Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Berburu Tambusu Sampai Itiak Cabe Hijau di Sepanjang Kawasan Senen!

Chandra WijayaChandra Wijaya
Berburu Tambusu Sampai Itiak Cabe Hijau di Sepanjang Kawasan Senen!  1
Berburu Tambusu Sampai Itiak Cabe Hijau di Sepanjang Kawasan Senen!
Tepat di pinggir jalan setelah lampu merah Senen, tepatnya di seberang Plaza Atrium, perhatian orang bakal langsung mengarah ke sebelah kiri. Jejeran penjaja nasi Kapau terlihat sedang menunggu jam pulang kantor tiba. Gerai-gerai ini memang selalu jadi tempat favorit warga sekitar untuk makan siang ataupun malam saat selesai beraktivitas. Kawasan kuliner ini juga menjadi destinasi buruan tim Qraved setelah sekian lama ingin membedakan cita rasa khas Padang dan Kapau yang sebenarnya. Yuk, simak cerita singkat kami!
2
Photo Source:  dok Qraved

Nasi Kapau Sabana Bana

Jejeran plang nama di setiap gerai pun berhasil bikin tim Qraved bingung ingin mencicipi yang mana dulu. Namun setelah pemikiran yang tidak begitu panjang, maka tibalah Qraved di tempat pertama, yaitu Nasi Kapau Sabana Bana Asli Bukittinggi. Di sinilah tempat untuk kamu menyantap menu Tambusu yang populer itu. 
Sabana Bana memiliki artian "sebenar-benarnya" dalam bahasa Indonesia. Itulah kenapa gerai ini amat meyakini cita rasa autentik Nasi Kapau yang disajikan selama ini. Masing-masing gerai pun sebenarnya memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari kelengkapan menu, bumbu masakan yang digunakan, hingga penyajian. Dan saat mampir di gerai ini, kamu bisa temukan menu Tambusu atau usus sapi yang diisi dengan tahu dan telur di dalamnya. Lalu supaya santapan makin nikmat, dibarengi juga sama rendang ayam, sapi, atau ati. Masing-masing daging memiliki bumbu yang berbeda pula. 
3
Photo Source:  dok Qraved
4
Photo Source:  dok Qraved
5
Photo Source:  dok Qraved
Dari beragam menu yang disajikan, yaitu sekitar 20 menu lebih, tim Qraved juga tertarik mencicipi Lemang Tapai yang dijual persis di depan gerainya lagi. Ketan yang dimasak di dalam bambu memang punya aroma yang manjakan hidung, ditambah sensasi asin dan asam saat dinikmati bersama tape pula. Nyam!

Nasi Kapau Uni Upik

Saat perut masih memiliki space yang banyak untuk menampung makanan, tim Qraved bergeser beberapa langkah ke gerai Nasi Kapau Uni Upik yang ada di sampingnya. Ini dia gerai nasi kapau yang paling anyar di antara sepanjang gerai lainnya. Seorang nenek paruh baya yang lagi duduk santai pun kami hampiri. Sebagai pemilik gerai nasi kapau dari tahun 1985, nenek ini bercerita cukup lengkap tentang keautentikan masakannya. Ternyata tak sembarang orang bisa memasak nasi Kapau, cita rasa dan penyajiannya hanya bisa ditemukan dari tangan asli masyarakat Bukittinggi!
6
Photo Source:  dok Qraved
7
Photo Source:  dok Qraved
Sedangkan dari segi makanan, banyak banget orang yang datang untuk mencari menu Itiak Lado Mudo, Gulai Jariang, dan Gulai Kepala Ikan Mas. Buat kamu yang merasa asing, Itiak Lado Mudo adalah bebek cabai hijau dan gulai jariang adalah gulai jengkol. Kamu akan terlena sama kuah gulai yang mereka punya, plus bumbu cabe hijau yang sangat asin dan gurih bersama daging bebeknya. 

Nasi Kapau IYO

Berbeda lagi dengan Nasi Kapau IYO. Gerai yang sudah turun temurun berganti kepemilikan ini mengaku berasal dari suku Sikumbang. Gaya masakannya pun berbeda lagi. Iyo yang berarti "iya" dalam bahasa Minang menggambarkan konsep yang sederhana dan terjangkau. Makanannya ditaruh di atas meja bertingkat dengan berbagai menu yang super menggoda. 
8
Photo Source:  dok Qraved
9
Photo Source:  dok Qraved
Dari antara semua makanan tersebut, lauk Dendeng Cabe Ijo wajib ada di atas nasimu. Tekstur yang bersahabat ketika digigit masih dimanjain lagi sama bumbu cabe ijo yang super asin. Setelah itu, ada satu menu yang paling menarik perhatian tim Qraved, yakni sop daging yang dirasa hanya ditemukan di gerai ini saja. Bedanya dengan sop pada umumnya adalah isian sop daging ini banyak sekali berisi potongan daging ketimbang sayurnya, sehingga pas banget kalau ada di atas piringmu. 
Ternyata, masih banyak lagi makanan khas suku Tanah Air yang masih asing di telinga kita dan ternyata enak banget. Buat pecinta makanan pinggiran, kawasan Senen ini wajib ada dalam list kamu!