Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Cara Gampang Biar Nggak Cepat Lapar

PitacilyPitacily
Cara Gampang Biar Nggak Cepat Lapar - Main Photo
Cara Gampang Biar Nggak Cepat Lapar
Ada kalanya nafsu makan tiba-tiba sulit dikendalikan. Perut seperti nggak ada kenyangnya dan mulut maunya ngunyah terus. Kalau sehari dua hari saja sih nggak masalah, tapi kalau terus-terusan, ukuran badan yang jadi taruhannya. Ini dia tips untuk mengerem nafsu makanmu. 

Makan Dengan Perlahan-lahan

Intinya, makan nggak perlu terburu-buru. Menurut beberapa sumber pun, kamu perlu mengunyah sebanyak 33x supaya makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh semakin mudah untuk dicerna. Makan secara perlahan pun membuat kamu akan lebih cepat dan lama merasa kenyang.

Berhenti Belanja Camilan

Tips - www.eatthis.com
Photo Source: www.eatthis.com
Tips - skinnytherightway
Photo Source: skinnytherightway
Saat membuat daftar belanja bulanan, mulailah untuk mencoret daftar camilan nggak sehat. Contohnya, permen, cokelat, juga keripik kentang yang kaya MSG. Perbanyak belanja makanan-makanan sehat seperti kacang-kacangan, sayur, dan buah. Salah satu buah yang bisa kamu jadikan camilan adalah apel. Buah apel dipercaya dapat membantu mengontrol nafsu makan karena apel mengandung 1/5 gram dari jumlah serat yang kita butuhkan dalam satu hari. Selain buah apel, buah alpukat mengandung lemak yang bermanfaat bagi tubuh. Lemak memiliki peran untuk menghambat proses pencernaan makanan dan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Pilih Makanan yang Tepat

Tips - forksandfolly.com/
Photo Source: forksandfolly.com/
Pola makan yang tepat dapat berpengaruh pada nafsu makanmu. Pilihlah makanan-makanan yang sehat. Dimulai dari pagi hari dengan oatmeal, siang hari dengan sepiring nasi secukupnya dengan lauk-lauk sehat, dan malam hari ditutup dengan buah. Ketika lapar di sore hari, buah pun tetap dapat diandalkan. Nggak ada ruginya lho mengonsumsi buah dua kali sehari. Malah, kamu akan menjadi lebih sehat dari sebelumnya.

Menjaga Asupan Vitamin D

Konsumsi makanan yang kaya vitamin D juga membantu untuk mengontrol nafsu makan, karena vitamin ini mempengaruhi kerja hormon leptin yang bertugas menjadi penanda bahwa perutmu sudah kenyang. Beberapa makanan yang kaya vitamin D bisa didapatkan dari salmon atau tuna.