Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Makanan Bekal Pejuang Saat Zaman Perang

Ganesha WandaGanesha Wanda
5 Makanan Bekal Pejuang Saat Zaman Perang  1
ternak bebek petelur
Merayakan hari kemerdekaan nggak lengkap kalau nggak tahu sejarah panjang tentang para pejuang. Mereka dulu tentunya mesti mengatur bekal makanan agar stamina tetap terjaga saat perang. Jadi penasaran ya, kira-kira apa saja bekal yang dimakan para pejuang saat meraih memperjuangankan kemerdekaan. Yuk, lihat bahasannya.  

Telur Asin

2
Photo Source:  ternak bebek petelur
Telur asin ternyata turut memegang peran dalam memperjuangkan kemerdekaan nih. Telur asin mempunyai kandungan gizi yang tinggi, yaitu selenium dan zat besi yang bisa menambah kekebalan tubuh agar tidak mudah kena penyakit. Selain itu, cara memakannya yang praktis membuat telur asin menjadi salah satu makanan yang diandalkan para pejuang. 

Nasi Jagung

3
Photo Source:  atikah sepiyanti
Saat masa perang, banyak hasil panen padi yang dirampas penjajah. Itu yang membuat masyarakat Indonesia mengakalinya dengan mengolah nasi jagung buat makanan pokok. 

Singkong

4
Photo Source:  arbamedia
Karena jarang memakan nasi, masyarakat Indonesia dan para pejuang biasanya memakan singkong sebagai asupan karbohidrat di dalam tubuh. Singkong juga dapat menjadi sumber energi pada tubuh dan menjaga kekebalan tubuh. Di butuhkan banget nih buat para pejuang yang harus selalu siap siaga. 

Nasi Oyek

5
Photo Source:  wanita kampung
Nasi Oyek banyak membantu nih pada masa Agresi Militer Belanda 2. Pada saat itu, Jenderal Sudirman dan pasukannya terdesak di dalam hutan di sekitar Kediri. Mereka juga dalam kondisi kehabisan bahan makanan. Namun, Soepardjo Rustam berhasil menyelundup ke sebuah desa dan kembali lagi membawakan makanan berupa nasi oyek untuk Jenderal Sudirman dan pasukannya. Berkat nasi oyek inilah pasukan Jenderal Soedirman mampu bertahan di tengah pertempuran gerilya.

Leughok

6
Photo Source:  @wisataaceh
Leughok merupakan sagu yang sudah dikukus dan dimakan dengan parutan kelapa yang telah dikukus pula agar tak mudah basi. Parutan kelapa kemudian di beri gula agar tetap menjaga energi dalam tubuh. Nah, makanan ini sering di makan oleh para pejuang Aceh karena mampu menambah stamina para pejuang nih.