Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

9 Kebiasaan Orang Indonesia Saat Makan Ini Pasti Ada di Kamu, Bener Nggak?

Chandra WijayaChandra Wijaya
Kulit Ayam1
malesbanget.com
Kalau ada pertanyaan, cara makan Negara mana yang unik? Jawabannya udah pasti orang Indonesia! Mulai dari cara makan, kebiasaannya, bahkan makanannya pun sering dianggap unik oleh para bule. Nih coba aja lihat, hampir semua kebiasaan ini pasti sering kamu lakuin. Intinya sih, yang penting santapan kita makin nikmat! 

Makan Pake Tangan

2
Photo Source:  rockypanjaitan
Ya udah pasti makan pake tangan, masa pake kaki? Tapi yang dimaksud di sini adalah makan menggunakan tangan, benar-benar tangan. Ngegumpel nasi bersama lauknya dulu, baru setelah itu dilahap dengan mulut yang lebih menganga dibanding kita makan pake sendok. Nah tapi biarpun begitu, entah kenapa kebiasaan ini yang justru menimbulkan kenikmatan tersendiri saat makan. 

Mie Pake Nasi?

3
Photo Source:  kesehatanpedia
Apapun makanannya, selalu kerasa kurang kalau nggak makan pake nasi. Bahkan saat makan mie pun, tetap ada setengah porsi nasi di sampingnya. Padahal mie dan nasi itu sama-sama makanan pokok, harusnya dibarengi sama lauk tambahan. Nah kamu tahu nggak, menggabungkan kedua makanan ini sekaligus justru berbahaya lho, bisa mengakibatkan kenyang nggak karuan. Atau bisa dibilang, resiko kegemukan plus diabetes.

Belum Lima Menit!

4
Photo Source:  tribunnews
Nah kalau cinta banget sama suatu makanan tapi tiba-tiba nggak sengaja jatuh, pasti tetep aja dimakan. Nggak lupa, dengan embel-embel "Bodo, belom lima menit!". Padahal pertanyaannya, emang kuman-kuman itu bakal nempel di makan kalau udah 5 menit? Perlu kamu tahu, nyatanya bakteri-bakteri jahat itu justru bakal langsung menempel. Intinya orang Indonesia itu nggak mau rugi aja, sih.

Memuja Sambal

5
Photo Source:  Qraved
Selain nasi, orang Indonesia juga nggak bisa lepas dari sambal. Saking cinta dan begitu kokohnya lidah kita, banyak juga tempat makan yang menyajikan tingkat kepedesan hingga level 100. Dan uniknya, banyak juga yang berani makan! 

Hidup Kerupuk!

6
Photo Source:  the-infinite-mirror.blogspot.com
Apapun makanannya, kerupuk nggak boleh lepas dari tangan! Kalau perlu, nenteng kaleng kerupuk aja tiap hari biar bisa makan. Yang jadi kenikmatan tersendiri saat makan si keriting bundar ini adalah sensasi kriuk-kriuk dan rasa gurihnya, mau dimakan bersama makanan lain ataupun digadoin aja, rasanya tetap juara!

Makanan Sisa Satu

7
Photo Source:  kaskus
Kebiasaan satu ini sempat jadi misteri. Padahal orang Indonesia nggak mau rugi, tapi tiap makan bareng temen-temen, selalu tertinggal satu biji di piring. Banyak yang bilang katanya antara emang udah nggak enak rasanya, takut dianggap rakus, atau takut harus jadi yang membayar. Lagi dan lagi, emang orang Indonesia nggak mau rugi.

Makan Sambil Angkat Kaki

8
Photo Source:  nyunyu
Ada yang bilang, makan sambil begini tuh berasa "freedom". Bahkan makan pun butuh kebebasan ya, nggak suka terkekang. Apalagi saat kamu makan di warteg ataupun restoran saung, pasti udah nggak asing sama pemandangan begini. 

Foto Dulu, Baru Makan

9
Photo Source:  @addiems
Kelihatan kan, bedanya negara lain sama kita? Emang Indonesia jagonya dalam hal-hal unik. Saat ngumpul rame-rame atau bahkan saat sendiripun, banyak banget orang yang nggak lupa untuk foto dulu sebelum dimakan. Fotonya pun nggak cuma satu atau dua kali jepret, bisa sampe keburu beracun tuh makanan. 

Kulit Ayam Dimakan Terakhir

10
Photo Source:  malesbanget.com
Sebenarnya lebih kepada kebiasaan orang Indonesia yang senang menyisakan bagian terbaik di akhir santapan. Nah, salah satu contoh yang paling melekat ya tentang kulit ayam ini. "Kalau ada yang ngambil, gua bunuh!". Ngeri ya, bisa se-serem itu. Jangan dicontoh!