Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Buka Puasa Dengan Masakan Spanyol Yang 100% Halal

alcander alonzoalcander alonzo
Buka Puasa Dengan Masakan Spanyol Yang 100% Halal 1
Buka Puasa Dengan Masakan Spanyol Yang 100% Halal
Kalau kamu pengin berbuka puasa dengan suasana beda plus menu Spanyol menggoda, kayaknya kamu harus segera ke El Churro Cafe, yang terletak di Pakuwon Supermal Surabaya. Mulai dari menginjakkan di area depan restoran ini, kamu langsung disambut dengan alunan musik Spanyol yang memberikan atmosfir berbeda untuk santapan berbuka kamu.  Sebagai informasi, El Churro (atau yang dikenal sebagai Spanish Doughnuts) merupakan waralaba dari Australia yang memang spesialis masakan Spanyol, terutama churros (donat Spanyol). Dan spesialnya, menu-menu di sini diracik oleh koki yang memang asli dari dari negeri Matador. 
El Churro Cafe Buka Puasa Dengan Masakan Spanyol Yang 100% Autentik Dan Halal2View All Photos
Photo Source:  El Churro Cafe
El Churro Cafe Buka Puasa Dengan Masakan Spanyol Yang 100% Autentik Dan Halal3View All Photos
Photo Source:  El Churro Cafe
Sebagai pilihan menu berbuka, kamu bisa coba aneka tapas, sajian roti yang dipanggang lalu disandingkan dengan menu lainnya yang bisa dijadikan cocolan atau topping. Qraved langsung mencoba sajian Tapas dengan topping baby octopus-nya. Dari penampakan memang polos banget, baby octopus bermandikan olive oil dengan bumbu berwarna hitam, ketika disantap baby octopus yang lembut pas banget berpadu dengan roti tapas yang garing. 
El Churro Cafe Buka Puasa Dengan Masakan Spanyol Yang 100% Halal 4View All Photos
Photo Source:  El Churro Cafe
El Churro Cafe Buka Puasa Dengan Masakan Spanyol Yang 100% Halal 5View All Photos
Photo Source:  El Churro Cafe
Menu lainnya yang bikin Qraved melirik adalah sajian Quesadillas-nya. Quesadillas di sini punya empat jenis isian, mulai dari tuna, chorizo, chicken, dan juga vegetarian. Kalau kamu lebih kepengin menu yang agak berat, kamu wajib banget cobain pinchos, yaitu hidangan berbentuk sate yang dilengkapi dengan fragrant rice. Pinchos ini terdiri dari tiga tusuk yang berhiaskan sayuran paprika dan protein seperti daging, ayam, ataupun sapi. Serunya, protein yang telah di-marinate dengan bumbu barbeku khas Spanyol semakin lengkap dengan tiga saus khusus berupa salsa dengan sentuhan pedas asam dan juga kesegaran dari saus alpukat yang gurih manis.
Walaupun sudah terbuai dengan kelezatan sajian Spanyol yang telah habis dilahap, Qraved masih penasaran dengan menu lain, yaitu Pedazo de Cordero. Tekstur dagingnya benar-benar lembut dan terasa juicy yang bikin lidah semakin bergoyang. Apalagi ketika disantap dengan mashed potato yang punya tekstur creamy dengan sejumput wanginya rempah Spanyol.
El Churro Cafe Buka Puasa Dengan Masakan Spanyol Yang 100% Halal 6View All Photos
Photo Source:  El Churro Cafe
El Churro Cafe Buka Puasa Dengan Masakan Spanyol Yang 100% Halal 7View All Photos
Photo Source:  El Churro Cafe
Ibaratnya orang Indonesia, Qraved masih saja mencari celah untuk mengisi perut yang ternyata masih belum kemasukan sajian nasi. Makanya Qraved semakin tertarik begitu disajikan menu Paella Valenciana dan juga Risotto Primavera. Kedua sajian ini memang agak berbeda, paella sendiri memang menu utama khas Spanyol yang berupa nasi dengan paste tomat dan disajikan dengan lauk berupa seafood. Nasinya yang menggunakan beras Arborio punya tekstur berbeda ketika disantap, rasa lembut dari proses memasak paella-nya dan juga kaldu seafood yang kuat dari tiger prawn, udang putih, cumi, dan juga clam membuat paella valenciana ini jadi hidangan yang bikin kamu bawaannya nambah terus. Tapi kalau kamu bukan penikmat seafood atau protein lainnya, disini terdapat sajian vegetarian berupa risotto. Risottonya sendiri creamy banget, berkat paduan dari bubuk keju parmesan. 
El Churro Cafe Buka Puasa Dengan Masakan Spanyol Yang 100% Halal 8View All Photos
Photo Source:  El Churro Cafe
Setelah bertualang di makanan Spanyol yang punya rasa eksotis ini, Qraved cobain beberapa minuman, seperti Sangria Roja, Pina Colada, El Churro Martini, dan Horchata. Tenang saja, minuman di sini semuanya alcohol free, jadi lebih cocok buat kamu yang memang kurang pas dengan minuman beralkohol. Senangnya lagi, walaupun tidak menggunakan alkohol, minuman di sini tetap bisa memiliki rasa yang enak dan sama dengan minuman yang disajikan di restoran Spanyol lainnya. Hal ini terbukti dari rasa sangria yang umumnya menggunakan wine, tetapi di El Churro rasa sangria masih terlayani dengan baik bahkan dengan sentuhan fragrant syrup yang menyerupai aroma khas wine.
El Churro Cafe Buka Puasa Dengan Masakan Spanyol Yang 100% Halal 9View All Photos
Photo Source: 
Kalau makan di restoran Spanyol, memang belum lengkap jika Qraved belum cobain sajian churrosnya. Churros sendiri menjadi salah satu menu utama yang dikudap oleh masyarakat Spanyol. Tapi kalau di El Churros kamu dijamin bakal dibuat penasaran dengan sajian churros disini. Karena churrosnya bervariasi banget. Mulai dari churros standard dengan saus celup yang beraneka raga, churros dengan isian manis yang berselimutkan cokelat, churros dengan es krim, bahkan juga churros yang punya saus gurih. Yang bikin penasaran dari semuanya adalah, Churros Bombones. Churros ini punya bagian di tengahnya yang bolong dan bisa diisikan dengan saus manis (ada sekitar 6 saus, seperti selai strawberry, caramel, ataupun nutella) lalu diselimuti saus cokelat kental dan taburan renyah yang bikin churros ini makin cantik. Dessert berbentuk churros lainnya yang Qraved cobain adalah Churros Cono, yaitu churros berbentuk cone yang bisa diisikan dengan es krim gelato. Ssst, ternyata selain sajian churrosnya yang banyak banget, kamu juga bakal terkejut dengan rasa gelato yang ada disini, yaitu ada sekitar 12 rasa unik yang siap bikin lidah kamu tergelitik. Bagaimana dengan rasa churrosnya? Rasa churrosnya benar-benar enak, guys! Churros Bombones punya tekstur yang super renyah di luar tapi isian dari churrosnya memberikan sensasi gooey yang bikin indera perasa kita takjub. Ternyata selain karena adonan churrosnya benar-benar autentik, semua churros di sini dimasak dengan alat yang berteknologi canggih, dan bikin rasanya benar-benar autentik.