Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Ganti Piring Kamu dengan Daun Pisang!

Iqra RabikaIqra Rabika
Ganti Piring Kamu dengan Daun Pisang!1
VKeong
Kamu pasti sering kan menemukan daun pisang dijadikan alas untuk makan? Mulai dari makan di atas piring yang di lapisi daun pisang, sampai alas untuk membungkus makanan, daun pisang emang sangat sering dijadikan alas. Mungkin, kamu juga bertanya-tanya kenapa sih harus menggunakan daun pisang sebagai alas makanan? Nah, hal inilah yang akan Qraved kasih tau ke kamu. Yuk, dibaca terus artikelnya!
Ganti Piring Kamu dengan Daun Pisang!2
Photo Source:  1000 Macam Manfaat
Daun pisang yang banyak digunakan sebagai alas makanan ini ternyata memiliki kandungan yang bernama polyphenol, khususnya kandungan polyphenol yang bernama epigallocathechin gallate (EGCG). Polyphenol merupakan kandungan antioksidan yang sebenarnya tidak hanya ada di daun pisang saja, namun ada juga di beberapa tumbuhan. Nah, tetapi kandungan EGCG yang ada di daun pisang ini bisa menjaga sel kamu dari kerusakan dari radikal bebas. Radikal bebas inilah yang biasanya menyebabkan penyakit kanker, hingga penuan dini.
Ganti Piring Kamu dengan Daun Pisang!3
Photo Source:  curejoy
Walaupun kamu tidak memakan daun pisangnya secara langsung, dan hanya menggunakannya untuk alas makan, kandungan EGCG yang ada di daun pisang tetap bisa di serap oleh tubuh kamu, kok. Karena makanan hangat yang kamu taruh diatas daun pisang akan menstimulasi polyphenol dan membuatnya terserap kemakanan kamu. Tidak hanya punya kandungan EGCG, daun pisang juga mengandung vitamin A, asam citric, kalsium, beta karotin, hingga anti bakteri, lho!
Nah, selain dari kandungan daun pisang yang tadi sudah Qraved sebutkan, masih banyak lagi lho manfaat yang bisa kamu peoleh dari daun pisang. Seperti misalnya, bisa membuat kulit kamu jadi lebih sehat jika makan langsung diatas daun pisang, sampai meningkatkan sistem imun kamu. 
Tidak hanya baik bagi tubuh kamu karena kandungannya, daun pisang juga piunya manfaat lain apabila digunakan sebagai alas makanan kamu. Apa saja ya? Qraved kasih tau ke kamu bocorannya.

Rasa Makanan Jadi Lebih Enak

Ganti Piring Kamu dengan Daun Pisang!4
Photo Source:  SheKnows
Daun pisang yang punya lapisan seperti wax ini bisa memberi rasa tersendiri pada makanan kamu. Saat terkena makanan panas, wax yang melapisi daun pisang ini akan meleleh dan akan membuat rasa makanan kamu jadi lebih enak, dan juga jadi lebih wangi.

Ramah Lingkungan

Ganti Piring Kamu dengan Daun Pisang!5
Photo Source:  NewsWeek
Daripada menggunakan styrofoam atau plastik untuk membungkus makanan kamu, lebih baik gunakan daun pisang yang ramah lingkungan. Daun pisang lebih mudah di urai oleh tanah dibandingkan dengan styrofoam ataupun tempat makan plastik, sehingga tentu saja lebih ramah lingkungan. 

Higienis

Ganti Piring Kamu dengan Daun Pisang!6
Photo Source:  Amazetify
Alas makan yang satu ini tidak perlu untuk dibersihkan dengan sabun, hanya dengan membilasnya dengan air saja daun pisang sudah siap untuk digunakan. Nah, kalau kamu makan di tempat makan yang kira-kira kurang terjamin kebersihannya, lebih baik kamu makan dari daun pisang dibandingkan dari piring yang tidak dibersihkan secara benar.

Bebas Bahan Kimia

Ganti Piring Kamu dengan Daun Pisang!7
Photo Source: 
Walaupun kamu sudah membersihkan piring kamu dengan sabun dan dicuci bersih, tetap saja pasti ada sisa-sisa bahan kimia yang menempel di piring kamu. Nah, kalau kamu menggunakan daun pisang tidak akan ada bahan kimia yang menempel, deh. Secara, daun pisang hanya sekali pakai dan bisa langsung di buang.

Waterproof

Ganti Piring Kamu dengan Daun Pisang!8
Photo Source:  VKeong
Karena memiliki lapisan yang waxy, daun pisang bisa digunakan untuk menyajikan berbagai makanan mulai dari yang sedikit berkuah, sampai makanan yang kering. Selain itu daun pisang juga bagus sebagai pengganti alumunium foil saat membungkus makanan.