Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

8 Jajanan Pasar Tradisional yang Jauh Lebih Enak dari Cheese Tart!

Chandra WijayaChandra Wijaya
8 Jajanan Pasar Traditional yang Jauh Lebih Enak dari Cheesetart!1
8 Jajanan Pasar Tradisional yang Jauh Lebih Enak dari Cheese Tart!
Beragamnya kue-kue kekinian yang bermunculan belakangan ini, jangan sampai bikin kamu melupakan cita rasa kue tradisional yang sudah kita nikmati sedari kecil dulu. Sebut saja cheese tart, taiyaki, cheese cake, atau waffle, semuanya kalah jika dibandingkan dengan kue traditional! Bukan cuma soal sejarah, cita rasanya memang benar-benar enak dan nggak akan hilang ditelan zaman. Yuk kembali lagi ke masa lalu sekaligus main tebak-tebakan kue yang sudah Qraved kumpulkan dalam kategori berikut. Bakal seru, nih!

Kue Taburan Kelapa

Bakeri Monami 8 Jajanan Pasar Traditional yang Jauh Lebih Enak dari Cheesetart!2View All Photos
Photo Source: 
Nah, dari beberapa pilihan kue ini, semuanya pasti bikin kamu berpikir ke jaman dahulu di mana kue-kue ini mudah sekali ditemukan. Hati-hati salah menebak, bentuk dan penyajiannya hampir serupa, lho!  Jika kamu lihat kue bulat warna-warni yang ada di urutan depan ini dari kanan adalah Ongol-Ongol dan Singkong Keju. Kemudian melihat ke area belakang, mereka dari kanan adalah Klepon, Putu Ayu, dan Ketan Bubuk.

Kue Berbentuk Gulungan

Bakeri Monami 8 Jajanan Pasar Traditional yang Jauh Lebih Enak dari Cheesetart!3View All Photos
Photo Source: 
Belum selesai sampai di situ, mari kita beralih ke kue dengan bentuk yang bergulung-gulung. Coba tebak dari kanan ke kiri. Kue-kue ini mengingatkan kita sama cemilan jaman dulu. Bayangin, sore-sore trus makan ini, surgawi! Kalau dimulai dari kanan gambar, kue itu adalah Panekuk. Siap-siap ketagihan saat makan ini, tekstur kulit luar yang lembut plus isian vla cokelat yang dingin emang manjain lidah banget! Kemudian lihat pula kue Clorot yang super manis, Semar Mendem isi ayam, dan juga Panekuk isi fla vanilla. Jadi bingung nih kalo harus milih. 

Kue Olahan Tepung Hunkwe

Bakeri Monami 8 Jajanan Pasar Traditional yang Jauh Lebih Enak dari Cheesetart!4View All Photos
Photo Source: 
Nggak perlu hangat-hangat supaya kue terasa enak, karena kue dari olahan tepung hunkwe ini juga surga sekali rasanya saat di lidah. Kamu pasti sering menemukannya di atas meja rumahmu, nih. Dari kanan ke kiri, mereka adalah Pisang Nagasari dan Cantik Manis dengan tiga varian rasa, yaitu nangka, mutiara, dan pisang. 

Kue Basah

Bakeri Monami 8 Jajanan Pasar Traditional yang Jauh Lebih Enak dari Cheesetart!5View All Photos
Photo Source: 
Masuk ke kloter berikutnya, masih banyak kue yang wajib kamu tebak. Jangan ngaku generasi 80 atau 90-an kalau nggak tahu kue ini. Nah, yang di belakang dari kanan ini adalah Wajik, Wajik Nangka, dan yang di depan dari kanan Lapis Merah, dan Getuk. Ke empat-empat nya mempunya tekstur yang padat, rasa gurih, dan kadar manis yang pas. Kalo udah lama ngga makan, rasa-rasa nya benar-benar ngangenin. 

Kue Bulat

Bakeri Monami 8 Jajanan Pasar Traditional yang Jauh Lebih Enak dari Cheesetart!6View All Photos
Photo Source: 
Kalau kue bentuk bulat ini masih nggak tahu juga, keterlaluan! Aneka kue ini sering kita makan selama ini, tapi sering melupakan namanya. Qraved kasih tahu, nih, yang paling depan adalah kue Talam Ubi, Kueku Kacang Hijau (Merah) dan Kueku Gula Kelapa (Hijau), dan terakhir, Kue Lumpur. Meskipun namanya Kue Lumpur, tapi rasanya jauh bertolak belakang dengan namanya – lembut dan empuk seperti pancake tetapi versi kue. Siapa yang setuju?

Kue Warna Kuning

Bakeri Monami 8 Jajanan Pasar Traditional yang Jauh Lebih Enak dari Cheesetart!7View All Photos
Photo Source: 
Nggak selalu khas Indonesia, ada juga pastry kuno peninggalan Belanda. Lihat saja Rhum Horn. Kue yang ada di paling depan ini nggak disangka enak banget! Kue yang memiliki bentuk seperti tanduk ini memiliki tekstur renyah, rasa manis dan lembut pada isian cream. Selain itu ada juga kue lain seperti Pukis (di belakang), Bruder Keju, Sosis Brood (di tengah), dan Sosis Solo (di depan) . 

Perpaduan Western dan Indonesia

Bakeri Monami 8 Jajanan Pasar Traditional yang Jauh Lebih Enak dari Cheesetart!8View All Photos
Photo Source: 
Terakhir, coba kamu tebak tiga pilihan kue ini. Kamu nggak asing lagi dengan kue yang ada di tengah ini, kan? Yap, Klapertart adalah kue asal Belanda yang sering kita nikmati selama ini. Teksturnya lembut banget dan bersahabat di lidah kita. Lalu kalau kamu lihat kue di belakang, mereka adalah Cara Bikang dan juga Bubur Sumsum.

Pis Kopyor

Bakeri Monami 8 Jajanan Pasar Tradisional yang Jauh Lebih Enak dari Cheesetart!9View All Photos
Photo Source: 
Ini dia yang mungkin nggak diketahui anak muda jaman sekarang, yaitu Pis Kopyor! Makanan yang dibungkus dengan daun pisang ini bukanlah makanan asin, melainkan manis dan wangi. Tahukah kamu kalau makanan ini terbuat dari roti dan berisi kelapa di dalamnya, sehingga menyatu banget rasa gurih kelapa dan tekstur empuk roti ketika digigit. 
Nah, berapa kue yang kira-kira berhasil kamu tebak? Hampir semua kue di atas sebenarnya sering kamu temui di atas meja makanmu. Namun namanya orang Indonesia, banyak yang suka melupakan hal-hal kecil yang menjadi ciri khas Indonesia. Buat kamu yang ingin berjibaku kembali dengan kue-kue traditional ini, datang langsung ke Monami, deh! Dari tahun 1976 hingga sekarang, Monami masih setia menghadirkan aneka kue traditional ke semua kalangan supaya kue ini nggak sampai termakan zaman. Yuk bernostalgia dan klik tautan di bawah ini ya!