Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Biji Kopi Lokal yang Kenikmatannya Sudah Mendunia

Ganesha WandaGanesha Wanda
Minuman hitam yang identik sebagai penghilang rasa kantuk ini selalu memberikan kenikmatan tersendiri bagi para penggemarnya. Dan beruntunglah kita tinggal di Indonesia yang termasuk salah satu negara penghasil biji kopi terbaik dan sudah terkenal ke mancanegara. Apa saja sih jenis kopi yang sudah mendunia? Yuk, simak ulasan Qraved yang satu ini!
Biji Kopi Lokal yang Kenikmatannya Sudah Mendunia -
Photo Source: 

Kopi Luwak

Biji kopi yang banyak ditemukan di Pulau Jawa dan Sumatera ini merupakan salah satu jenis kopi termahal. Tak hanya mahal, proses produksi kopi ini juga terbilang unik. Kopi ini berasal dari biji kopi yang terlebih dahulu di makan oleh luwak. Kemudian, biji kopi yang tidak tercena akan keluar bersama kotoran luwak sehingga menghasilkan biji kopi yang dengan rasa terbaik karena melewati proses fermentasi di dalam sistem pencernaan luwak. Aroma dan rasa kopi luwak bisa membuat jatuh cinta para penikmat kopi di seluruh dunia nih!

Kopi Toraja

Seperti namanya, biji kopi yang satu ini berasal dari Tana Toraja. Bentuk biji kopi ini lebih kecil dari biji kopi pada umumnya dan kulit biji-nya pun terlihat mengkilap. Kopi Toraja juga memiliki rasa yang kuat dan tingkat keasaman yang tinggi yang menjadikan kopi Toraja banyak disukai terutama oleh para penikmat kopi dengan keasaman yang tinggi. Tak hanya telah beredar di seluruh tanah air, kopi Toraja juga laris manis dinikmati pencinta kopi di belahan dunia lain, seperti Belanda, Swedia, Denmark, hingga Jepang. Kamu juga bisa mencicipi kopi Toraja di Anomali Coffee lho!

Kopi Aceh Gayo

Kopi Aceh Gayo atau lebih di kenal dengan Kopi Gayo kini telah di kenal sebagai kopi organik terbaik di dunia. Biji kopi yang menjadi komoditi ekspor unggulan. Cita rasa kopi ini agak berbeda karena seperti ada sensasi aroma harum dan  gurih, serta tidak meninggalkan rasa pahit pada lidah. 

Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang yang berasal dari dataran tinggi Sidikalang, Sumatera Utara ini banyak dibilang sejajar pamornya dengan kopi Brazil yang dianggap sebagai kopi terbaik dunia. Buat kamu yang belum terbiasa minum kopi, disarankan untuk tidak meminum kopi ini karena kopi Sidikalang mengandung kafein yang tinggi yaitu 70%-80% dibandingkan dengan kopi robusta yang dapat membuat jantung berdebar kencang dan susah tidur. 

Kopi Kintamani

Kopi Kintamani berasal dari kopi arabika yang ditanam di dataran tinggi Kintamani, Bali. Kopi ini memiliki karakteristik kekentalan yang medium, tingkat keasaman yang sedang, serta aroma tumbuhan dengan rasa yang mirip dengan buah lemon. Biji kopi ini telah diakui keunggulannya yaitu memiliki cita rasa yang khas, tahan hama penyakit, dan berbuah lebat serta produktivitas tinggi. Buat kamu yang ingin mencoba kenikmatan menyeruput kopi Kintamani, kamu bisa ke Giyanti Coffee Roastery!

Kopi Wamena

Kopi lokal yang satu ini namanya juga tak kalah terkenal di kalangan pencinta kopi mancanegara. Kopi yang berasal dari daerah Wamena, Papua, ini bertekstur ringan dan halus, sedikit ampas, aroma harum, dan tidak asam. Tak heran kopi Wamena digemari di seluruh dunia. 

Kopi Flores Bajawa

Tak hanya dikenal dengan keindahan alam-nya, Flores juga tersohor kenikmatan kopi lokal-nya. Kopi Flores Bajawa memiliki sedikit aroma yang unik, yaitu aroma buah-buahan dan sedikit berbau tembakau setelah meminumnya. Ketika mencoba memakan bijinya, akan terasa keunikannya yaitu terdapat sensasi khas vanila.