Qraved
Makan enak! Ingat Qraved
Kuliner apapun yang kamu cari ada di Qraved! Download sekarang!
Sign In

Search

Bisa order
Go Food lho
sekarang!
Klik Order Now
di artikel ini untuk
pesan makananmu

6 Cara Supaya Dapurmu Tetap Bersih Saat Sedang Memasak

January 09, 2017 18:32
http://www.menstylefashion.com/research-shows-women-love-watching-men-cook-in-the-kitchen/
Bagi kamu yang punya hobi memasak, salah satu hal yang membuat jengkel saat memasak adalah melihat dapur yang berantakan. Peralatan memasak berada di mana-mana, bahan-bahan-bahan tumpah, sampah pun berserakan. Itu dia yang bikin kamu malas-malasan untuk membereskannya. Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, lihat beberapa tips di bawah ini untuk membuat dapurmu tetap bersih saat sedang memasak!
Dapur Bersih Saat Memasak
Photo source: http://www.menstylefashion.com/research-shows-women-love-watching-men-cook-in-the-kitchen/

1. Buatlah rencana sebelum memulai memasak

Buatlah daftar alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memasak kemudian siapkan terlebih dahulu ketimbang mengambilnya nanti saat sedang dibutuhkan. Bayangkan jika salah satu alat yang kamu butuhkan berada di dalam sebuah lemari penyimpanan dan kamu perlu mengeluarkannya, namun beberapa alat lain yang menutupinya. Tentu akan membuat dapurmu berantakan hanya untuk mengambil alat yang kamu butuhkan kemudian kamu lanjutkan memasak. Selain itu, coba cek apakah ada alat yang tidak begitu dibutuhkan, atau mungkin beberapa langkah memasak yang bisa dilakukan secara bersamaan, agar lebih menghemat waktu dan menjaga alat-alatmu tetap berada pada tempatnya.

2. Mulailah dengan dapur yang bersih

Untuk menjaga dapur tepat bersih saat sedang memasak tentu saja harus dimulai dengan dapur yang memang dari awal sudah bersih. Bahkan, jika memang ada yang perlu dirapikan untuk mendapatkan cukup ruang, sebaiknya kamu rapikan saja terlebih dahulu sebelum memulai memasak. Jika ada cucian piring atau gelas kotor, sebaiknya dicuci saja terlebih dahulu supaya setelah memasak, bebanmu tidak semakin banyak. Jadi istilahnya, selain menyiapkan segala alat dan bahan untuk memasak, rapikan juga dapurmu untuk "siap" dijadikan tempat memasak selanjutnya.

3. Gunakan mangkuk/baskom untuk dijadikan tempat sampah sementara

Daripada kamu berjalan mengelilingi dapur untuk membuang sampah plastik atau sampah kulit buah-buahan (misalkan kamu memasak buah-buahan dan perlu mengupasnya) ke tempat sampah yang lokasinya tidak begitu dekat dengan posisimu saat memasak, gunakanlah sebuah mangkuk atau baskom besar untuk dijadikan tempat pembuangan terlebih dahulu. Cara ini akan menghemat waktu dan mencegah sampah berceceran saat kamu akan membuangnya langsung ke tempat sampah.

4. Langsung ambil sampah yang jatuh

Jika memang ada sampah yang jatuh ke lantai, segeralah mengambilnya. Ketika kamu menunda untuk segera mengambilnya saat jatuh ke lantai, bisa saja kamu lupa atau malah semakin malas untuk membersihkannya.

5. Gunakan alas untuk memotong

Untuk beberapa bahan makanan seperti sayuran yang perlu kamu potong menjadi beberapa bagian kecil kemudian mengambilnya dengan tangan dan memindahkannya ke penggorengan, ada baiknya kamu gunakan sebuah alas misalkan plastik di atas talenan. Ini untuk menghindari potongan dari bahan-bahanmu berjatuhan ketika kamu memindahkannya dari talenan ke penggorengan. Akan lebih mudah jika kamu memindahkannya dengan plastik alas tersebut.

6. Memasaklah dengan perlahan

Cara yang paling ampuh dan berpengaruh besar adalah, memasaklah dengan perlahan. Tidak perlu terburu-buru kecuali kamu memang sangat lapar saat itu. Untuk mengurangi terjadinya kekacauan di dapur seperti sampah yang berserakan, bahan-bahan yang tumpah, atau keberadaan alat yang tidak pada tempatnya adalah dengan fokus dan kerjakan sesuatunya secara perlahan.

Selamat mencoba!

Dapur Bersih Saat Memasak
Photo source: http://www.travelandleisure.com/articles/airbnb-kitchen-stock