dangke dengan hasil olahan susu kerbau, jangan khawatir, karena Dangke memang terbuat dari bahan ini dari dulu. Namun seiring menurunnya jumlah kerbau di tempat itu, para warga pun menggantikan susu kerbau dengan sapi untuk difermentasikan.
Nah kamu nggak perlu bingung cara menikmatinya. Biasanya, para warga Enrekang menggoreng ataupun memanggang keju Dangke untuk dinikmati. Setelah itu, sajikan nasi putih hangat dan sambal terasi untuk menyantap keju Dangke goreng tersebut. Wah penasaran banget nih seperti apa rasanya! 
4
Photo Source:  shamawar
Namun jika kamu lebih suka menyajikan ini menjadi makanan yang tidak pedas, para pendatang dan warga Enrekang pun gemar sekali menikmatinya dengan "Pulu Mandoti" atau beras yang punya aroma super wangi, bahkan dari saat ditanak saja! Jadi, buat kamu yang lagi piknik atau liburan di Enrekang, jangan sampai kelewatan menikati keju buatan Tanah Air kita, ya! Dan buat kamu pencinta keju,  kamu bisa langsung datang ke restoran Willie Brothers Steakhouse, dan Bistronomy untuk merasakan berbagai menu olahan keju yang lezat.