Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Antara Insomnia, Pola Makan, dan Tidur Nyenyak

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Antara Insomnia, Pola Makan, dan Tidur Nyenyak1
Blog Fitria Punya
Kata Efek Rumah Kaca, insomnia itu penuh dengan misteri. Padahal, jika ditengok lebih dalam, insomnia itu tak misterius-misterius amat. Soalnya, salah satu penyebab insomia itu adalah pola makan yang ga sehat. Makanya, buat kamu yang sering terserang insomnia, ada baiknya kamu melakukan refleksi: seberapa sehatkan pola makanmu itu?  

1. Hindari Minuman Berkafein ataupun Beralkhohol

islamaktual2
Photo Source:  islamaktual
Kafein dan alkhohol sama-sama punya efek yang membuat jantung berdegup lebih kencang dan juga rangsangan sakit pada kepala. Karenanya, alangkah baiknya, jangan konsumsi kopi ataupun minuman beralkhohol agar tidurmu bisa lebih nyenyak.

2. Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak

Antara Insomnia, Pola Makan, dan Tidur Nyenyak3
Photo Source:  my eat and travel story
Menurut studi universitas Sao Paulo, makanan berlemak juga bisa menyebabkan susah tidur. Makanya, alangkah baiknya, jangan terlalu banyak memakan makanan berlemak, seperti gorengan atau junkfood biar tubuhmu bisa istirahat dengan maksimal.

3. Perbanyak Makan Makanan yang Punya Asam Amino Tripofat

Jual Madu Anak4
Photo Source:  Jual Madu Anak
Asam amino tripofat juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya insomnia. Zat ini bisa kamu dapatkan pada makanan pisang, oat, ataupun susu. Jadi, daripada mikirn hutang, lebih baik makan pisang aja sebelum tidur.

4. Jangan Makan Besar

Laksani5
Photo Source:  Laksani
Makan besar sebelum pada malam hari juga akan menyebabkan ganguan tidur. Karenanya ada baiknya, kalo kamu emang lapar banget, makanlah 4 jam sebelum jam tidur tiba. Hal tersebut akan mempercepat datangnya rasa kantuk.

5. Jangan Terlalu Banyak Minum Air

NalaCita6
Photo Source:  NalaCita
Minum air itu baik. Apalagi air putih. Namun, hal itu jangan dilakukan sebelum tidur. Karena, meminum air terlalu banyak sebelum tidur akan menyebabkan perut menjadi begah dan kembung. Dua hal yang bisa mengganggu tidurmu.