Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

7 Makanan Yang Makin Sedap Karena Disajikan di Atas Daun!

Chandra WijayaChandra Wijaya
7 Makanan Ini Makin Sedap Karena Disajikan di Atas Daun Pisang!1
7 Makanan Yang Makin Sedap Karena Disajikan di Atas Daun!
Walaupun cuma beralaskan atau dibungkus daun pisang, beberapa makanan berikut wajib terasa begitu nendang kelezatannya. Mungkin itu dikarenakan daun pisang dapat menyerap kandungan polifenol yang dapat mencegah penyakit, dan juga memberi aroma khas pada makanan, bebas kandungan kimia, serta praktis. Mau bukti? Coba saja lihat beberapa makanan ini, dan dijamin bikin kamu nggak kuat iman!

Sate Ayam

Sate Ayam2
Photo Source:  @stepiigm
Mulai dari proses pembuatannya saja, sate ayam punya aroma yang sangat kuat, mulai dari cara pengolahannya yang dibakar bersama kecap dan bumbunya. Untuk itu, kenapa sate dibungkus dan disajikan di atas daun pisang saat dibawa pulang? Ternyata agar aromanya tetap terasa dan menyeruak, sehingga tetap terasa nikmat saat dibawa pulang sekalipun. 

Nasi Liwet

Nasi Liwet3
Photo Source:  @wilsonakaason
Nasi Liwet juga termasuk salah satunya. Liwetan diambil dari kata Liwet yang berarti cara memasak nasi dan disajikan di atas daun, dengan tujuan untuk membentuk kerja sama dan kebersamaan yang kuat. Makan ramai-ramai dengan lauk seabrek emang bikin kita jadi makin solid. Lauk yang digunakan juga biasa berupa sambal tomat, kerupuk, ayam, ikan, daging, dan lain-lain. Lihatnya saja bikin ngiler, ya!

Pecel

Pecel4
Photo Source:  Diah Didi
Sepertinya semua yang berbumbu kacang akan semakin mantap rasanya jika ditaruh di atas daun pisang. Aroma dan rasanya jadi menyatu! Lihat saja menu pecel ini, campuran segala sayur bersama lontong dan bakwan goreng ini jadi sedap banget saat dilumuri sambal kacang. 

Gudeg

Gudeg5
Photo Source:  @pendekarkolosal
Siapa yang nggak kenal gudeg? Makanan khas Yogyakarta ini seakan punya tempat tersendiri bagi pecintanya, akan selalu memburu gudeg biarpun nggak tinggal di Yogja. Yap, gudeg juga sengaja disajikan di atas daun pisang guna membuat rasanya makin beraroma. 

Nasi Bakar

Nasi Bakar6
Photo Source:  @myfoodfairytales
itulah kenapa nasi bakar itu sungguh beraroma dan khas banget, karena nasi yang ikut dibakar di dalam daun pisang. Selain itu, dinikmati pula bersama suiran ayam bumbu yang bikin rasanya makin menggugah selera. Banyak kok tempat di Jakarta yang bisa kamu datangi untuk menyantap menu yang tak pernah tenggelam termakan zaman ini.

Nasi Uduk atau Nasi Kucing

Nasi Uduk atau Nasi Kucing7
Photo Source:  @wibisono.rudyanto
Nah, kalau kamu sering bertandang ke warung nasi uduk yang lengkap dengan pilihan lauk, kamu pasti sering menemukan nasi berukuran kecil yang dibungkus di dalam daun. Untuk makannya pun juga tetap disajikan di atas daun pisang, agar aroma dan cita rasanya makin menyeruak di mulut. Itulah kenapa makanan jenis ini sering muncul di menu sarapan ataupun makan malam. Nyam!

Kue Nagasari

Kue Nagasari8
Photo Source:  situsbagusku
Sampai ke makanan manis pun juga enak disajikan bersama daun. Biasanya kue yang berisi pisang ini dibalut dengan adonan tepung beras, sagu dan santan, sehingga menyatu dengan rasa manis dari pisang. Jangan kamu remehkan, kue ini masih jadi favorit banyak orang hingga kini, lho.