Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

9 Makanan yang Lebih Enak Kalo di Balado

Iqra RabikaIqra Rabika
9 Makanan yang Lebih Enak Kalo di Balado1
cecoica
Masakan orang Indonesia tuh susah banget buat dipisahkan sama yang namanya sambal. Makanya, banyak banget makanan yang dimasak bareng sambal, namanya di balado. Balado ini merupakan teknik memasak khas Minang dengan cara memasak lagi cabe yang telah digiling dengan makanan yang mau dimasak. Nah, teknik ini tuh juga katanya bisa bikin makanan jadi lebih awet lho. Nah, penasaran kan makanan apa aja yang lebih nikmat kalo dimasak dengan cara balado? Baca terus ya biar tau. 

Terong

terong2
Photo Source:  jktfoodbang
Masakan pertama yang bakalan terasa lebih nikmat kalo di balado adalah terong. Coba deh jarang banget kan ada yang makan terong tanpa dibumbui? Soalnya terong emang bakalan lebih enak kalo dimasak dengan cara di balado. Tekstur terong yang sedikit lembek berpadu sama pedesnya balado bakalan bikin kamu minta tambah deh pas makan. Nah, kalo pengen beli terong balado, kamu bisa cobain ke Warung Rawit karena mereka punya terong balado yang mantap!

Ayam

ayam3
Photo Source:  ncc-indonesia
Nah, makanan yang satu ini emang jadi makanan yang enak mau dimasak dengan cara apapun. Mau digoreng, dibakar maupun di balado ayam selalu bisa dinikmati kapanpun kamu mau. Nah, bedanya ayam balado dengan ayam goreng atau bakar, penambahan cabai bakalan bikin kamu makannya lebih semangat karena rasa pedasnya.

Dendeng

dendeng4
Photo Source:  veroathome
Secara balado itu adalah teknik memasak dari Minangkabau, tentunya masakan khas Minang ini enak banget kalo dimasak balado. Dendeng yang dimasak sampai kering ini cocok banget ditambahkan cabai giling karena bisa bikin rasa dendengnya makin mantap. Mau nyobain dendeng balado? Coba deh kamu makan di Pagi Sore yang punya dendeng balado dengan rasa yang nikmat.

Teri

teri5
Photo Source:  tarylestarip
Teri juga jadi makanan yang kelezatannya bertambah setelah di balado nih. Teri yang sudah agak kering biasanya punya rasa asin, ditambah dengan pedasnya cabai tumis, wuih tambah mantap lagi kalo makan pakai nasi hangat. Dijamin selera makan kamu pasti bangkit deh!

Tongkol

tongkol6
Photo Source:  makedelicious
Gak hanya ikan teri yang enak buat dimasak balado. Ikan Tongkol juga nikmat banget kalo dimasak dengan cabai tumis. Bayangin aja daging ikan tongkol yang gak amis dengan lumeran sambal tumis, dijamin kamu pasti ketagihan dan gak bisa berenti makan.

Udang

udang7
Photo Source:  kulinerpuanmura
Masakan laut yang satu ini mau dimasak dengan cara apapun emang pasti enak. Tapi bakalan lebih enak lagi kalo dimasak dengan cara di balado. Cabai yang ditumis dengan udangnya bakalan lebih enak lagi kalo ditambah dengan potongan pete yang membuat baunya menyeruak keluar dan bikin kamu pengen cepet-cepet ambil piring.

Telur

telur8
Photo Source:  cecoica
Telur rebus juga jadi makanan yang kenikmatannya bertambah saat dimasak dengan cara di balado. Liat aja tuh di rumah makan, warteg pasti telur rebusnya pada di balado. Ya itu karena emang bikin rasa telurnya jadi pedas dan lebih enak buat dimakan dengan nasi hangat.

Kerang

kerang9
Photo Source:  Yantimaragas
Doyan banget sama makanan yang di balado? Kamu harus cobain nih kerang balado. Kerang yang biasanya merupakan kerang hijau ini diambil isinya lalu ditumis dengan cabai yang bikin rasa pedasnya meresap banget kedalam kerangnya. Enak deh buat makan siang kamu.

Jengkol

jengkol10
Photo Source:  jengkolhot
Nah yang terakhir ini emang nikmat banget kalo di balado, jengkol. Makanan yang kata orang bikin bau mulut ini kelezatannya bertambah saat di balado. Bayangin aja, jengkol yang empuk ini dibalado sehingga rasanya jadi gurih pedas. Hmm bikin ngiler banget!