Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

6 Makanan Tradisional yang Nggak Pernah Terbayangkan

Audrey AndiniAudrey Andini
6 Makanan Tradisional yang Nggak Pernah Terbayangkan1
Shutterstock
Selain kaya akan budaya dan bahasa daerah, Indonesia juga kaya dengan hidangan tradisional. Saking banyaknya, 6 hidangan tradisional ini mungkin belum pernah kamu dengar dan terbayangkan sebelumnya. 

Gulo Puan

2
Photo Source:  sportourism
Makanan khas dari Palembang yang memiliki cita rasa manis dari susu kerbau dan gula pasir ini dulunya disajikan untuk raja. Sayangnya, sekarang hidangan tradisional ini sudah mulai sulit dicari karena sudah jarang yang memproduksi susu kerbau.

Bassang

3
Photo Source:  hesti-myworkofart
Hidangan tradisional dari Sulawesi ini terbuat dari jagung pulen dan santan disajikan dalam bentuk bubur. Dalam bahasa setempat, 'bassoro' berarti kenyang, mungkin hidangan ini dinamakan Bassang karena mengenyangkan.

Kidu

4
Photo Source:  northsumatravisit
Hidangan unik yang satu ini berasal dari Tanah Karo. Uniknya hidangan ini terbuat dari ulat pohon enau yang dapat dinikmati langsung dilahap ataupun dimasak terlebih dahulu. Hidangan ini sudah jarang ditemui karena pengolahan ulat ini cukup sulit dan jika tidak dilakukan secara benar dapat membuat sakit perut.

Grontol

5
Photo Source:  bloggertulungagung
Buat yang belum tahu, grontol adalah makanan khas dari daerah Jawa Tengah yang terbuat dari jagung rebus dan kemudian ditaburi parutan kelapa sehingga memiliki rasa gurih nikmat. Di Sunda, hidangan ini dikenal dengan borondong jagung.

Sayur Babanci

6
Photo Source:  kompasiana
Orang Betawi harusnya familiar sama yang satu ini. Sayur Babanci adalah sayuran yang berisikan daging sapi, daging kelapa muda, dan petai dengan kuah pedas asam dan bersantan. Jika kamu penggemar pedas, sayur babanci ini dijamin akan memuaskan lidah. 

Jaha (Kentan Bambu)

7
Photo Source:  bruangku
Hidangan khas dari Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara ini terbuat dari beras ketan, santan, dan rempah-rempah seperti jahe. Kata Jaha sendiri berasal dari kata nasi dan jahe. Cara membuatnya lumayan unik dengan mencampurkan semua bahan lalu dimasukkan ke dalam batang bambu yang dilapis daun pisang.