Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Atasi Kolesterol Pasca Idul Adha dengan 12 Makanan Ini

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Atasi Kolesterol Pasca Idul Adha dengan 12 Makanan Ini1
vemale.com
Idul Adha memang sudah berlalu. Hingar bingar orang-orang saat pesta daging pun lambat laun berakhir. Namun, seiring berakhirnya hingar bingar itu, muncul suatu masalah: kolesterol. Ya, kolesterol adalah momok bagi siapa saja. Apalagi setelah pesta makan daging seperti Idul Adha ini. Tapi, kamu ga perlu khawatir, soalnya Qraved punya 12 makanan yang bisa kamu andalin sebagai penurun kolesterol pasca Idul Adha.

1. Beras Merah

Atasi Kolesterol Pasca Idul Adha dengan 12 Makanan Ini2
Photo Source:  vemale.com
Beras merah adalah salah satu makanan yang bisa kamu andalin buat nurunin kolesterol. Soalnya, makanan yang satu ini punya kandungan vitamin B, selenium dan magnesium yang tinggi. Terus, selain itu, beras merah juga kaya serat yang bisa menurunkan gula darah.

2. Gandum

Atasi Kolesterol Pasca Idul Adha dengan 12 Makanan Ini3
Photo Source:  wave-systems.com
Gandum juga punya kandungan zat yang bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Jadi, pas kolesterolmu naik sehabis Idul Adha, ada baiknya kamu lekas cari roti gandum, soalnya, makanan ini terbukti manjur dalam mengatur kadar gula dalam darah.

3. Bayam

Atasi Kolesterol Pasca Idul Adha dengan 12 Makanan Ini4
Photo Source:  resepumi.com
Bayam ini punya kandungan lutein yang tinggi, zat yang bagus untuk mata. Ga cuma itu, sayuran hijau ini juga punya kandungan yang mampu membantu kinerja jantung biar ga kena lemak dari pembuluh darah. Jadi, makanan ini emang pas banget buat nurunin kolesterol pasca Idul Adha.

4. Ikan Salmon

Atasi Kolesterol Pasca Idul Adha dengan 12 Makanan Ini5
Photo Source:  www.wom.my
Nah kalo ikan yang satu ini sih, ga usah dipertanyakan lagi khasiatnya. Soalnya ikan salmon ini punya kandungan gizi yang bisa membantu menurunkan trigliserida. Selain itu, ikan salmon juga punya kandungan EDA dan DHA yang emang bagus banget buat jantung.

5. Buncis

Atasi Kolesterol Pasca Idul Adha dengan 12 Makanan Ini6
Photo Source:  www.kuliner123.com
Buncis ini punya banyak manfaat. Ga cuma buat kamu yang kolesterolnya lagi tinggi, tapi juga bisa membantu menurunkan insulin dalam tubuh ataupun buat kamu yang sedang kena diabetes. Soalnya, buncis ini punya kandungan lemak tak jenuh ganda yang emang bagus banget buat tubuh.

6. Seledri

Atasi Kolesterol Pasca Idul Adha dengan 12 Makanan Ini7
Photo Source:  spirit.web.id
Seledri ini "kecil-kecil" cabe rawit. Soalnya, selain bisa diolah jadi apaan aja, tumbuhan hijau yang satu ini punya kandungan anti oksidan yang tinggi. Sehingga bisa jadi "obat penawar" kolesterol yang meninggi pasca Idul Adha.

7. Kedelai

Atasi Kolesterol Pasca Idul Adha dengan 12 Makanan Ini8
Photo Source:  spirit.web.id
Semua olahan kedelai, mau itu tempe, tahu, ataupun susu kedelai adalah penurun kolesterol yang paling mudah ditemui. Soalnya, kedelai itu punya kandungan isoflavin yang mampu menekan tingginya kolesterol jahat.

8. Bawang Putih

Atasi Kolesterol Pasca Idul Adha dengan 12 Makanan Ini9
Photo Source:  www.bawangputih.org
Meski punya kandungan zat yang bisa menurunkan kolesterol, tapi agak aneh juga sih kalo makan bawang putih "polosan" (tanpa makanan pendamping lainnya). Nah, makanya, kalo mau nurunin kolesterol, mungkin kamu bisa kombinasiin bawang putih ini sama salad.

9. Kacang-kacangan

Atasi Kolesterol Pasca Idul Adha dengan 12 Makanan Ini10
Photo Source:  resep-asyik.blogspot.com
Semua ordo kacang-kacangan itu punya asam lemak tak jenuh ganda yang bisa menekan tingginya kolesterol dalam darah. Makanya kalo kolesterolmu lagi tinggi ataupun mendadak tinggi, ada baiknya langsung nyari olahan kacang-kacangan aja. Soalnya emang manjur banget sebagai penurun kolesterol.

10. Biji Bunga Matahari

Atasi Kolesterol Pasca Idul Adha dengan 12 Makanan Ini11
Photo Source:  resep-asyik.blogspot.com
Biji bunga matahari juga ampuh buat menurunkan kolesterol kok. Terus, makanan ini juga enak banget kalo dijadikan cemilan, bikin siapa aja ga bisa berhenti ngunyah. So, kamu program nurunin kolesterolmu akan dijamin asyik. Soalnya, sambil nurunin kolesterol, mulutmu ga berhenti ngunyah.

11. Ikan

Atasi Kolesterol Pasca Idul Adha dengan 12 Makanan Ini12
Photo Source:  najwanajjib.blogspot.com
Ikan itu punya kandungan omega-3 yang tinggi. Omega-3 itulah yang kemudian sangat berguna buat tubuh, soalnya bisa membantu menurunkan risiko terjadinya pembukuan darah.

12. Hazelnut

Atasi Kolesterol Pasca Idul Adha dengan 12 Makanan Ini13
Photo Source:  najwanajjib.blogspot.com
Hazelnut yang sering kita temui dalam coklat ini juga bagus untuk membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Karena, hazelnut punya kandungan monosaturated, yang bisa mengurangi risiko tersumbatnya arteri jantung koroner.