Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

10 Oleh-Oleh Khas Medan Ini Dijamin Paling Mantap, Bah!

Ganesha WandaGanesha Wanda
oleh-oleh medan bah!1
otonomi
Mudik ataupun berlibur Lebaran di Kota Medan nggak lengkap kalau tidak mencicipi kulinernya yang terkenal mantap! Nah, untuk kamu yang lagi di Medan dan mau mencari oleh-oleh khas, 10 makanan ini menjadi menu pilihan yang perlu kamu bawa sebagai buah tangan, nih! 

Bika Ambon

2
Photo Source:  baca resep dulu
Kalau didengar dari namanya, kue yang banyak dikira dari Ambon ini ternyata merupakan kue khas Medan yang sangat populer! Kue ini memiliki tekstur lembut dan berongga di dalamnya. Rasanya yang manis legit enak untuk dijadikan teman kopi kamu! Kini, bika Ambon juga dijual dengan banyak varian rasa nih, ada pandan, durian, keju, dan cokelat. 

Bolu Gulung

3
Photo Source:  Bolu Meranti
Bolu gulung juga menjadi oleh-oleh wajib dari Medan. Bolunya memiliki tekstur lembut dengan banyak pilihan rasa, yaitu keju, cokelat, kacang, mocha, srikaya, strawberry, nanas, hingga blueberry. Nah, untuk bolu gulung yang sangat popular kenikmatannya di Medan, kamu bisa mendapatkannya di Bolu Meranti. Kalau ke bolu Meranti kamu bisa membeli varian rasa keju-nya yang menjadi favorit banyak orang di sini.

Risol

4
Photo Source:  titipbeliyukkk
Risol yang satu ini juga lagi popular nih di Medan. Rasanya gurih dan pedas ini memang nikmat banget untuk jadi camilan. Nggak cuma risolnya saja, di Risol Gogo kamu juga menemukan snack lainnya seperti lemper ayam, soes, dan kroket. 

Napoleon Cake

5
Photo Source:  medannapoleon.co
Cake khas Prancis ini cukup popular dan sering dijadikan oleh-oleh dari Medan. Napoleon cake terdiri atas tiga lapisan pastry yang memiliki tekstur crunchy. Napoleon cake yang popular di Medan bisa kamu dapatkan di Medan Napoleon. Ada 5 jenis rasa di Medan Napoleon, yaitu durian, keju, greentea, banana, dan caramel.

Teri Medan

6
Photo Source:  kllinikumkm
Siapa yang bisa menolak kenikmatan ikan teri? Apalagi ikan teri Medan. Nah, makanya kalau berlibur ke Medan jangan lupa untuk membawa ikan teri sebagai buah tangan. Teri Medan biasanya ditawarkan dalam dua jenis, yaitu yang masih mentah ataupun yang telah matang dan dipadukan dengan kacang. 

Kopi Sidikalang

7
Photo Source:  k3mart.id
Kualitas biji kopi robusta yang dihasilkan di daerah Sidikalang memiliki karakter rasa yang kuat, nggak heran kalau jenis kopi Sidikalang merupakan salah satu kopi yang popular kenikmatan cita rasanya, nggak cuma di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Jadi, buat kamu pencinta kopi jangan sampai ketinggalan untuk mencoba kenikmatan rasanya. 

Kacang Sihobuk

8
Photo Source:  tokopedia
Kacang sihobuk dikenal dengan rasanya yang gurih dan manis. Kacangnya pun memiliki teksturnya yang renyah yang bikin kamu nggak bisa berhenti ngemil. Kacang Sihobuk pada umumnya di jual dengan yang bervariasi mulai dari Rp 5 ribuan hingga ratusan ribu rupiah. Kacang Sihobuk-nya bisa juga kamu nikmati bersama dengan kopi Sidikalang-nya.

Sirup Markisa

9
Photo Source:  pemkomedan
Sirup buah markisa yang dari Brastagi, ini memang dikenal dengan rasanya yang manis dan segar. Selain itu, sirup ini memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi. Di kota Medan, kamu bisa menemukan salah satu merek sirup markisa yang terkenal yaitu sirup markisa Pohon Pinang. Harganya pun sangat bervariasi, mulai dari Rp 25ribu hingga Rp 30ribu.

Durian

10
Photo Source:  lifehack
Ke Medan nggak lengkap kalau nggak mencoba durian Medan yang manis legit dan lembut. Salah satu durian yang nggak boleh ketinggalan kamu cicipi yaitu di Ucok Durian. Nggak cuma buah duriannya, di sini juga ada olahan buah durian lainnya, yaitu selai, ice cream, hingga pancake.  

Lomang

11
Photo Source:  tokomesin
Lomang merupakan salah satu makanan yang wajib kamu cicipi di Medan nih. Makanan asal Tapanuli utara ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan cara dibakar di dalam bambu hingga matang. Selain bisa di makan begitu saja, lomang juga enak dinikmati dengan ketan, opor, atau rendang. Mantap!