Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

7 Kuliner Jawa Timur di Jakarta yang Murah dan Enak Banget

Deri LesmanaDeri Lesmana
Malang, Ponorogo, atau daerah lain di Jawa Timur emang punya pesona sendiri dalam hal makanan. Banyak bagian dari kuliner Jawa Timur yang menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk Jakarta. Kalau kamu penasaran, coba langsung tujuh kuliner Jawa Timur di Jakarta berikut ini. Mudah dan enak banget...pasti!
2View All Photos
Photo Source: 
Yang pertama, ada Sate Ayam Ponorogo. Ini sate yang punya ciri khas sendiri, yaitu potongan dagingnya. Bukan dipotong dadu, tapi di fillet. Itu ngebuat Sate Ponorogo lebih empuk dan gak banyak lemak. Selain itu, sebelum dibakar, daging sate direndam dengan bumbu sehingga rasanya lebih sip. Yuk, cobain kuliner Jawa Timur ini di Pasar Minggu!
3View All Photos
Photo Source: 
Hmm...kalau ngomongin soto yang satu ini emang selalu bikin ngiler. Kuah kuning-beningnya yang gurih dan wangi berkat kunyit, kemiri, ketumbar dan rempah lain menggoda banget. Belum lagi suiran ayam, potongan telur, kol, soun, daun bawang, dan bubuk kuningnya. Soto ini emang punya ciri khas yang kuat. Kita bisa nyobain kuliner Jawa Timur ini di Pasar Minggu juga.
4View All Photos
Photo Source: Bakso Malang Cak Kris
Selanjutnya, ada bakso malang. Gak mungkin kamu gak tau. Bakso yang satu ini udah terkenal banget enaknya: pangsit goreng, bakso yang kenyal, tahu putih dan coklat, semuanya perpaduan yang sempurna. Lebih sempurna lagi pakai sambalnya yang pedas. Potongan bawang gorengnya juga ngasih sensasi tambahan. Kita bisa coba yang satu ini di Kelapa Gading. Yuk!
5View All Photos
Photo Source: 
Yang hitam gak selalu seram. Kuliner Jawa Timur yang satu ini hitam dan menggiurkan! Warna kuahnya emang jadi sesuatu yang ngebedain Rawon Malang dari rawon yang lain. Dibuat dari banyak rempah, sekaligus terasi yang matang, kuah itu merendam daging sapi yang empuk. Segar, sedap, wangi, memuaskan. Hmm...Kita bisa ngerasain Rawon Malang ini di Thamrin.
6View All Photos
Photo Source: 
Kita bisa makan pecel apapun, tapi cuma bisa makan pecel berserundeng, rempeyek, irisan pepaya muda, dan petai cina kalau kita makan Pecel Madiun. Lengkap banget. Kacang buat bumbu pecelnya disangrai, jadi gak gampang tengik. Cocok banget buat makan siang. Tanpa nasi kalau kamu lagi diet hehe...yuk, coba, di Taman Mini.
7View All Photos
Photo Source: Sego Kucing Pak Blangkon
Wah ini sederhana banget, tapi enak. Lagipula, kesederhanaan sering lebih keren dari yang mewah-mewah. Sego kucing alias nasi kucing! Nasi berporsi kecil dibungkus daun pisang, berisi ikan dan sambal (atau orek tempe, dan lain-lain) cocok buat makan kecil. Tapi kalau mau makan besar juga bisa, tinggal nambah dan borong makanan lain yang disajikan prasmanan. Jangan lupa wedangnya!
8View All Photos
Photo Source: Bebek Goreng Khas Surabaya
Ada banyak restoran dan pedagang kaki lima yang menjual bebek goreng. Tapi belum tentu semuanya berhasil karena daging bebek termasuk sulit diolah. Nah, Surabaya punya daging bebek goreng juga dan pengolahannya ngebuat daging bebek jadi empuk. Ajaib, ya. Dilengkapi dengan sambal dan sayuran segar, makan sepiring nasi panas dengan bebek goreng udah istimewa banget. Kita bisa coba di Puri Indah.

Itulah 7 kuliner Jawa Timur yang udah bisa kita nikmati di Jakarta. Jangan khawatir soal harga karena semuanya relatif murah. Soal rasa, ah, masa mesti dibilang lagi: sudah pasti enak! Selamat mencoba, Qravers!