Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

8 Benda di Restoran yang Penuh Bakteri

Iqra RabikaIqra Rabika
8 Benda di Restoran yang Penuh Bakteri1
stocksy
Mungkin kamu merasa kalau makan di restoran itu pasti lebih bersih atau lebih steril dibandingkan makan di pinggir jalan yang berdebu, tapi tidak selamanya makan di restoran itu bebas dari bakteri dan juga kuman lho. Berdasarkan penelitian, ada benda-benda yang di gunakan di restoran yang mengandung banyak sekali kuman serta bakteri. Apa saja ya? Yuk, dibaca terus artikel ini.

Buku Menu

8 Benda di Restoran yang Penuh Bakteri2
Photo Source:  FluentU
Benda yang satu ini memang terlihat bersih, tapi tahukan kamu kalau buku menu tuh salah satu yang banyak mengandung bakteri serta kuman? Hal ini dikarenakan buku menu merupakan salah satu benda yang paling sering di berpindah tangan, maka dari itu banyak sekali kuman menempel pada buku yang satu ini.

Tempat Duduk dan Meja

8 Benda di Restoran yang Penuh Bakteri3
Photo Source:  woodandweaves
Tempat kamu duduk di restoran dan meja tempat kamu makan itu adalag sarang kuman. Kenapa begitu? Karena biasanya tempat duduk jarang sekali di bersihkan setelah digunakan oleh para tamu, padahal saat kamu duduk, suhu hangat yang  Tempat duduk sering kali gak dibersihkan setelah dipakai oleh tamu. Padahal suhu hangat ketika kita duduki ditambah dengan bakteri dan kuman dari tangan orang, celana ataupun popok bayi (ih!) adalah tempat berkembang biak yang cocok untuk bakteri, kuman dan virus. Seringnya justru dibersihkan dengan kain yang sudah kotor dan malah menyebarkan bakteri.

Botol Saus

8 Benda di Restoran yang Penuh Bakteri4
Photo Source:  daily mail
Selain dari Buku Menu yang banyak berpindah tangan, botol saus juga jadi benda yang cukup kotor karena banyaknya kuman yang menempel. Botol saus ataupun kecap yang sering diisi ulang ini terkadang tidak dibersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan kembali, sehingga jadi sarang yang subur untuk bakteri berkembang biak.

Botol Merica dan Garam

8 Benda di Restoran yang Penuh Bakteri5
Photo Source:  Pottery Barn
Sama halnya dengan botol saus, botol merica dan garam juga terkadang tidak dicuci dengan cairan antiseptik terlebih dahulu sebelum digunakan. Tapi, hal ini gak berlaku untuk semua restoran, lho!

Keran Wastafel

8 Benda di Restoran yang Penuh Bakteri6
Photo Source:  id.aliexpress.com
Banyak sekali tangan-tangan penuh bakteri dan kuman yang menyentuh keran wastafel sehingga menjadikannya salah satu benda yang paling jorok yang ada di restoran. Kalau bisa, saat mencuci tangan dengan sabun, cuci juga keran wastafel dan bilas sekaligus dengan tangan kamu, dan setelah cuci tangan keringkan tangan kamu langsung ke pengering tangan ya sehingga bakteri mati secara sempurna.

Gagang Pintu

8 Benda di Restoran yang Penuh Bakteri7
Photo Source: 
Kalau yang satu ini memang sudah pasti mengandung banyak bakterinya, tidak hanya di restoran bahkan mungkin gagang pintu rumah kamu pun banyak menempel bakteri dan kuman. Maka dari itu setelah masuk, lebih baik langsung cuci tangan kamu, sehingga saat makan tidak ada lagi bakteri yang menempel di tangan.

Gelas Minuman

8 Benda di Restoran yang Penuh Bakteri8
Photo Source: 
Yang satu ini mungkin membuat kamu kaget, kenapa gelas minuman bisa banyak bakterinya, padahal sudah dicuci. Ya, mulut gelas minuman tanpa disadari jadi tempat menempelnya bakteri tanpa disengaja nih, hal ini karena pelayan restoran kerap tanpa sadar menyentuhkan tangan di mulut gelas.

Irisan Buah Pada Minuman

8 Benda di Restoran yang Penuh Bakteri9
Photo Source:  Lifehack
Pada sebuah penelitian di tahun 2007, disebutkan bahwa irisan buah yang dibiarkan terlalu lama akan mengandung mikroorganisme berbahaya seperti E.Coli. Ada baiknya jika kamu ingatkan koki untuk mengiris buah baru ya.