Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Penjual Rujak di Jakarta yang Bikin Semua Orang Ngidam

Deri LesmanaDeri Lesmana
Kalau kita sempat jadi anak sekolahan yang tinggal di kampung atau daerah padat, kemungkinan besar kita pernah punya teman banyak buat ngerujak. Siang-siang, panas, makan rujak super pedas, minum es! Hmm...agak ngilu sekaligus ngiler ngebayangin rujak itu. Nah, karena kita udah gak bisa metik mangga orang sembarangan (apalagi punya Pak Raden), kita coba beli aja dari tujuh penjual rujak di Jakarta ini. "Bang, pedes banget, ya!"
 - View All Photos
Photo Source: 
Kita mulai dari tuan rumah dulu. Ada rujak juhi yang salah satu penjualnya ada di daerah Pluit. Rujak juhi ini unik, pakai mie, selada, kentang, kol, tahu goreng, dan suiran ayam. Bumbunya sama kayak bumbu rujak umumnya, tapi keseluruhan rasa rujak ini berbeda dari rujak yang biasanya kita makan. Cobain, yuk!
 - Kantin Rujak CingurView All Photos
Photo Source: Kantin Rujak Cingur
Hmm...ini rujak khas Jawa Timur yang isinya rame banget. Selain cingur (rebusan moncong sapi yang diiris), ada sayuran seperti kangkung dan kacang panjang, dan buah-buahan seperti bengkoang, jambu, dan nanas. Bumbunya bumbu kacang petis yang hitam! Kalau semuanya diaduk dan masuk ke mulut kita, lidah kita bakal tersiksa sama pedas, asam, manis, dan gurih sekaligus!
 - Kedai LocaleView All Photos
Photo Source: Kedai Locale
Selanjutnya, kita beralih ke Kedai Locale. Punya tempat yang oke banget, kedai ini menawarkan rujak yang unik dengan campuran es krim. Unik, ya, buah-buahan yang dipotong memanjang dan disiram bumbu rujak yang pedas, sekaligus dingin-manis karena es krimnya. Siapapun harus coba, datang ke Rawamangun!
 - RagusaView All Photos
Photo Source: Ragusa
Kalau yang satu ini, rujaknya emang gak pakai es krim. Tapi kamu bisa makan rujak juhi ini, setelah atau sebelum makan es krim khas Italia di Ragusa. Kalau kamu datang ke Jalan Veteran (samping Masjid Istiqlal, kamu gak bakal kesulitan buat nemuin salah satu penjual rujak di Jakarta yang tersohor ini). Yuk, coba!
 - View All Photos
Photo Source: 
Selanjutnya, ada rujak pengantin yang dijual sama Remboelan. Datang aja ke Senayan City, kita bisa ngerasain rujak (yang agak-agak mirip rujak Juhi) dengan campuran buah, sayuran, tempe,dan telur. Jangan lupa siraman bumbu kacangnya!
 - View All Photos
Photo Source: 
Penjual rujak di Jakarta lainnya adalah Bang Jali, yang punya kedai di Pasaraya, Blok M. Tempat ini secara istimewa menyediakan rujak khas Aceh yang porsinya mantep. Buah-buahan seperti mangga, sekaligus sayuran seperti wortel bersatu dalam seporsi rujak Aceh ini. Enak rujak ini disajikan dingin-dingin, apalagi kalau kamu mau coba rujak dengan cita rasa yang agak berbeda.
 - View All Photos
Photo Source: 
Hmm, ini jenis rujak yang paling akrab mungkin dengan banyak orang. Berisi buah-buahan yang segar, berbumbu kacang yang kental dan pedas banget kalau kita mau. Penjual rujak di Jakarta yang satu ini bisa kita temui di Kelapa Gading. Harganya emang terbilang mahal, tapi kita gak akan protes. Oia, di Rujak Kolam Medan, kita juga bisa milih bumbu dengan kacang mede...makin istimewa.

Yuk, kita cobain satu-satu rujak di atas. Mulut udah berair, ketelen, berair lagi ngebayangin segar sayur dan buah-buahan yang gabung sama bumbu yang mantap. Udah, ah, bye!