Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFood7 Kaki Lima di Bogor yang Terkenal Sejak Dulu

Restaurant & Asinan Ny. Yenny

Order Now

Soto Mie Agih

ucontest.com Order Now

7 Kaki Lima di Bogor yang Terkenal Sejak Dulu

Deri LesmanaDeri Lesmana
7 Kaki Lima di Bogor yang Terkenal Sejak Dulu - Main Photo
7 Kaki Lima di Bogor yang Terkenal Sejak Dulu
Ada banyak kaki lima di Indonesia yang usia usahanya lebih tua dari kamu. Bahkan, dari om atau tante kamu. Di Bogor, salah satunya, kaki lima-kaki lima itu ada. Jangan-jangan, orang tua kamu pernah makan berdua di salah satu dari daftar kaki lima yang terkenal di bogor sejak dulu ini.
 - Toge Goreng Mak EvonView All Photos
Photo Source: Toge Goreng Mak Evon
Toge goreng dikenal sebagai salah satu makanan khas Bogor. Di Warung Mak Evon yang sudah berdiri selama lebih dari 40 tahun ini, kamu bisa merasakan toge goreng yang dilengkapi dengan tahu, ketupat, sambal, dan oncom.

Toge goreng yang dibuat oleh Mak Evon (kini dibantu pula oleh anak dan menantunya) pun terbilang khas dibanding toge goreng yang lain. Sampai saat ini, demi menjaga citarasa, Mak Evon masih menggunakan kayu bakar dan perangkat memasak tradisional yang lain.

Kapan-kapan, mampir ke sini. Gak perlu buka dompet, ambil uang dari kantong kamu aja karena harga toge goreng ini murah.
 - Asinan Gedong DalemView All Photos
Photo Source: Asinan Gedong Dalem
Di Jalan Suryakencana, tepatnya di bangunan yang sudah berdiri sejak 1800-an, Asinan Gedong Dalem dibuka. Cabang lainnya dibuka di Jalan Pajajaran. Lebih tua dari kamu, Asinan Gedong Dalem sudah mulai berjualan sejak tahun 1970.

Kamu bisa memilih asinan sayur atau buah, tapi baiknya pilih aja dua-duanya karena asinan di sini berbeda dari yang lain. Rasa asam dan pedas dari asinan ini tidak akan membuat hidung kamu gatal karena buah atau sayuran yang dipakai masih segar, larutan merahnya gak pakai bahan pengawet, dan buah atau sayuran cuma bakal dicampurin kalau ada pembeli.

Untuk seporsi asinan, kamu cuma perlu mengeluarkan Rp20.000.
 - Soto Mie CiseengView All Photos
Photo Source: Soto Mie Ciseeng
Ke Bogor, tapi gak makan soto mie? Itu sama kaya main ke rumah pacar, tapi gak ketemu doi, malah main catur sama bapaknya (plus nerima siraman rohani). Biar kamu gak begitu, mampirlah ke salah satu kaki lima terkenal di Bogor ini, tepatnya Jalan Suryakencana.

Soto Mie Ciseeng mungkin keliatan biasa, sama kaya yang lain. Tapi jangan cuma diliat, rasain juga daging sapi yang ada, lobak, mie, dan potongan-potongan daun bawang goreng yang ada dalam satu mangkuk itu. Kekhasan lain dari Soto Mie Ciseeng adalah rasanya yang cenderung asin. Gurih!.
 - Restaurant & Asinan Ny. YennyView All Photos
Photo Source: Restaurant & Asinan Ny. Yenny
Asinan lagi. Kali ini, asinan Ny. Yenny. Harganya cenderung lebih mahal, tapi rasa pedas-asam-manis dari asinan ini gak akan membuat kamu kecewa. Apalagi sampai nangis dan shower-an di kamar mandi tetangga, jangan lebay! Datang ke Jalan Binamarga, cobain asinan di kaki lima yang terkenal di Bogor ini.
Kalau kamu mau ngerasain soto mie khas bogor dengan pork, datang ke Soto Mie Agih yang juga terletak di Jalan Suryakencana, sebrang-sebrangan sama Soto Mie Ciseeng. Selain ada pork-nya, yang khas dari Soto Mie Agih adalah rasanya yang cenderung asam. Ini cocok buat kamu yang lagi mencari kesegaran buat lidah, setelah jalan-jalan di Bogor yang kasih kesegaran buat mata.
 - View All Photos
Photo Source: 
Gak bermaksud ngulang-ngulang soto, tapi kenyataan emang ngebuktiin kalau Soto Pak Dayat juga salah satu kaki lima di bogor yang terkenal sejak dulu. Di sini, kamu bisa pilih sendiri jenis daging yang kamu sukai. Selain itu, tempatnya, meski sama-sama di Jalan Suryakencana, lebih nyaman dan tenang dibanding tempat soto-sotoan lainnya.

Oia, soto kuning atau bening di sini berharga lebih murah dibanding soto lainnya di Bogor. Mampirlah...
 - View All Photos
Photo Source: 
Bukan, ini bukan cungkring yang artinya tinggi-kurus itu. Bukan alat buat denger juga...itu kuping. Ketawa, dong, please...

Cungkring yang ini adalah barang dagangannya Pak Jumad, salah satu kaki lima di Bogor yang terkenal sejak dulu. Berbahan dasar kikil dan 'daleman' kepala sapi, cungkring berbumbu masak kuning dan bersaus kacang.

Jangan makan cungkring (oia, bentuknya mirip sate) begitu aja. Ambil juga nasi ketan putih, oncom, dan tempe. Kebayang rasanya? Cukup, jadiin nyata bayangan itu dengan datang ke Gang Aut di Jalan Suryakencana.
Qraved | Life is Tasty