Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Makanan Khas Padang yang Disukai Semua Orang

Deri LesmanaDeri Lesmana
Padang, lebih luas lagi Sumatera Barat, emang udah jadi daerah dengan makanan khas yang dikenal sama semua orang. Semua orang, artinya bukan cuma orang Indonesia, tapi masyarakat internasional. Proses memasaknya yang terbilang kompleks, akhirnya, memuaskan lidah-lidah yang mencicip. Berikut ini adalah 7 makanan khas Padang yang dimaksud. Masih banyak yang lain, betul. Silakan share di kolom komentar.

Oia, daftar ini bisa kamu jadikan referensi kalau-kalau kamu kamu mampir ke rumah makan Padang terdekat. Yuk, cek!

Rendang yang Mendunia

 - cara.co.id
Photo Source: cara.co.id
Tentu saja, rendang di nomor pertama. Makanan khas Padang yang satu ini sempat dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia oleh CNN Internasional. Gak ada yang salah dari itu karena rasa rendang emang istimewa. Daging sapi yang empuk, lengkap dengan santan dan bumbu yang diracik dari banyak rempah-rempah dimasak bersama, lalu sampailah rendang itu ke piring kita. Hanya dengan rendang dan nasi putih saja momen makan kita bisa jadi istimewa.

Dendeng Batokok: Sedap dan Wangi

 - indonesianculinary
Photo Source: indonesianculinary
Dendeng adalah daging sapi yang dipotong tipis dan dimasak kering. Awalnya, dendeng dibuat untuk menyiasati perjalanan jauh orang-orang Minangkabau. Mereka butuh makanan yang bisa tahan berhari-hari. Sekarang, dendeng ini populer sebagai masakan khas Padang yang istimewa. Hanya dengan cabai dan bumbu-bumbu yang sederhana, dendeng enak banget buat dinikmati. Apalagi kalau proses memasaknya pakai minyak kelapa asli. Hmm, sedap dan wangi.

Ikan Asam Padeh yang Populer

 - selerasa.co.id
Photo Source: selerasa.co.id
Bayangkan ikan tuna atau tongkol berbumbu oranye di rumah-rumah makan Padang. Itulah ikan asam padeh. Dibuat dengan menggunakan banyak bumbu, makanan khas Padang ini menjadi salah satu yang diminati oleh banyak orang. Rasa pedas dari cabai dan bumbu lainnya, serta rasa asam yang segar dari asam kandis atau belimbing wuluh bersatu dengan rasa ikan yang nikmat. Itulah alasan orang-orang menyukai makanan yang satu ini.

Tunjang, yo, Un

 - kitabmasakan.com
Photo Source: kitabmasakan.com
Makanan khas Padang selanjutnya adalah gulai tunjang. Mungkin sebagian dari kita udah akrab banget sama makanan yang satu ini. "Tunjang, yo, Un" begitulah biasanya orang memesan. Dibuat dari bagian lunak kaki sapi, makanan ini kaya dengan bumbu seperti cabai keriting, lengkuas, kemiri, lengkuas, kunyit, dan rempah penyedap lainnya. Jangan lupa cobain juga menu istimewa yang satu ini.

Gulai Paku yang Klasik dan Unik

 - masakandapurku.com
Photo Source: masakandapurku.com
Masih berbentuk gulai, ada gulai paku. Makanan yang satu ini biasanya bisa kita pesan di penjual lontong sayur khas Padang. Hmm, agak aneh kalau memang kalau tahu bahan dasarnya, yaitu daun pakis. Tapi berkat campuran saus kelapa, lengkuas, cabai, dan jahe, serta pengolahan yang tepat, gulai paku ini jadi enak banget. Buat momen-momen besar, makanan khas Padang yang satu ini juga sering dihidangkan.

Sate Padang yang Istimewa

 - kitabmasakanku.com
Photo Source: kitabmasakanku.com
Kalau udah datang ke penjual sate Padang, kita udah tau bakal kayak gimana suasananya. Wangi daging sapi yang dibakar, bersatu dengan wangi kunyit dan sereh dari bumbu kental yang sudah disiapkan.

Makanan khas Padang ini emang punya keistimewaannya sendiri di antara sate yang lain. Penggunaan daging, lidah, jeroan, usus, dan bagian lain dari sapi adalah alasannya. Selain itu, juga bumbunya yang dibuat dari berbagai bumbu, lalu dikentalkan dengan tepung beras. Hmm, harus nyobain lagi.

Tantangan Teh Talua

 - masakandapurku.com
Photo Source: masakandapurku.com
Ini bukan makanan, tapi minuman khas Padang. Perlu keberanian lebih bagi pemula untuk meminum teh talua. Bukan karena rasanya yang gak enak, tapi lebih karena aroma telur yang mungkin masih kecium. Jangan khawatir, cobain aja, karena teh yang satu ini nikmat dan baik buat memulihkan kebugaran tubuh. Paduan teh, susu, kuning telur, dan perasan jeruk nipis ngebuat anggapan itu masuk akal. Yuk, cobain.

Banyakin Sambel Ijonya, ya

 - saribundo.biz
Photo Source: saribundo.biz
Selain sambal merah yang khas, ada sambal ijo yang legendaris. Kayaknya sambal ini emang jadi pembeda rumah makan padang dengan rumah makan yang lain. Sama-sama pakai cabai, tapi cabainya adalah cabai hijau yang besar dan kecil, lalu ditambah tomat hijau, bawang putih, dan jeruk nipis. Hmm, udah sedap deh kalau menikmati makanan khas Padang dengan sambal yang satu ini.

Jadi, kapan mau ke rumah makan Padang? Menu apa yang kira-kira bakal kamu pesan? Traktir, dong.