Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Ini 5 Penyebab Kamu Ngidam Berat Meski Nggak Lagi Hamil

Karina MarpaungKarina Marpaung
Ini 5 Penyebab Kamu Ngidam Berat Meski Nggak Lagi Hamil 1
sciencedaily.com
Ngidam umumnya identik dengan keadaan yang dialami oleh ibu hamil. Namun, terkadang wanita yang tak sedang hamil pun bisa merasakan ngidam. Jangankan wanita, tak jarang lelaki turut memiliki keinginan yang amat besar untuk menyantap suatu makanan. Lantas, apa yang jadi sebab perasaan ngidam muncul padahal lagi nggak hamil?   

Dehidrasi

2
Photo Source:  chateletvincent
Dilansir dari laman Reader’s Digest, ngidam bisa jadi merupakan keadaan dehidrasi yang disalahartikan oleh otak. Oleh sebab itu, agar ngidam tak membuatmu makan berlebihan, pastikan kebutuhan air harianmu terpenuhi.

Stres

3
Photo Source:  familydoctor
Tanpa disadari, ngidam ternyata merupakan pelampiasan atas perasaan tertekan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Yale University School of Medicine di Amerika Serikat pada tahun 2013 menyatakan bahwa stres dapat menyebabkan seseorang memiliki keinginan yang besar untuk mencari dan menyantap makanan nikmat.

Kurang tidur

4
Photo Source:  oprah.com
Hati-hati bila kamu sering tidur kurang dari 8 jam sehari. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam oleh National Academy of Sciences of the United States of America pada tahun 2013, kebiasaanmu tersebut bisa memunculkan perilaku makan berlebih yang berujung pada kenaikan berat badan.

Lupa sarapan

5
Photo Source:  n.youssra
Bukan lagi menjadi rahasia bahwa sarapan adalah aktivitas penting yang harus dilakukan setiap orang. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Nutritional Journal pada tahun 2014 menyatakan bahwa melupakan sarapan hanya akan membuat rasa ngidam lebih bergejolak, terutama terhadap makanan manis dan gurih.    

Kurang Protein

6
Photo Source:  chefgeofffitness
Penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal pada tahun 2014 membuktikan bahwa konsumsi makanan tinggi protein dapat mengurangi rasa ngidam. Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Obesity juga membuktikan bahwa mengonsumsi makanan tinggi protein dapat membuat perut terasa lebih kenyang sehingga menekan munculnya rasa ngidam.