Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFood7 Tips Sahur Sehat buat Puasa yang Bersemangat

7 Tips Sahur Sehat buat Puasa yang Bersemangat

7 Tips Sahur Sehat buat Puasa yang Bersemangat - Main Photo
resepmakanansehat
Mama kamu bisa ngeguncang-guncang tubuh kamu pas jam sahur, tapi kamu belum tentu langsung bangun. Kalau mama kamu udah mulai masak dan aroma masakannya sampai ke lubang hidungmu, keadaan mungkin beda. Kamu bisa aja langsung melek, seger, dan lapar. Setelah cuci muka, kamu langsung nanya apa ada yang udah siap dimakan. Satu yang perlu dicatat, Qravers, jangan lupa mengawali sahurmu dengan air putih karena itu baik banget buat puasamu pada hari itu. Nah, berikut ini ada 8 tips sahur sehat buat kamu dari aplikasi keren ini. Kita mulai dari minum air putih itu, ya

Mengawali Sahur dengan Segelas Air Putih

 - sehatnesia
Photo Source: sehatnesia
Please, jangan berlebihan. Hanya karena kita perlu minum air putih delapan gelas per hari, kita gak bisa menumpuk semuanya pada jam sahur. Minumlah air putih secukupnya dan jadikan itu sebagai sesuatu yang mengawali sahur kita. Memang, seharian kita bakal kehilangan banyak cairan dan air putih menjadi lebih penting dari minuman lain yang ada dalam menu sahurmu.

Ubah Sedikit Sumber Karbohidratnya

 - berbinarbinar
Photo Source: berbinarbinar
Kalau kita terbiasa makan nasi atau roti putih, ubah sedikit kebiasaan itu. Kita punya pilihan baik lain yang bisa dicoba kapan-kapan, yaitu memakan sumber karbohidrat seperti nasi merah dan roti gandum. Itu karena asupan gula ke dalam tubuh kita mesti diatur secara bijak. Kandung gula yang berlebih dalam makanan kita akan ngebuat badan kita ngelepas insulin lebih cepat. Efeknya ya badan kita jadi minta tambahan energi lebih cepat. Ingat, kita gak bisa makan siang-siang.

Masukkan Buah-buahan ke dalam Menu Sahur

 - menusehat
Photo Source: menusehat
Buah bagus dimakan pas sahur dan buka. Kapan pun, sebenarnya, di luar bulan puasa. Itu karena buah mengandung elektrolit dan antioksidan yang bisa bikin badan kita selalu segar. Sehat. Jangan lupain pisang juga, terutama karena dia punya magnesium yang bisa bikin kita berenergi lebih. Selain itu, zat besi dalam buah juga bagus…olah buah-buahan itu jadi jus tanpa gula.

Kurangi Makanan yang Digoreng

 - resepumi
Photo Source: resepumi
Agak susah nih yang satu ini, tapi masih mungkinlah ya buat dilakuin. Penggunaan minyak dalam ‘menggoreng’ berpotensi buat ngikat oksigen dalam badan kita. Itu agak gawat buat badan kita, bisa-bisa kita lemes seharian. Cobalah merebus atau cara memasak lainnya yang menggunakan sedikit minyak.

Pastiin Ada Protein di Piringmu

 - bintang.com
Photo Source: bintang.com
Jangan lupa sama protein. Masukkan tempe, tahu, telur, kacang-kacangan, ikan, atau sumber protein yang lain ke dalam menu sahur kita. Itu karena protein baik buat pembentukan sel dan menjaga metabolisme tubuh. Juga mengamankan sistem imun. Hebat ya si protein itu. Kita disarankan mengonsumsi protein secara rutin karena protein tidak bisa disimpan dalam tubuh. Gampang abis.

Sesendok Dua Sendok Madu Ajaib

 - terekam.com
Photo Source: terekam.com
Coba konsumsi madu pas sahur, sesendok dua sendok setelah makan. Itu baik buat ngebantu badan kamu menyerap makanan secara baik. Selain itu, dia juga bisa ngebantu kita menghindari dehidrasi, merutinkan ‘waktu pup’ kita dan banyak manfaat lainnya. Oia, madu bisa dikonsumsi begitu aja atau campurkan dengan air putih biasa (banyak Om Ahli yang bilang baiknya air putih biasa aja, gak perlu air hangat atau air teh).

Percaya pada Jam Dinding

 - hbr-online
Photo Source: hbr-online
Sahur punya batas waktu. Jangan tabrak itu, kecuali kita mau diledekin anak TPA karena gak puasa. Percayalah pada jam dinding dan kalau dia menunjuk jam imsak, tuntasin deh sahur kita. Capek-capek menyiapkan sahur yang sehat, masa malah keterusan makan dan jadi gak puasa. Semangat mencoba, Qravers!
Qraved | Life is Tasty