Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Begini Caranya Biar Otak Tetap Encer Pas Puasa

Qraved ContributorQraved Contributor
Begini Caranya Biar Otak Tetap Encer Pas Puasa1
@papaya_sunshine
Haus dan lapar adalah hal yang umum dialami oleh mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa. Apa lagi di siang hari saat jam makan siang, kita pun harus menahan lapar dan tetap bekerja. Akibatnya, tubuh pun menjadi lemas dan kurang bersemangat, sehingga menyebabkan kita tidak fokus bekerja. Yuk, ketahui tips biar otak tetap encer saat puasa. 

Menu Sahur yang Tepat

2
Photo Source:  @clean_eating_alice
Sahur bertujuan untuk “menabung” energi agar kita bisa tetap menjalankan aktivitas sehari-hari di bulan puasa. Dan pastikan, kamu mengonsumsi makanan yang cukup saat sahur dan jangan asal memilih menu makanan. Meskipun kamu makan banyak tetapi jika menumu kurang tepat kamu pun akan mudah merasa lapar di pagi hari. Sebaiknya pilih makanan ber-indeks glikemik rendah agar perutmu bisa kenyang lebih lama.

Tidak Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan dan Minuman Manis

3
Photo Source:  @xmaargoo
Pada saat berbuka memang kita disarankan untuk minum atau makan makanan yang manis. Tapi, sebaiknya jangan berlebihan. Ketika memasuki waktu makan malam untuk menu utama, sebaiknya kamu tidak banyak makan yang manis-manis. Apa lagi di saat sahur. Makan dan minum yang manis-manis justru akan membuatmu mudah haus di siang hari.

Perbanyak Air Mineral

4
Photo Source:  @nyimaslaula
Kurang asupan air mineral bisa membuat konsentrasimu berkurang. Di bulan puasa memang kamu tidak bisa minum air sewaktu-waktu saat bekerja. Untuk itu, kamu harus memastikan kalau kamu minum cukup air di waktu berbuka, sahur, dan juga di malam hari, ya!

Masukkan Buah dalam Menu Sahur dan Berbuka

5
Photo Source:  @papaya_sunshine
Buah bisa membuat tubuh kamu tetap fit dan segar. Hal tersebut disebabkan karena buah-buahan mengandung vitamin dan juga air yang akan membuatmu tetap kenyang. Jadi, sebisa mungkin kamu makan buah di menu sahur dan berbuka. Dan buat cari menu kaya buah, kamu bisa coba ke Nalu Bowls.

Hindari Suara Berisik

6
Photo Source:  @yuko345
Suara berisik teman-teman yang ada di ruangan sama bisa memecah konsentrasimu dan otak kamu pun harus bekerja ekstra untuk tetap bisa fokus pada apa yang kamu kerjakan. Cara menghindarinya adalah dengan memasang earphone dan mendengarkan lagu favorit kamu sambil bekerja.

Mengistirahatkan Pikiran Secara Berkala

7
Photo Source:  @panos_georgakakis
Ketika kamu sudah jenuh dengan pekerjaanmu, misalnya setelah 2 jam bekerja, kini saatnya kamu mengistirahatkan pikiran. Kurangnya oksigen yang mengalir ke otak bisa membuatmu lemas dan kehilangan fokus. Berjalanlah atau duduk sejenak di bawah pohon rindang untuk menyegarkan tubuh dan pikiran.