Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Anti Dengar Suara Saat Makan? Bisa Jadi Kamu Terjangkit Misophonia!

PitacilyPitacily
Anti Dengar Suara Saat Makan? Bisa Jadi Kamu Terjangkit Misophonia!1
Anti Dengar Suara Saat Makan? Bisa Jadi Kamu Terjangkit Misophonia!
Suara-suara seperti menyeruput kuah, mengunyah, atau yang lebih dikenal dengan sebutan mengecap ini pasti sudah biasa terdengar saat sesi makan bersama. Anehnya, ada orang yag benar-benar terganggu mendengar suara-suara yang sebenarnya terbilang lumrah itu. Kalau kamu termasuk salah satunya, bisa jadi kamu mengalami mishoponia. 
Misophonia2
Photo Source:  home.163.com
Mengutip dari CNN Indonesia, orang dengan misophonia membenci suara tertentu seperti bunyi makan seseorang, suara mencepak, suara mengeklik pena, mengetuk, dan mengetik. Sama halnya dengan yang dijabarkan oleh hellosehat.com bahwa misophonia adalah kondisi di mana seseorang bereaksi terhadap suatu suara spesifik dan menimbulkan respon otomatis. Suara-suara tersebut biasanya berasal dari kebiasaan orang lain seperti suara mengunyah, mendecakkan lidah, bersiul, dan lain-lain.
Misophonia3
Photo Source:  www.slate.com
Insidestevefanus pun pernah membuat tulisan tentang 9 kebiasaan buruk saat makan. Ternyata, ngecap menduduki peringkat pertama. Ngecap juga menjadi kebiasaan buruk yang banyak dibenci oleh orang karena mereka merasa risih dan nggak sopan. Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa kamu praktikkan jika kamu salah satu orang yang sering makan sambil bersuara atau ngecap. Kamu bisa membetulkan posisi mulut saat mengunyah seperti menggunakan gigi geraham (gigi bagian belakang), tutup mulut saat sedang mengunyah dan bukalah mulut saat sudah menelan semua makanan di dalam mulut, dan makan lah secara perlahan, nggak perlu terburu-buru. Beberapa cara tersebut dipercaya dapat mengurangi timbulnya suara yang dihasilkan saat kamu sedang makan.
Misophonia bukan lagi suatu hal yang dianggap sepele. Sudah banyak orang yang merasa sangat terganggu bahkan sampai merasa hampir gila karena risih mendengar suara-suara tersebut salah satunya, mengecap. Miren Edelstein, seorang mahasiswa kedokteran dari laboraturium di University of California San Diego, Amerika Serikat, pernah meneliti dan mewawancarai orang-orang dengan gangguan misophonia. Ketika diperdengarkan suara orang mengunyah, mengendus, dan mengecap, seketika, reaksi negatif dari penderita misophonia langsung terlihat. Tetapi anehnya, orang-orang dengan misophonia nggak merasa terganggu dengan suara yang ditimbulkan oleh dirinya sendiri. 
Sampai saat ini, belum ada sebuah pengobatan atau penyembuhan khusus bagi orang-orang yang terjangkit misophonia. Biasanya, jika mereka depresi dengan suara-suara tersebut, mereka akan mengobatinya dengan cara menghindar atau melakukan meditasi. Tapi, jika kamu belum terjangkit misophonia akut, kamu nggak perlu khawatir karena memang sebagian oang menganggap mengecap saat makan itu memang hal yang mengganggu, kok. Jika, kamu salah satu orang yang mengecap saat makan, sebaiknya tolong dihindari. Kasihan, kan, dengan orang-orang yang nggak suka dengan suara-suara itu. Ingat saja bahwa mengecap itu adalah suatu hal yang nggak sopan.