Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Es Nusantara yang Jadi Favorit Sepanjang Masa

Ganesha WandaGanesha Wanda
Macam Es Nusantara1
Olivia Cooks In Holland
Banyaknya bermunculan berbagai jenis es kekinian ternyata tidak menyurutkan kesukaan banyak orang terhadap es-es khas Nusantara. Kira-kira es nusantara apa saja sih yang masih disukai banyak orang dan posisinya nggak pernah terganti? Yuk, simak ulasan Qraved!

Es Cendol

Es Teler 77 Macam Es Nusantara2
Photo Source:  Warung Tekko
Minuman khas Indonesia ini terkenal tak hanya di tanah Jawa tetapi hampir ke suluruh Indonesia. Cendol terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan es parut, gula merah cair, dan santan. Di daerah Sunda, minuman ini di kenal dengan nama Cendol, berasal dari kata jendol, dikarenakan minuman ini memberikan sensasi jendolan yang dirasakan ketika meminumnya. Sedangkan di Jawa Tengah, minuman ini dikenal dengan nama Dawet. Untuk rasanya ya sama: terasa manis, gurih, dan segar!

Es Teler

Es Teler 77 Macam Es Nusantara3
Photo Source:  Kuliner Sehat
Es teler pertama kali dicetuskan oleh seorang pedagang es campur, Hj. Samijem Darmo Wiyono. Ia mengaku bahwa banyak orang seperti merasakan efek 'teler' setelah mencoba kreasi es buatannya. Terbuat dari campuran buah-buahan, seperti alpukat, kelapa muda, nangka, strawberry, kolang-kaling, varian es ini juga disajikan dengan santan, susu kental manis, daun pandan, dan gula. 

Es Doger

Es doger Macam Es Nusantara4
Photo Source:  Perut Gendut
Es yang berasal dari Cirebon ini bisa dengan mudah ditemui di kota-kota besar di Indonesia. Bahkan es yang satu ini sangat popular di tengah masyarakat Betawi. Rasanya yang enak dan segar bisa membuat seseorang ketagihan apalagi ketika dinikmati pada saat siang hari. Minuman berbahan dasar parutan kelapa, es serut, ditambah dengan tape, ketan hitam, hingga alpukat ini bisa temukan mulai dari pedagang gerobak hingga restoran terkenal. 

Es Podeng

Es Teler 77 Macam Es Nusantara5
Photo Source:  Indonesian Food Explorer
Es podeng berasal dari bahasa Madura yang artinya putar. Sesuai dengan namanya, es ini di buat dengan cara di putar dengan menggunakan mesin. Kemunculan es podeng tak lepas dari kreativitas masyarakat Indonesia pada zaman kolonial yang tak dapat menikmati es krim. Masyarakat Indonesia mengubah bahan utama susu dengan santan kelapa. Kini es podeng dinikmati dengan bahan lainnya, seperti roti, kacang, buah-buahan, agar-agar, hingga susu. 

Es Lilin

Talaga Sampireun Macam Es Nusantara6
Photo Source:  Pengs Kitchen
Kalau kebanyakan orang mengenal Popsicle, di Indonesia juga ada es lilin lho! Dinamakan es lilin karena bentuknya yang seperti lilin. Es lilin ada yang dimasukan ke dalam plastik bening adapula yang di tusuk dengan menggunakan stik. Ada macam rasa es lilin, mulai dari kacang hijau, kacang merah, strawberry, cokelat, durian, dan buah-buahan lainnya. 

Es Pisang Ijo

Talaga Sampireun Macam Es Nusantara7
Photo Source:  Toko Mesin
Minuman segar yang satu ini berasal dari kota Makassar. Pisang ijo terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan berwarna hijau yang kemudian dimasak dengan cara di kukus. Pisang ijo kemudian disajikan bersama dengan es serut, santan, yang kemudian disiram dengan sirup. Hmmm.. kedengarannya aja sudah bisa menyegarkan tenggorokan ya!
Es Teler 77 Es Nusantara yang Dapat Memaniskan Harimu!8View All Photos
Photo Source:  Echa Simanjuntak
Meski namanya Es Teler 77, rumah makan siap saji ini tak hanya menjual es teler lho! Ada juga beberapa menu es nusantara lainnya, seperti es cendol, es nangka, es soda gembira. Tak hanya itu, ada juga menu makanan yang bisa dikombinasikan dengan minuman es nusantara-nya, seperti nasi goreng, mie goreng, hingga bakso. 
Saung Layaran Es Nusantara yang Dapat Memaniskan Harimu!9View All Photos
Photo Source:  Anak Jajan
Meski bukan restoran khusus es nusantara, namun di Saung Layaran kamu juga bisa menemukan beberapa es nusantara yang bisa menjadi makanan pencuci mulut lho! Restoran yang menjadikan hidangan seafood sebagai menu utamanya ini memiliki suasana restoran yang nyaman dan cocok untuk makan bersama keluarga!
Seven 8 Nine Beverages Es Nusantara yang Dapat Memaniskan Harimu!10View All Photos
Photo Source:  Anak Jajan
Di Seven 8 Nine kamu akan menemukan beberapa tenant-tenant makanan yang menjual aneka menu makanan yang variatif. Areanya juga terlihat unik dengan beberapa dinding yang dihiasi dengan lukisan 3D yang dapat dijadikan spot foto yang menarik. Jika kamu ingin mencoba beberapa es Nusantara, kamu bisa datang ke tenant Pojok Seribu Rasa!
Es Pisang Ijo Pemuda Es Nusantara yang Dapat Memaniskan Harimu!11View All Photos
Photo Source:  Es Pisang Ijo Pemuda
Kenikmatan rasa es pisang ijo di Es Pisang Ijo Pemuda memang telah tak diragukan lagi! Walaupun menu utama yang menjadi andalannya es pisang ijo, tetapi di sini kamu juga bisa mencoba beberapa menu es lainnya, seperti es buah, es kacang merah, dan aneka jus. Yang pasti jangan sampai tidak mencoba es pisang ijo-nya ya!