Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Cara Paling Benar Untuk Menyantap Dim Sum

Kevin IrwanKevin Irwan
Cara Paling Benar Untuk Menyantap Dim Sum1
Cara Paling Benar Untuk Menyantap Dim Sum
Hidangan dim sum, yang merupakan menu a la Tiongkok ini memang sudah menjamur di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di Jakarta sendiri kita bisa menemukan berbagai restoran hingga pedagang kaki lima yang menyajikan dim sum dengan kualitas dan harga yang tentu saja beragam. Tapi, ada beberapa orang yang masih belum tahu rahasia cara menyantap  dengan tepat hidangan dari daerah Canton ini.  
Cara tepat menyantap dim sum akan membuat kamu menikmati rasa yang lebih enak, dan pengalaman kuliner yang otentik. Logikanya, kita tentu akan terganggu jika melihat seseorang menyantap sebungkus nasi Padang dengan pisau dan garpu, atau bahkan sumpit, betul? Nah, kalau begitu, yuk kita simak cara menyantap dim sum dengan benar!

Berapa Banyak Makanan Yang Perlu Dipesan?

Cara Paling Benar Untuk Menyantap Dim Sum2
Photo Source:  buzfeed
Kita mulai dari cara memesan. Seperti yang kamu pasti sudah ketahui, dim sum memang disajikan dalam porsi yang mini yang membuat kita perlu memesan beberapa hidangan. Karena biasanya disajikan sebagai teman minum teh, sangat disarankan untuk kamu memesan teh terlebih dahulu sebelum dipusingkan dengan makanan apa yang mau kamu pesan. 
Jika teh sudah kamu pesan, berarti sudah saatnya untuk memesan makanan. Seringkali orang akan memesan makanan terlalu banyak, atau justru terlalu sedikit. Jumlah per porsi yang kecil dan juga pilihan hidangan yang banyak memang bisa membuat bingung, namun biasanya warga Tiongkok akan memesan 1-2 porsi per orang. Maka jika kamu datang ke sebuah restoran dim sum berempat, porsi ideal untuk kalian adalah diantara 4-8 porsi. 

Apa yang Harus Dipesan?

Cara Paling Benar Untuk Menyantap Dim Sum3
Photo Source:  HelpGoAbroad
Sebenarnya tidak ada cara atau peraturan tepat dalam hal ini, karena kamu tentu saja bisa memesan apapun sesuai selera. Namun jika kamu ingin merasakan pengalaman memakan dim sum yang autentik, cobalah untuk memesan berbagai hidangan dengan tekstur dan rasa yang berbeda-beda mulai dari yang dikukus, gorengan, asin, hingga manis. 

Sumpit, Sendok, Garpu, atau Tangan?

Cara Paling Benar Untuk Menyantap Dim Sum4
Photo Source:  hablemosdesawa
Alat makan yang digunakan untuk menyantap dim sum sudah pasti adalah sumpit. Sementara pisau dan garpu adalah alat makan yang WAJIB kamu jauhkan dari meja saat menikmati menu ini. Sedangkan sendok hanya digunakan sebagai 'suporter' dari sumpit, dan juga untuk menyantap makanan berkuah. Menggunakan tangan juga ternyata masih dianggap wajar dalam untuk menyantap beberapa hidangan Dim Sum seperti bakpao dan Dan Tat (egg tart manis ala Tiongkok). Selain itu, sumpit memang menjadi satu-satunya alat makan yang digunakan. 
Cara Paling Benar Untuk Menyantap Dim Sum5
Photo Source:  wandoo
Sedikit tips tambahan, jangan pernah mencolok makanan kamu dengan sumpit. Gunakan sumpit dengan cara yang benar, karena dalam tradisi Tiongkok, mencolok makanan menggunakan sumpit dianggap akan membawa kesialan besar. 

Jangan Lupakan Teh

Cara Paling Benar Untuk Menyantap Dim Sum6
Photo Source:  discoverbeijingtours
Kita sudah sedikit membahas di atas bahwa dim sum merupakan hidangan teman minum teh. Jangan lupakan fakta tersebut, karena teh sendiri bisa membantu kamu dalam memaksimalkan rasa makanan. Selain sangat berguna untuk menurunkan minyak dan lemak, teh sangat berguna untuk menetralisirkan lidah. Maka setelah menyeruput sedikit teh setelah merasakan satu hidangan, mulut dan lidah kita akan kembali netral dan siap merasakan hidangan lainnya. Dengan cara ini kamu akan lebih bisa mendapatkan rasa makanan lebih maksimal. 

Saus Sambal, Yes or No?

Cara Paling Benar Untuk Menyantap Dim Sum7
Photo Source:  Emaksuper
Bukan rahasia umum kalau saus sambal merupakan andalan orang-orang Indonesia dalam menyantap segala jenis makanan. Mulai dari pizza, burger, pasta, sushi, semua disantap menggunakan saus sambal. Nah, bagaimana saat menikmati dim sum? 
Cara Paling Benar Untuk Menyantap Dim Sum8
Photo Source:  thedeliciouslife
Jika kamu mau merasakan dim sum yang autentik, jawabannya ya tentu saja no! Hanya ada tiga 'cocolan' yang sebenarnya digunakan untuk Dim Sum; kecap asin, cuka yang dicampur irisan jahe, dan chilli oil. 
Itulah cara yang paling tepat dalam menyantap dim sum. Sebuah hidangan a la Tiongkok yang diperuntukkan sebagai makanan ringan teman minum teh. Semua langkah di atas tentu hanyalah saran, sebuah saran yang patut dicoba demi merasakan hidangan dim sum dengan rasa maksimal. Sudah tahu cara makan yang benar? Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat makan dim sum yang autentik di Jakarta. 
Din Tai Fung Langkah Paling Benar Untuk Menyantap Dim Sum9View All Photos
Photo Source:  DanielFoodDiary
Restoran dim sum pertama yang rekomendasikan adalah Din Tai Fung. Restoran yang mempunyai cukup banyak cabang di berbagai mall ini dikenal berkat signature dish mereka yaitu Xio Long Bao. Selain itu mereka juga menyajikan berbagai hidangan Dim Sum lainnya seperti siomay, hakau udang, dan masih banyak lagi. Restoran yang berasal dari Taiwan merupakan salah satu tempat paling autentik untuk merasakan Dim Sum. 
Tim Ho Wan Langkah Paling Benar Untuk Menyantap Dim Sum10View All Photos
Photo Source: 
Berikutnya ada Tim Ho Wan. Restoran yang berasal dari Hong Kong ini juga harus masuk kedalam daftar rekomendasi restoran Dim Sum di Jakarta. Restoran yang berhasil mendapatkan gelar Michellin Star ini sudah mempunyai dua cabang di Jakarta, tepatnya di Grand Indonesia dan Pantai Indah Kapuk. Namun ada sedikit perbedaan dari kedua cabang tersebut, jika di Pantai Indah Kapuk mereka menyajikan daging babi, Tim Ho Wan cabang Grand Indonesia hanya menyajikan makanan yang halal. 
Imperial Kitchen & Dimsum Langkah Paling Benar Untuk Menyantap Dim Sum11View All Photos
Photo Source:  maxxdiners
Berikutnya ada Imperial Kitchen. Restoran yang satu ini dikenal berkat rasa yang memang enak dan otentik, namun seua disajikan dengan harga yang terjangkau. Sedikit catatan, dimanapun lokasinya, restoran yang satu ini selalu ramai dikunjungi. Jadi siap-siap bersabar ketika kamu berencana untuk makan di sini.