Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Deretan Bubur Asli Indonesia, Kamu Sudah Coba yang Mana?

Iqra RabikaIqra Rabika
Deretan Bubur Asli Indonesia, Kamu Sudah Coba yang Mana?1
Toko Mesin Maksindo
Bubur memang salah satu makanan yang banyak disukai, dan juga mudah di temui di Indonesia. Selain karena mudah dalam memakannya, juga karena rasanya yang enak. Tapi tahu kan kamu kalau banyak, lho jenis bubur selain bubur ayam. Apa saja ya? Nih, Qraved kasih kamu bocorannya.

Bubur Manado

Deretan Bubur Asli Indonesia, Kamu Sudah Coba yang Mana?2
Photo Source:  Masakan simbok
Buburvasli Manado kalau di daerah asalnya disebut Tinutuan. Dalam satu mangkuk bubur manado kamu bakalan terkejut karena isiannya yang bermacam-macam mulai dari jagung manis, kemangi, bayam, labu dan aneka bumbu sekaligus ditambah topping lainnya.

Bubur Kanji Rumbi

Deretan Bubur Asli Indonesia, Kamu Sudah Coba yang Mana?3
Photo Source:  MasakanDapurku.com
Bubur khas Manado sudah, kini giliran bubur asal Aceh nih, Bubur Kanji Rumbi. Bubur yang sekilas mirip dengan bubur ayam ini memang punya kelezatan yang hakiki, karena memiliki tambahan bumbu rempah dan juga udang hingga cengkeh di dalamnya sehingga rasanya lebih kuat.

Bubur Manggul

Deretan Bubur Asli Indonesia, Kamu Sudah Coba yang Mana?4
Photo Source:  Resep Masakan Terbaru
Ada lagi Bubur Manggul, bubur khas dari Madura yang menggunakan kuah udang dan juga topping seafood. Tapi uniknya, bubur manggul ini menggunaka bubur sumsum, lho! Wah, sudah pernah coba belum kamu?

Bubur Ase

Deretan Bubur Asli Indonesia, Kamu Sudah Coba yang Mana?5
Photo Source:  My Chaos Kitchen
Bubur yang satu ini agak berbeda dengan bubur kebanyakan karena memiliki warna yang gelap. Bubur Ase, khas Betawi ini memiliki kuah yang gelap karena disiram dengan kuah semur daging dan disajikan dengan aneka lauk sebagai tambahannya. Sayangnya, bubur ase saat ini sudah jarang ditemui.

Bubur Sumsum

Deretan Bubur Asli Indonesia, Kamu Sudah Coba yang Mana?6
Photo Source:  Catatan Nina
Bubur sumsum yang terbuat dari tepung beras dan juga kuah gula merah ini memang belum diketahui dari daerah mana asalnya, tapi pasti kamu tahu kan kalau rasanya tidak ada duanya? bubur sumsum yang lunak, dengan manis gula merah memang nagih.

Bubur Sagu

Deretan Bubur Asli Indonesia, Kamu Sudah Coba yang Mana?7
Photo Source:  Hanamira Kitchen
Di daerah Ambon juga ada nih satu bubur yang jadi favorit, yaitu Bubur Sagu. Bubur yang terbuat dari sagu ini direndam lalu di rebus dan disajikan dengan kuah santan dan juga talas kukus. Hm, nikmatnya dimakan hangat-hangat!

Bubur Ketan Hitam

Deretan Bubur Asli Indonesia, Kamu Sudah Coba yang Mana?8
Photo Source:  kokiresep
Bubur ketan hitam juga merupakan salah satu bubur yang cukup populer di Indonesia. Dibuat dari beras ketan hitam yang direbus dalam air gula, dan disajikan dengan santan membuat bubur ketan hitam ini cukup mengenyangkan.

Bubur Merah Putih

Deretan Bubur Asli Indonesia, Kamu Sudah Coba yang Mana?9
Photo Source:  kulinerpuanmanura
Biasanya, bubur yang satu ini dimasak sebagai tanda kelahiran seorang anak. Bubur ini juga pembuatannya amat mudah, hanya dengan memasak ketan putih yang dicampur dengan gula merah dan disajikan menggunakan daun pandan.

Bubur Suji Ayu

Deretan Bubur Asli Indonesia, Kamu Sudah Coba yang Mana?10
Photo Source:  @zahrazidane
Kalau kamu sering menemukan bubur yang terbuat dari ketan, ataupun beras bubur suji ayu ini sedkit berbeda karena terbuat dari kentang yang dikukus dengan tepung tapioka dan juga air suji. Warnanya yang hijau pun terbentuk karena saat dimasak di rendam dengan daun pandan. Enaknya menikmati bubur suji ayu ini saat masih panas, sehingga manisnya masih sangat terasa.

Bubur Kacang Hijau

Deretan Bubur Asli Indonesia, Kamu Sudah Coba yang Mana?11
Photo Source:  foodsweety.com
Nah, yang terakhir ini pasti kamu sudah sangat akrab kan? Ya, Bubur kacang hijau yang banyak di jual di pinggir jalan ini memang enak, dengan bahan kacang hijau dengan kuah santan dan tambahan roti tawar, bubur kacang hijau ini cocok untuk menemani malam yang dingin.
Jadi, kamu sudah coba bubur yang mana saja nih Qravers?