Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Lihat Nih Ransum TNI, Makanan Para Tentara yang Bikin Penasaran!

Chandra WijayaChandra Wijaya
Lihat Nih Ransum TNI, Makanan Para Tentara yang Bikin Penasaran!1
Lihat Nih Ransum TNI, Makanan Para Tentara yang Bikin Penasaran!
Kalau biasanya kamu hanya memperhatikan penyajian makanan-makanan enak di restoran atau kafe mewah, nggak ada salahnya sesekali lihat makanan dari para pejuang atau anggota TNI. Ternyata, penyajian makanan mereka jauh berbeda dari yang kita lihat selama ini! Nggak ada istilah food styling, garnish, atau piring keramik bercorak bunga. Tapi anehnya, banyak yang bilang kalau ternyata enak, lho!
Makanan TNI yang biasa dikenal dengan Ransum TNI atau dalam bahasa Inggris MRE (Meal Ready-to-Eat) ini merupakan makanan yang telah ditentukan jelas ukuran, komposisi, dan kandungannya untuk orang dalam kasus tertentu. Sebenarnya tidak semua tentara yang bertugas mendapat ransum ini, karena dilihat dari lokasi tempat ia bertugas dulu. Kalau lokasinya berada di wilayah penduduk, tentu bukan masalah bagi mereka untuk mencari makanan sehari-hari. Lalu bagaimana kalau harus berada di medan perang dan alam terbuka yang jauh dari peradaban? Ransum TNI jawabannya!
Yang paling menarik dari ransum ini, nggak ada masa kadaluarsanya! Walaupun sebenarnya daya tahan ransum pada umumnya adalah satu tahun. 

Ransum T2 SP

Ransum T22
Photo Source:  photobucket
T2 ABC3
Photo Source:  fishyblue99
CIri dari ransum T2 ini adalah makanannya disajikan di dalam kotak kaleng kornet. Beratnya sekitar 400 gram dengan pilihan menu yang lebih beragam, seperti nasi sate ayam, nasi tumis daging cincang, nasi ayam asam manis, sampai gudeg daging pun ada! Jangan dikira makanannya hanya cair dan tak berbentuk. Yang mengejutkan rasanya juga terbilang  enak-enak, lho. Biasanya para tentara juga diberi kesempatan untuk memanaskan makanannya terlebih dahulu. Walaupun nggak mungkin pakai oven, namun akan jauh lebih enak dalam keadaan panas. Jadi penasaran, ya, banyak juga lho vlogger yang mencicipi makanan ini. 

Ransum TB-1

Ransum TB-14
Photo Source:  Mindtalk
Sedangkan ransum jenis ini disajikan dalam bungkus plastik berisikan biskuit. Katanya sih, rasa biskuitnya hambar, namun cukup buat mengisi perut mengingat biskuit merupakan makanan pengganjal perut paling cepat dan tepat di kala lapar. Satu bungkus ini sudah berisi 12 keping biskuit pula. Sepertinya ini jadi menu camilan tentara, apa jangan-jangan makanan berat mereka?

Ransum FD-3

Ransum FD-35
Photo Source:  bukalapak
Wah kalau ini adalah jenis ransum tempur yang berisikan susu bubuk atau juga minuman sereal. Biar begitu, kamu jangan salah sangka, susunya juga terdiri dari varian rasa, seperti cokelat, melon, vanila, dan strawberry. Kamu tertarik?

Ransum T-2FD

Ransum T2 SP6
Photo Source:  tokopedia
Ransum T2 SP7
Photo Source:  tokopedia
Kalau yang ini namanya T-2FD. Kalau tadi ada makanan yang disajikan dalam kotak kaleng sarden, jenis ini disajikan di dalam kantung plastik kemasan. Para tentara harus menyeduhnya dulu dalam suhu tinggi, karena waktu memasak pun terbatas bagi mereka. Rasanya pun beragam, ada Nasi Ayam Jamur, Nasi Tumis Daging, dan Nasi Ikan Serani. Biasanya para tentara menyebut ini dengan istilah "nasi bantal".
Nah itulah sebagian besar jenis ransum TNI yang biasa tentara nikmati di lapangan. Mungkin masih banyak jenis lain yang tak begitu dieksploitasi. Namun yang jelas, makanan mereka justru bikin kita penasaran ingin mencobanya. Banyak para vlogger lokal maupun luar yang berpendapat kalau rasanya justru enak, kok, asal benar-benar dipanaskan dulu dan nggak dimakan begitu saja. Oh iya, katanya pula ada beberapa bungkus makanan yang berisi pizza atau cokelat M&M's buat tentara yang beruntung. Bagi mereka, menemukan cokelat itu seperti surga katanya, dan langsung jadi rebutan!