Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Begini Cara Makan Martabak yang Sehat

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Begini Cara Makan Martabak yang Sehat1
eatandtreats
Martabak manis. Siapa pula yang ga suka sama martabak manis? Yap, makanan asli Indonesia ini emang selalu menggugah selera, meski banyak juga cemilan import yang sedang ngehits. Apalagi, belakangan ini, martabak manis punya banyak inovasi. Ada yang pakai topping nutella, ada yang pakai mozzarella, ada yang pakai keju, dan.. masih banyak lagi. Makin inovatifnya martabak manis, pasti bikin kita semakin susah membendung hasrat untuk makan martabak. Padahal di sisi lain, kita tahu, martabak manis itu bisa bikin gemuk. Makanya, kali ini Qraved mau kasih kamu semua tips makan martabak manis yang sehat. Biar ga cepat gemuk, dan juga sehat juga.

1. Cerdas Memilih Bahan

2
Photo Source:  www.webexhibits.org
Martabak manis yang dibuat dengan minyak wisman emang enak banget. Tapi, yang perlu diketahui, minyak wisman itu terbuat dari susu (lemak hewani) yang merupakan sumber dari lemak tak jenuh dan juga kolesterol. Makanya, lebih baik kamu minta martabakmu dibuat pakai margarin aja. Soalnya, meski merupakan sumber lemak juga, tapi margarin terbuat dari minyak nabati. Yang artinya rendah kolesterol.

2. Hindari Penggunaan Gula Tabur

3
Photo Source:  /www.thehungrydoctor.net/
Gula tabur adalah salah satu bahan yang bikin martabak manis menjadi gurih dan renyah. Tapi, yang perlu diingat, gula pasir adalah salah satu sumber kalori. Jadi, kalo bisa, hindari penggunaan gula tabur pada martabak manismu. Toh, martabakmu akan tetap manis meski tanpa gula, karena pakai isian coklat, nutella, ataupun bahan-bahan lainnya yang memang punya rasa manis yang dominan. 

3. Jangan Makan Terlalu Banyak

4
Photo Source:  jktdelicacy.blogspot.com
Ini emang agak susah. Apalagi kalo yang dihadapanmu adalah martabak manis kesukaanmu. Tapi, agar tetap sehat dan ga cepat gemuk --mengingat kebiasaan kita yang beli martabak malam ataupun sore-- lebih baik kamu makan satu atau dua potong saja. Yang penting udah ga BM lagi.

4. Bantu dengan Minum Susu

5
Photo Source:  bisnisinternetwoi.com
Oke, semisal kamu masih pengen meski udah makan dua potong. Kalo misalnya hal itu yang terjadi, kamu harus cepat-cepat mencari susu nonfat. Karena susu nonfat dapat memberikan efek kenyang pada tubuh kita.

5. Gosok Gigi

6
Photo Source:  ciricara.com
Gosok gigi adalah salah satu cara andalan untuk mengerem nafsu makan. Termasuk makan martabak manis juga. Soalnya, gosok gigi akan memunculkan efek males makan secara psikologis.