Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFood10 Makanan Indonesia dengan Nama yang Unik dan Menggelitik

10 Makanan Indonesia dengan Nama yang Unik dan Menggelitik

SintyaSintya
10 Makanan Indonesia dengan Nama yang Unik dan Menggelitik - Main Photo
anekaresep76.blogspot.com
Orang Indonesia emang termasuk orang yang kreatif, apalagi kalau sudah urusannya kasih nama ke berbagai hal, salah satunya ke makanan. Emang sih, nama makanan yang unik inilah yang kadang (bahkan sering) bikin orang penasaran dan akhirnya pingin cobain makanannya. Cerdik ya! Nah, ngga melulu soal soto, rendang, nasi padang, atau nasi goreng aja, masih banyak lho makanan khas Indonesia lain yang punya nama unik dan mungkin kamu juga belum tau dan belum pernah cobain. Mau tau makanan Indonesia dengan nama yang unik dan menggelitik? Yuk, simak beberapa list-nya berikut ini!

Kue Tete

Kue Tete - anekaresep76.blogspot.com
Photo Source: anekaresep76.blogspot.com
Haha! Kalau cemilan ini pasti sudah banyak yang tau ya? Secara makanan ini biasa kita temuin di SD atau di pinggir jalan. Dari namanya aja sudah bikin orang mikir aneh-aneh kan? Ya, gimana ngga mikir aneh, masa makanan namanya kue tete sih? Hehe. Sebenernya, nama jajanan ini adalah kue ape, dan bisa dinamakan Kue Tete ya karena bentuknya yang melebar dan di tengahnya nyembul gitu mirip payudara (baca: tete). Ups! Rasanya manis pandan, pokoknya enak deh. Murah lagi. Hmm, semoga aja jajanan ini ngga kena sensor KPI ya! Hehe!

Kerak Telor

Kerak Telor - ismyama.com
Photo Source: ismyama.com
Dimana lagi kamu bisa nemuin kerak nasi yang punya rasa enak coba? Ya, cuma di Indonesia, khususnya Jakarta. Kerak yang ini beda, karena dibuat dengan campuran telur (bisa ayam atau bebek) dan bumbu lainnya yang bikin kerak telor makin nikmat buat disantap. Ini dia salah satu makanan khas Betawi yang harus kamu cobain!

Bir Pletok

Bir Pletok - khasjakarta.co.id
Photo Source: khasjakarta.co.id
Namanya lucu ya! Eits, bir yang satu ini beda sama bir biasanya karena ngga bakal bikin kamu mabuk kalau minum kebanyakan. Ya paling cuma jadi kembung aja lah ya. Orang Betawi mengonsumsi minuman ini sebagai penghangat badan dan melancarkan peredaran darah. Minuman khas Betawi ini dibuat dari campuran rempah kayak jahe, daun pandan wangi, dan serai. Biasanya, orang Betawi akan nambahin kayu secang biar warna birnya jadi lebih merah dan jadi menarik.

Dadiah

Dadiah - www.ioflife.com
Photo Source: www.ioflife.com
Ngga cuma orang Eropa aja yang jago bikin yogurt, tapi orang Indonesia buktinya juga bisa lho bikin yogurt yang disebut dadiah. Dadih atau yogurt tradisional ini asalnya dari Minangkabau dan bahan utamanya adalah susu kerbau dan biasanya dikemas di dalam bambu. Dalam bahasa Minang, dadih itu artinya bubur. Jadi, makanan ini adalah bubur yang dibuat dari susu kerbau. Rasanya hampir mirip kayak yogurt. Sudah pernah cobain?

Nasi Kentut

Nasi Kentut - kulinernet.blogspot.com
Photo Source: kulinernet.blogspot.com
Nahloh! Dari namanya aja sudah unik banget nih kan dan pastinya bakal ngundang banyak pertanyaan di benak banyak orang. Rasanya agak aneh ya denger makanan dengan nama "Nasi Kentut". Nah, Nasi Kentut ini sebenarnya berasal dari Medan. Alasan dinamakan nasi kentut karena nasinya digoreng bersama daun kentut, sejenis tanaman merambat yang banyak tumbuh di sana dan punya bau daun yang khas. Makin lezat lagi karena dibungkusnya pakai daun pisang. Wah kayak apa ya rasanya? Ada yang sudah pernah coba?

Sate Kere dari Solo

Sate Kere - www.pojoksolo.com
Photo Source: www.pojoksolo.com
Jaman dulu, sate dikenal sebagai makanannya orang kaya, karena hanya orang kaya aja yang mampu buat beli atau bikin sate daging, padahal kan orang miskin juga pingin cobain makan sate juga kan. Nah, dari sinilah muncul makanan yang disebut sate kere. Sate kere sendiri bukanlah sate daging yang sering kita temuin, melainkan  sate yang dibuat dari potongan tempe  gambus (tempe yang dibuat dari ampas tahu). Selain tempe gambus, biasanya sate kere juga dibuat dari bahan dasar jeroan sapi seperti paru dan usus sapi. Jadilah sate kere, yaitu satenya kaum miskin jaman dulu yang sampai sekarang juga masih bisa kita temuin. Wah, pas banget nih buat akhir bulan begini!

Tahu Gimbal

Tahu Gimbal - bellazoditama.wordpress.com
Photo Source: bellazoditama.wordpress.com
Tahu kok gimbal? Hahaha ternyata bukan cuma rambut aja yah yang bisa gimbal, tapi tahu juga bisa guys! Makanan ini asalnya dari Semarang, dan isinya adalah tahu goreng, irisan kol mentah, tauge, lontong, telur, dan gimbal yang disiram pakai kuah petis udang. Nah, gimbal ini sebenernya adalah udang yang digoreng pakai tepung. Makanya makanan ini disebut tahu gimbal. Sudah pernah cobain?

Rondo Royal

Rondo Royal - wiwinutami.blogspot.com
Photo Source: wiwinutami.blogspot.com
Rondo dalam bahasa Jawa artinya janda. Tapi beda sama makanan ini yang sebenarnya adalah tape goreng yang digoreng pakai tepung beras. Makanan yang asalnya dari Jepara ini umumnya dinikmati sambil ngopi atau ngeteh oleh orang-orang di pedesaan. Ugh!

Mie Lendir

Mie Lendir - m.log.viva.co.id
Photo Source: m.log.viva.co.id
Eh, jangan mikir yang aneh-aneh dulu dong pas denger kata lendir. Hehehe. Makanan yang asalnya dari Batam ini dinamakan Mie Lendir karena punya kuah yang kental banget. Kayak apa ya rasanya?

Kue Dollar

Kue Dollar - videogamekamu.blogspot.com
Photo Source: videogamekamu.blogspot.com
Kue ini dinamakan kue dollar bukan karena harganya yang mahalnya selangit lho ya guys, tapi karena bentuknya yang bulat pipih kayak uang koin jaman dulu gitu. Makanya disebutnya kue dollar biar orang gampang ingetnya.
Nah, dari kesepuluh makanan dengan nama unik di atas, kita bisa tau kalau orang Indonesia juga unik dan kreatif kan? Makanya, kamu sebagai generasi penerusnya jangan mau kalah ya! Siapa tau suatu saat kamu bisa nemuin makanan baru dan bisa kasih nama makanan itu dengan nama yang lebih unik lagi, jadi nantinya bisa kita kenalin lewat Qraved deh. Mau tau info seputar kuliner unik lainnya? Yuk, buka Qraved.com dan nikmati sajian informasi dan layanan yang ada! 
Qraved | Life is Tasty