Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Bingung Ingin Makan Ramen, Soba, atau Udon? Cek Dulu Perbedaannya!

Ganesha WandaGanesha Wanda
Bingung Ingin Makan Ramen, Soba, atau Udon? Ketahui Dulu Yuk Perbedaannya!1
shutterstock
Nggak cuma sushi, mie ala Jepang juga jadi makanan yang paling digandrungi banyak orang. Nah, pada saat makan mie Jepang, mungkin yang terbesit dipikiran kamu cuma ramen. Padahal, jenis mie Jepang nggak cuma ramen, tapi ada udon atau soba. Nah, cari tahu yuk perbedaannya!

Ramen

2
Photo Source:  seriouseats
3
Photo Source:  genduttapihepi
Jenis mie yang satu ini memang sangat populer di Jepang. Tapi tahu nggak sih kamu kalau ternyata ramen bentuk aslinya berasal dari masakan mie China. Ramen terbuat dari tepung yang memiliki 2 jenis bentuk yaitu lurus dan keriting. Semangkuk ramen biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang khusus, seperti miso, shio, tonkotsu, dan shoyu. Pada umumnya, chasiu, menma (rebung), dan irisan daun bawang ditambahkan di atasnya. Nggak harus jauh-jauh ke Jepang kok untuk bisa merasakan kelezatan ramen! Di Jakarta juga ada, salah satunya di Ikkudo Ichi.

Soba

4
Photo Source:  Global Restaurants Park
5
Photo Source:  Erlindamariana
Kalau mie ala Jepang yang satu ini sekilas bentuknya sangat mirip dengan ramen, hanya saja mie soba terbuat dari gandum. Ada 2 cara penyajian mie soba, yaitu dingin (Mori Zoba) dan panas (Zoru Soba). Mie soba panas dalam penyajiannya akan dihidangkan di dalam mangkuk dengan kuah kaldu, sedangkan penyajian mie soba dingin, mie soba-nya dihidangkan terpisah dengan saus celupnya. Di Jepang, soba biasanya dimakan pada saat malam tahun baru. Selain itu, kalau makan mie soba di Jepang kamu harus menyeruput mie-nya hingga bersuara, karena dengan begitu kamu dianggap sangat menikmati mie sobanya. Buat kamu yang ingin merasakan kelezatan mie soba di Jakarta, langsung aja nih ke Yamatoten Abura Soba.

Udon

6
Photo Source:  lafujimama
7
Photo Source:  the_foodiary
Sama dengan ramen, udon juga terbuat dari tepung. Hanya saja bentuk udon lebih besar dan tebal dibandingkan dengan ramen. Udon biasanya dimakan dengan kuah kaldu ikan bonito dan kecap asin, atau dengan mencelupkan ke dalam kuah rebus. Udon juga biasanya dinikmati dengan lauknya, seperti tempura, telur mentah, gorengan, atau katsu. Yang pasti bentuknya yang besar dan tebal bakalan bisa memuaskan perut besar kamu. Bingung mencari udon dengan rasa yang lezat di Jakarta? Ke Marugame Udon aja!