Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Cara Split Bill Dengan Adil

Haetam AttamimyHaetam Attamimy
Cara Split Bill Dengan Adil - Main Photo
Cara Split Bill Dengan Adil
Weekend telah tiba. Pasti nggak sedikit dari kalian yang merencanakan berbagai jenis kegiatan buat mengisi akhir pekan. Salah satu yang paling sederhana namun cukup berarti adalah makan siang atau makan malam bersama teman-teman. Di kota besar seperti Jakarta, kegiatan sederhana ini bisa jadi spesial karena nemuin waktu buat ketemu teman-teman kamu kadang susah banget.

Tapi seberapa menyenangkan pun lunch/dinner bareng teman-teman terbaik kamu, ada satu masalah yang bakal terus muncul; membagi tagihan atau bill dengan adil.

Membagi tagihan terkadang bisa jadi horor tersendiri. Salah satu faktornya adalah tax yang bisa mempersulit, seringkali juga setiap orang memesan menu berbeda sehingga diperlukan ketelitian untuk menghitung dengan baik. Terdengar repot dan bikin risih.

Untuk membuat masalah ini menjadi semakin mudah, coba simak beberapa tips dari Qraved di bawah ini.

Bagi rata

 - pymnts.com
Photo Source: pymnts.com
Memang agak sedikit terdengar tidak adil, namun jika kamu malas menghitung jumlah makanan yang kamu pesan, sebaiknya bill dibagi rata. Jika dijadikan kebiasaan, maka teman-teman kamu akan cenderung memesan menu yang harganya tidak memiliki perbedaan terlalu jauh.

Tips ini tentu saja tidak berlaku jika jarak harga antara menu yang kamu dan teman-teman kamu pesan terlalu jauh.

Bawa cash

 - majalahkartini.co.id
Photo Source: majalahkartini.co.id
Hal ini sangat penting. Luangkan waktu beberapa menit untuk mampir ke ATM dan ambillah uang secukupnya. Percayalah, akan sangat repot membagi bill jika semua orang ingin menggunakan kartu kredit/debit. Cash adalah pilihan masuk akal dan paling mudah ketika melakukan pembayaran.

Terkadang harus berkorban

 - time.com
Photo Source: time.com
Di Indonesia, kita punya tradisi untuk mentraktir teman-teman jika sedang berulang tahun atau punya pacar baru. Ikuti aturan ini untuk menghindari gosip bahwa kamu itu pelit. Tidak ada salahnya juga mengeluarkan sedikit uang untuk orang-orang terdekat kamu. Jika kamu keberatan untuk membayar 100% dari total bill-nya, membayar setengah dari total juga sudah cukup.

Manfaatkan kembalian untuk tips

 - foodandwine.com
Photo Source: foodandwine.com
Terlebih jika waiter yang melayani kamu telah melakukan tugasnya dengan baik. Namun jika kamu kebingungan dengan uang kembalian yang entah harus diberikan kepada siapa, dan keberatan untuk memberikannya pada waiter yang memberikan pelayanan buruk, kamu bisa memanfaatkannya untuk membayar parkir.

Have a great weekend!