Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Bungkus Makanan Kita Selama Ini Juga Berbahaya, Lho!

Chandra WijayaChandra Wijaya
Bahaya Nasi Bungkus1
rendymni
Selama ini kamu bungkus nasi Padang, atau bawa pulang makanan karena terburu-buru, tapi tahukah kalau terdapat kandungan-kandungan yang dapat berbahaya bagi kesehatan? Kenapa nggak mulai sekarang kita lebih aware tentang hal-hal kecil yang jutsru punya dampak besar. Tidak harus benar-benar dihindari, sih, setidaknya dikurangi. Yuk intip ulasan Qraved tentang bahaya bungkus-bungkus makanan ini.

Koran

2
Photo Source:  hiasan rumah
Banyak warung makanan yang juga menyajikan makanan dengan bungkusan koran. Alasannya tentu saja menekan biaya pengeluaran. Maklum, selain mudah ditemukan, ukurannya pun begitu pas untuk dijadikan bungkus makanan. Tapi tahukah kamu bahwa koran tersebut cukup berbahaya buat kesehatan. Alasannya karena tinta yang ada dalam koran dapat pindah ke makanan, apalagi kalau makanannya masih panas. Tinta tersebut mengandung logam berat yang bisa memicu penyakit kanker dan pikun. Wah, bahaya, nih!

Styrofoam

3
Photo Source:  tokoplastik40
Nah kalau ini, lebih banyak tempat makan yang kini menggunakan styrofoam untuk menaruh makanan. Pasalnya, styrofoam ini memang dapat menahan suhu, sehingga benda di dalamnya tetap lebih hangat dibanding menggunakan kertas. Namun justru itulah yang berbahaya, banyak yang menyalahgunakan dengan menaruh makanan ke dalam makanan untuk dibungkus.  Jadi begini, styrofoam mengandung benzana atau benzene yang dapat menimbulkan banyak penyakit, seperti masalah kelenjar, menggangguu sistem syaraf, bahkan menghilangkan kesadaran hingga kematian!

Kantong Plastik

4
Photo Source:  dumaipos
Kamu sering melihat jajanan gorengan yang ditaruh di dalam kantong plastik? Ini berbahaya, lho! Ada begitu banyak bahan yang digunakan untuk membuat plastik dengan kandungan zat kimia yang berbahaya. Tidak perlu membahas kandungannya satu per satu, kan? Intinya, beberapa bahaya besar yang jelas dapat menimpa dirimu adalah diabetes, kelainan hati dan jantung, bahkan kanker. 

Kertas

5
Photo Source:  rendymni
Baru-baru ini LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) membuktikan kalau kertas mengandung banyak bakteri di dalamnya, yaitu sekitar 1,5 juta bakteri! Dengan begini, bahaya yang akan timbul adalah mandul, asma, liver, dan kanker. Ternyata hal-hal kecil seperti ini menimbulkan dampak negatif yang besar, lho!
Wah, rata-rata bahaya yang akan muncul adalah penyakit kanker! Yuk lebih peduli tentang hal-hal kecil yang selama ini sering tidak kita hiraukan. Biarpun kesannya malah bingung, pakai ini salah, itu salah, setidaknya dikurangi saja hal-hal yang telah kita ketahui buruk. Mari mulai hidup sehat!