Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Cara Mudah Bikin Pizza di Rumah

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Cara Mudah Bikin Pizza di Rumah1
Bitobe
Siapa bilang bikin pizza itu susah? Ga juga. Sebenarnya kamu bisa juga kok bikin pizza di rumah dengan alat seadanya. Ga punya oven? Tenang aja, masih ada teflon, yang bisa kamu andalkan buat memanggang pizza. Ah, pokoknya, cara bikin pizza yang mau Qraved bagi ke kamu ini anti ribet deh. Emang, sih. Pizza yang dibuat pakai teflon ini ga akan jadi setipis dan se-crispy yang dibakar pakai kayu. Tapi, kalo kamu bisa ngasih sentuhan magis pada bahan-bahan yang ada, niscaya pizza-mu itu akan mirip dengan pizza-pizza yang ada di restoran mahal.

1. Siapin Bahan Dasar Pizza

Cara Mudah Bikin Pizza di Rumah2
Photo Source:  tips petani
Seperti kebanyakan tutorial, ataupun resep-resep lainnya, pertama-tama kamu harus siapin bahan-bahan untuk membuat pizza. Bahan-bahannya mudah kamu dapatkan di pasar modern ataupun pasar tradisional, kok. * 250 grm tepung terigu * 1 butir telur * 4 grm ragi instan * 200 ml susu cair * 3 sdm minyak goreng * 3 sdm mentega

2. Siapkan Bahan Buat Topping

Cara Mudah Bikin Pizza di Rumah3
Photo Source:  Hot Brain Zone
Setelah menyiapkan bahan, kamu harus menyiapkan bahan-bahan untuk toppingnya. Percuma juga kalo pizza-nya enak tapi topping-nya ga ada. Maka dari itu, kamu harus siapin bahan-bahan ini buat topping: * 2 buah bawang bombay, cincang halus panjang * 2 batang daun bawang, cincang halus tipis * 1 buah Jagung/ sayuran lain * 1 buah paprika, potong tipis * 1 potong Keju, parut halus * Daging cincang, secukupnya * Cabe merah secukupnya * 2 siung bawang putih * 2 buah tomat, potong tipis-tipis * 2 buah sosis, potong tipis * 5 sdm saus tomat, atau secukupnya * 1 butir telur

3. Membuat Adonan

Cara Mudah Bikin Pizza di Rumah4
Photo Source:  Masakpedia
Larutkan gula pasir dan juga ragi ke dalam 100ml air hangat. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Sambil menunggu ragi, gula dan airnya tercampur, campurkan tepung terigu, garam dan minyak sambil diuleni. Dalam proses menguleni ini, tambahkan air hangat yang sudah tercampur itu sedikit demi sedikit. Lalu uleni terus adonan tersebut hingga kalis. Setelah itu, tutup adonan tersebut dengan kain basah selama 1 jam, sampai adonan mengembang.

4. Siapkan Teflon

Cara Mudah Bikin Pizza di Rumah5
Photo Source:  Resep Kafe
Siapkan juga teflon. Lumuri permukaan teflon dengan minyak goreng sebelum memasukkan adonan. Setelah permukaan teflon terlumuri, masukkan adonan hingga semua permukaan teflon tertutup. Setelah itu tusuk-tusuk adonan yang ada di dalam teflon dengan garpu. Hal ini dimaksutkan agar adonan punya rongga dan pizza ga terlalu mengembang. Setelah itu barulah, olesi saus yang sudah dipersiapkan tadi dan kemudian tata topping-nya.

5. Panggang dengan Teflon

Cara Mudah Bikin Pizza di Rumah6
Photo Source:  Bitobe
Setelah itu tutup teflonnya, agar matangnya merata. Dalam memanggang adonan pizza, pakailah api yang kecil saja. Jangan terlalu besar, agar pizza ga gosong. Setelah 15 menit atau ketika pizza sudah agak kecoklatan, matikan kompor. Dan pizza pun siap untuk dihidangkan.