Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

7 Makanan Korea Ini Sekilas Tak Jauh Berbeda dengan Makanan Indonesia

Chandra WijayaChandra Wijaya
7 Makanan Korea Ini Sekilas Tak Jauh Berbeda dengan Makanan Indonesia - Main Photo
7 Makanan Korea Ini Sekilas Tak Jauh Berbeda dengan Makanan Indonesia
Memang benar, dari sekian banyaknya jenis makanan yang ada di dunia ini, pasti ada beberapa yang tampilannya hampir serupa dengan yang lainnya. Kalau kita melihat dua sisi kuliner, yaitu Korea dan Indonesia, ternyata banyak, lho, yang memiliki kesamaan. Yuk lihat hasil penelusuran Qraved kali ini, tentuin juga yang mana favoritmu!

Dakkochi dan Sate Ayam

Dakkochi dan Sate Ayam2
Photo Source: 
Sebenarnya hampir tiap negara punya makanan khas berbentuk sate. Untuk di Korea, ada satu sajian bernama Dakkochi yang biasa diijajakan di pinggir jalan. Banyak pula yang menggemari makanan ini, itulah kenapa gerai yang menjual makanan ini selalu ramai. Tapi coba lihat lebih seksama, Dakkochi ini mirip dengan makanan khas kita, sate ayam! Yang berbeda hanyalah penggunaan bumbu, itupun sekilas mata terlihat hampir sama. Ada yang sudah pernah coba?

Kultarae dan Gulali

Kultarae dan Gulali3
Photo Source: 
Kultarae, jajanan khas Korea ini juga banyak digemari warga di sana. Mirip gulali, ya? Atau mungkin, bisa juga dibilang mirip rambut nenek. Meskipun rasanya sama-sama manis, namun yang membedakan adalah warna dan tekstur di dalam. Kultarae dijual dengan warna putih dan memiliki isian kacang. Sepertinya enak, nih!

Chamchijeon dan Bakwan Jagung

Chamchijeon dan Perkedel4
Photo Source: 
Wah, kalau ini hampir serupa! Foto di sisi kiri bernama Chamchijeon yang berupa pancake berbahan dasar ikan tuna, sedangkan di sisi kanan, sudah pasti kamu tahu. Bakwan jagung! Yang membuatnya mirip adalah bentuk dan tampilannya, sedangkan rasanya agak jauh berbeda.

Gangjeong dan Jipang

Gangjeong dan Rengginang5
Photo Source: 
Bisa dibilang, kedua makanan ini persis 98% mirip! Kalau di Indonesia, tentu namanya jipang, atau ada juga kipang. Sedangkan di Korea, namanya adalah Gangjeong atau sering disebut rice crispy. Di Korea, makanan ini banyak diburu karena bermanfaat untuk melangsingkan tubuh serta mempercantik kulit.

Japchae dan Bihun

Japchae dan Bihun6
Photo Source: 
Buat kamu penggemar Korea, pasti sudah sering mencoba makanan ini di restoran Korea. Japchae terbuat dari dang myeon seperti bihun yang terbuat dari tepung ubi jalar, sedangkan bihun terbuat dari tepung atau sagu. Warna dan bentuknya memang hampir sama, namun bumbu yang biasa digunakan untuk Japchae tidak banyak, cukup bawang putih, kecap asin, gula pasit, dan minyak wijen.

Tteok dan Kue Moci

Tteok dan Kue Moci7
Photo Source: 
Kalau Tteok, sahabatnya adalah Mochi. Kedua makanan ini sama-sama berbahan dasar tepung beras dan bertekstur kenyal. Penyajiannya pun juga diisi dengan kacang-kacangan seperti mochi. Bisa dibilang, hanya nama saja yang membedakan makanan ini.

Bindaetteok dan Fu Yung Hai

Bindaetteok dan Fu Yung Hai8
Photo Source: 
Masih belum familiar dengan Bindaetteok? Makanan ini berupa pancake berisi kacang hijau dan juga sayur asal Korea. Bentuknya biasa disajikan bulat dan melebar, sekilas mirip dengan Fu Yung Hai, ya! Bedanya, Fu Yung Hai disajikan dengan saus asam manis. Kamu pilih mana?