Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

4 Alat yang Harus Kamu Siapkan Saat Memasak Bersama si Kecil

PitacilyPitacily
4 Alat yang Harus Ada Saat Memasak Bersama si Kecil1
http://www.huffingtonpost.com/marcus-samuelsson/is-your-child-the-next-gr_b_3308856.html
Saat kamu punya waktu luang, ajaklah sesekali si kecil untuk ikut ke dapur membuat kue atau masakan. Siapa tahu ia menikmati aktivitas ini dan ternyata punya bakat terpendam sebagai chef. Tapi tidak hanya menyiapkan bahan makanan, beberapa alat yang cocok dengan tangan-tangan mungil dan jauh dari kata berbahaya atau mahal pun mesti ada di dapur. Nah, inilah 4 alat yang perlu segera kamu siapkan jika ingin memasak bersama si kecil.

Bangku - Tangga

Memasak Bersama si Kecil2
Photo Source:  https://id.pinterest.com/explore/kids-step-stools/
Salah satu alat untuk memudahkan si kecil saat beraksi di dapur adalah sebuah bangku tangga. Tidak harus sama persis seperti foto di atas, kamu juga bisa menggunakan bangku tangga kecil sebagai pijakan. Tapi, usahakan jangan gunakan yang plastik karena cenderung lebih licin dan tidak kokoh. Bangku tangga berbahan kayu dapat menjadi salah satu pilihan untuk kamu siapkan di dapur cantikmu.

Wadah mangkuk (mixing bowl) plastik

Memasak Bersama si Kecil3
Photo Source:  https://www.aliexpress.com/cheap/cheap-prep-bowls.html
Jangan lupa untuk menyiapkan berbagai wadah mangkuk berbahan plastik untuk menghindari wadah tersebut jatuh, pecah, kemudian melukai si kecil. Wadah mangkuk plastik juga memiliki bobot yang lebih ringan sehingga dapat dengan mudah dipindahkan atau dikendalikan oleh tangan yang mungil.

Pisau yang aman dan tidak tajam

Memasak Bersama si Kecil4
Photo Source:  https://www.amazon.com/Curious-Chef-3-Piece-Nylon-Knife/dp/B002Q5YH9C
Melihat kamu memotong bahan-bahan makanan untuk dimasak tidak menutup kemungkinan kalau si kecil juga ingin ikut ambil bagian saat proses memotong atau mengiris bahan makanan. Supaya lebih aman, siapkan pisau yang tidak begitu tajam dan didesain khusus untuk proses memasak bagi anak-anak. Yang pasti, pisau aman ini tidak akan melukai tangan si kecil apabila ia tidak sengaja mengarahkannya ke jari atau tangannya.

Hand mixer

Memasak Bersama si Kecil5
Photo Source:  https://id.pinterest.com/alkavan/hello-kitty-heaven/
Mungkin stand mixer (mixer otomatis) akan terlihat lebih mempermudah pekerjaan, tapi buat anak-anak, perangkat itu justru akan lebih berbahaya. Karena bisa saja suatu ketika mereka penasaran untuk melihat isi dari adonan saat mixer otomatis sedang berjalan, atau bahkan justru mendekatkan tangannya ke adukan mixer. Menggunakan hand mixer dapat membantu kamu untuk memandu si kecil bagaimana pemakaiannya. Untuk membuat si kecil merasa antusias, pilihkan hand mixer dengan warna-warna mencolok kesukaanya.  
Yup, itu dia tadi keempat alat yang paling penting untuk kamu siapkan saat ingin memasak bersama si kecil. Selamat mencoba!