Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Bedah Fakta Tentang Nikmatnya Liwetan

Ganesha WandaGanesha Wanda
Bedah Fakta Tentang Nikmatnya Liwetan1
whatsnewjakarta
Buat yang selalu suka ramai-ramai, menyantap menu liwetan bisa jadi pilihan spesial. Disajikan di atas hamparan daun pisang dengan ragam lauknya, menu ini memang lagi banyak diminati masyarakat Indonesia, terutama buat momen kumpul-kumpul. 

Asal Mula Liwetan

2
Photo Source:  ovietotok
3
Photo Source:  expertkitchen
Beberapa sumber mengungkap liwetan merupakan gaya makan yang berasal dari Jawa Tengah. Liwetan biasanya identik dengan gaya makan lesehan dengan nasi yang disusun berjajar diatas daun bersama lauk pauknya. Liwetan sendiri biasanya diadakan dengan tujuan untuk menambah nilai kekeluargaan dan kebersamaan pada saat makan. Masing-masing daerah juga memiliki nama sendiri untuk liwetan, seperti di Sumatera bernama bajamba, sedangkan di Bali bernama Megibung.

Menu Liwetan

4
Photo Source:  @mangkokku
5
Photo Source:  istanakoki
Nggak cuma kota-kota kecil saja yang mulai tertarik untuk liwetan. Kini, gaya makan yang satu ini mulai nge-tren di dunia kuliner nih! Biar nggak salah, ini dia beberapa menu yang nggak boleh absen kehadiranya ketika kamu lagi liwetan!

Nasi Liwet

6
Photo Source:  resepkoki
Namanya juga ngeliwet, kehadiran nasi pastinya menjadi menu yang wajib hadir nih. Untuk nasinya sendiri juga bisa kamu tentukan sendiri sesuai dengan selera kamu, ada nasi putih, nasi uduk, nasi merah, atau bahkan nasi kuning. Kamu juga bisa menambahkan ikan teri di dalam nasi putihnya untuk menambah rasa gurih pada nasinya. 

Lauk Pauk

7
Photo Source:  @mangkokku
Biasanya liwetan terdiri atas beberapa jenis lauk yang bervariasi, seperti ayam goreng, ikan, bebek, ataupun ikan. Nggak cuma itu ada juga menu gorengannya yang sering dijadikan pelengkap lauk besarnya, seperti tahu, tempe, hingga jeroan. 

Sambal

8
Photo Source:  thespruce
Menu yang satu ini merupakan menu wajib yang kehadirannya nggak pernah absen di liwetan nih! Apalagi lidah orang Indonesia yang mayoritas merupakan pencinta makanan pedas. Beberapa jenis sambal yang biasanya sering dijadikan menu liwetan, yaitu ada sambal terasi, sambal bajak, sambal matah, atau sambal bawang sesuai dengan selera kamu.

Lalapan

9
Photo Source:  food and beverage
Nge-liwet nggak lengkap kalau nggak ada kehadiran sayur-sayuran segar yang dijadikan lalapan ini. Sayur-sayuran yang biasa digunakan sebagai menu lalapan ngeliwetnya antara lain selada, kacang panjang, timun, tomat, daun pepaya, daun singkong, dan kemangi. 

Pete dan Jengkol

10
Photo Source:  Seputar Informasi Berita Terkini
Meski berbau kurang sedap, tapi bagi penikmatnya pete dan jengkol bisa menjadi primadona dari menu liwetannya. Dua jenis sayur lalapan ini memang bisa menambah nafsu makan pencintanya. 

Kerupuk

11
Photo Source:  pempek kita
Nah, nggak ketinggalan nih kerupuknya yang bisa dijadikan pelengkap nasi liwetnya. Rasanya yang gurih dan renyah memang bisa menambah kenikmatan liwetan kamu.
Hmm, kepikiran buat bikin liwetan bersama teman-teman? Kini, kamu nggak perlu ribet lagi kok buat bisa liwetan karena sudah ada beberapa restoran yang menyediakan menu liwetan mantap! Langsung aja nih ke beberapa restoran di bawah ini!