Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Benarkah Makan Malam Bikin Gemuk?

PitacilyPitacily
Benarkah Makan Malam Dapat Membuat Badan Menjadi Gemuk?1
https://sites.psu.edu/siowfa16/2016/10/16/does-eating-late-at-night-makes-you-gain-weight/comment-page-1/
Banyak yang beranggapan, makan di jam yang terlalu larut adalah biang keladi kegemukan. Padahal, godaan makan memang paling sering datang di malam hari ketika kita tidak bisa tidur, sedang bosan, atau malah tidak sadar tidak berhenti makan karena menonton TV atau DVD maraton sampai larut malam. Lantas, apa kaitan dengan makan di malam hari dengan kenaikan berat badan? Yuk, baca ulasannya di bawah ini.
Benarkah Makan Malam Dapat Membuat Badan Menjadi Gemuk?2
Photo Source:  http://www.eatthis.com/things-to-do-before-bed-to-lose-weight
Salah satu alasan mengapa makan malam dapat menyebabkan badan menjadi gemuk adalah karena kalori yang masuk telah banyak dibakar saat siang hari dengan melakukan berbagai aktivitas. Sementara saat malam hari, proses metabolisme tubuh makin melambat. Artinya, kemampuan tubuh manusia untuk mengolah makanan pun menjadi berkurang. Menurut penelitian dari Patricia Lopez-Legarrea dari Autonomous University of Chile melalui analisa data yang mencapai 5.500 warga Chile, ditemukan bahwa seseorang yang makan malamnya terlambat mengalami kenaikan berat badan setengah pon. Jika hal ini terjadi terus-menerus, berat badan secara otomatis akan naik secara drastis.
Hal ini dapat juga dilihat dari penelitian yang dilakukan oleh Kelly Allison dari University of Pennsylvania School of Medicine's Center for Weight and Eating Disorders yang mengatakan bahwa makan pada malam hari membuat tubuh menyimpan kalori pada makanan tersebut dalam bentuk lemak bukan malah membakarnya, sehingga menyebabkan kenaikan berat badan.
Tapi ternyata, selain dapat membuat badan menjadi lebih gemuk, makan di waktu yang terlalu malam juga bisa memicu timbulnya sejumlah gangguan pencernaan. Salah satunya adalah gangguan asam lambung. Dan jenis yang sebaiknya dihindari adalah makanan terlalu pedas dan berlemak serta makanan yang mengandung asam yang tinggi. Usahakan juga untuk memberikan jeda antara makan malam dengan waktu tidur sekiranya 3 jam seperti yang sudah pernah dibahas pada jurnal, Yuk, Ketahui Kapan Waktu Makan Paling Ideal.
Jadi, bisa disimpulkan bahwa makan malam yang akan disambung dengan tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Tapi, apabila setelah makan malam kita masih beraktivitas, hal ini belum tentu berpengaruh bagi berat badan kita.