Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Jajanan Pasar Serba Gula Merah yang Murah Meriah

Iqra RabikaIqra Rabika
7 Jajanan Pasar Serba Gula Merah yang Murah Meriah - Main Photo
diahdidi
Jajanan pasar yang berupa kue tradisional emang enak banget buat ngemil. Buat kamu yang doyan manis, kamu mesti nyobain jajanan pasar yang menggunakan gula merah dalam penyajiannya. Nah, kali ini Qraved akan kasih tau kamu kue tradisional apa aja yang dibuat dengan gula merah.

Kue Putu Bambu

 - Rancahpost
Photo Source: Rancahpost
Kue putu bambu ini dibuat dari tepung beras yang didalamnya ada gula merah ini dikukus dengan menggunakan bambu. Saat kamu gigit, gula merahnya bakalan melelh keluar. Kue putu bambu ini biasanya bisa kamu temuin di tukang jualan keliling.

Klepon

 - forum.au
Photo Source: forum.au
Klepon yang bentuknya bulat-bulat ini punya tekstur yang kenyal karena di buat dari tepung beras dan berisi gula merah yang ditaburi parutan kelapa. Cara masaknya juga agak beda dengan kue putu bambu yang dikukus, Klepon ini cara masaknya di rebus.

Kue Rangi

 - yesiene85
Photo Source: yesiene85
Kue tradisional Betawi ini gampang banget ditemui di pasar. Kue Rangi ini dibuat dari campuran kelapa parut dan tepung sagu yang dicetak menggunakan cetakan yang mirip dengan kue pancong. Kue Rangi ini di sajikan dengan menggunakan sau gula merah yang di kentalkan dengan sagu.

Kue Lumpang Gula Merah

 - kuepraktis
Photo Source: kuepraktis
Kue Lumpang Gula Merah ini dimasak dengan menggunakan cetakan bulat dan menggunakan gula merah dalam pembuatannya, dengan ditaburi dengan sedikit parutan kelapa dan dibungkus daun pandan. Kamu bisa nemuin kue Lumpang Gula Merah ini di pasar-pasar tradisional, dan biasanya ada juga yang berwarna hijau.

Ongol-Ongol

 - resepanekajajananpasar
Photo Source: resepanekajajananpasar
Ongol-Ongol ini emang agak susah nemuinnya, tapi kamu masih bisa nemuin di pasar kue subuh. Kue yang dibuat dengan menggunakan tepung garut ini pake gula merah sebagai pemanisnya. Kuenya kenyal dan empuk banget kalo digigit.

Sengkulun

 - cinta-betawi
Photo Source: cinta-betawi
Kue tradisional yang satu ini tuh udah langka banget. Kue asal Betawi ini dibuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula merah dan juga santan. Rasanya manis namun gurih dan punya tekstur yang lembut dan sedikit lengket.

Kue Lupis

 - novalizee
Photo Source: novalizee
Kue yang satu ini gampang banget ditemuin di pasar tradisional. Kue yang bentuknya segitiga ini dibuat dari ketan putih. Penyajian kue lupis ini dengan cara dibalurkan dengan parutan kelapa dan disiram dengan gula merah kental. Manis dan juga enak!