Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

8 Tempat Makan Enak buat Menyambut Saudara Jauh

Deri LesmanaDeri Lesmana
8 Tempat Makan Enak buat Menyambut Saudara Jauh - Main Photo
Lembur Kuring
Menjelang pertengahan Bulan Puasa sampai setelah lebaran nanti, kemungkinan besar bakal banyak saudara dari luar kota yang mengunjungi kita. Kalau bukan kita yang mengunjungi mereka. Kalau begitu, apalagi kalau mereka tiba di Jakarta pada jam-jam buka puasa, kita perlu berpikir bagaimana menyambut mereka dengan baik. Qraved kasih usul: ajak mereka makan di tempat yang asik dan punya makanan yang enak. Berikut ini adalah 8 pilihan tempat makan enak buat merealisasikan hal itu, bergantung dari terminal, stasiun, atau bandara mana saudara-saudara jauh kita tiba.
 - Lembur KuringView All Photos
Photo Source: Lembur Kuring
Yang pertama, ada pilihan menarik kalau-kalau saudara kita tiba di Jakarta melalui Bandara International Soekarno Hatta. Kurang lebih sepuluh menit perjalanan dengan kendaraan, kita bisa sampai ke Lembur Kuring. Tempat makan enak yang menyediakan masakan bercitarasa Indonesia ini punya banyak menu yang asik. Mulai dari seafood kayak udang galah panggang sampai kangkung terasi yang nikmat.
 - xiaojourneyView All Photos
Photo Source: xiaojourney
Kalau saudara kita tiba di Jakarta melalui Stasiun Gambir, ajak mereka makan di Dapur Babah. Bisa diakses hanya dengan berjalan kaki, restoran ini punya masakan tradisional yang enak-enak. Selain itu, desain interior dan suasana yang terbangun di sini unik. Antik. Pelayanannya juga bagus, para pelayannya cekatan. Saudara kita bisa dapat kesan pertama yang luar biasa saat bersama kita.
 - Kedai LocaleView All Photos
Photo Source: Kedai Locale
Saudara kita yang datang dari Sumatera dengan menumpang bus punya kemungkinan besar untuk sampai di Terminal Rawamangun yang bersih dan rapi itu. Jangan kecewakan mereka dengan mengajak makan biasa, ajaklah ke Kedai Locale yang punya makanan yang enak dan suasana yang asik. Soal makanan, Kedai Locale jagonya memberi sentuhan modern ke masakan tradisional Indonesia. Menarik. Nyobain nasi goreng oncom atau chicken wing mereka aja udah asik, apalagi menu yang lebih besar.
 - food.detik.comView All Photos
Photo Source: food.detik.com
Di dekat Stasiun Jakarta Kota, ada Historia Cafe. Meski punya masakan tradisional yang disajikan dengan menarik dan tempat yang dikonsep dengan sentuhan sejarah dan seni yang bikin kita terpesona, kita gak perlu bayar mahal. Historia Cafe menyajikan semuanya dengan harga murah. Ini pilihan yang menarik banget pastinya.
 - infomakanView All Photos
Photo Source: infomakan
Nah, yang satu ini buat menyambut saudara kita yang tiba di Jakarta melalui Terminal Kampung Rambutan. Beberapa menit perjalanan dengan kendaraan, kita bisa sampai di Karimata. Dari namanya yang diambil dari nama selat, kita bisa menduga kalau tempat makan enak ini menyediakan menu ikan-ikanan. Istimewanya, ikan di sini diolah secara unik, yaitu dengan memasukkan ikan yang telah dibumbui ke dalam bambu dan membakarnya. Rasanya luar biasa, bumbu dari aneka rempah meresap ke daging ikan dan menciptakan rasa ikan bakar yang lebih dari sekadar enak. Cobain aja.
 - lumirehotelView All Photos
Photo Source: lumirehotel
Di Lumire Hotel Senen, ada restoran makanan Jepang bernawa Niwa. Ini pilihan yang bagus buat menyambut saudara kita yang tiba di Jakarta melalui stasiun atau terminal Senen. Makanan-makanan Jepang di sini gak cuma sekadar enak, tapi juga menyehatkan dan diolah sedemikian rupa agar tidak menambah berat badan kita. Asik ya, makan enak tanpa takut gemuk.
 - Saung SambalView All Photos
Photo Source: Saung Sambal
Kurang lebih sepuluh menit perjalanan dengan kendaraan dari Terminal Kalideres, tepatnya di Jalan Utan Jati, ada tempat makan enak bernama Saung Sambal. Tempatnya mungkin terbilang cukup sederhana, tapi nuansa yang dibangun dari bambu 'saung' itu masuk banget sama menu mereka. Rasakan masakan khas Indonesia dari olahan ayam sampai cumi dengan aneka sambal yang spesial. Selain itu, dengan harga yang murah juga buat makan kita dan saudara kita.
 - food.detik.comView All Photos
Photo Source: food.detik.com
Yang terakhir ini buat menyambut saudara kita yang tiba di Jakarta melalui Terminal Bus Grogol. Biasanya, terminal ini jadi titik terakhir dari orang yang pergi dari Ciawi (atau transit di sana). Buat ngajak makan saudara kita itu, kita bisa jalan kaki sebentar ke Waroenk Kito di Jalan Dr. Susilo. Mereka punya menu yang enak, disajikan menarik, sekaligus dibanderol murah. Asik-asik.