Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Tips Bebas Bau Mulut Saat Berpuasa

Qraved ContributorQraved Contributor
Saat berpuasa tentu kamu tidak makan dalam waktu yang cukup lama, sehingga produksi saliva atau air liur akan berkurang. Akibatnya, bakteri berkembang lebih cepat sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, bau mulut memang harus segera dihilangkan sebelum mengganggu orang lain di sekitar kamu. Nah, biar puasa tetap lancar, beberapa tips ini bisa kamu lakukan agar bebas bau mulut.

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut - @mehmehmm
Photo Source: @mehmehmm
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bau mulut timbul akibat bakteri di dalam mulut. Untuk mencegah bau mulut saat puasa, pastikan kalau kamu tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi dan lidah setelah berbuka dan sahur. Hal ini bertujuan untuk membersihkan mulut dari partikel makanan yang membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap.

Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Memperbanyak Konsumsi Air Putih - @alexandramimine
Photo Source: @alexandramimine
Minum air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas saat sahur dan berbuka, terbukti ampuh membantu kamu dalam mencegah bau mulut selama berpuasa. Pasalnya, air putih dapat meningkatkan produksi saliva (air liur), sehingga mulut terjaga kebersihannya. Dengan demikian, kamu pun bebas bau mulut meski sedang berpuasa sehari penuh.

Minum Teh Hijau

Minum Teh Hijau - @the_heart_of_tea
Photo Source: @the_heart_of_tea
Mencegah bau mulut juga bisa kamu lakukan dengan rutin mengonsumsi teh hijau tanpa gula saat makan sahur. Zat polyphenol yang terkandung dalam teh hijau berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan. Minuman ini juga baik untuk mengurangi peradangan pada rongga pernafasan.

Konsumsi Buah dan Sayuran dengan Vitamin C

Vitamin C - @classikjess
Photo Source: @classikjess
Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, apel, dan pisang dapat membantu memerangi bakteri di mulut. Saat makan sahur, buatlah segelas jus jeruk atau jus nanas dengan air hangat, serta tambahkan satu sendok madu dan sedikit kayu manis untuk menambah rasa yang lebih nikmat. Mengkonsumsi jus jeruk atau nanas membantu kamu mencegah bau mulut.

Hindari Makanan dengan Aroma Tajam

Hindari Makanan dengan Aroma Tajam - @bebygirly
Photo Source: @bebygirly
Untuk mencegah timbulnya bau mulut saat sedang berpuasa, kamu juga perlu menghindari makanan berbau tajam. Sebaiknya tidak mengonsumsi jengkol, pete, ataupun durian saat berbuka dan sahur. Kamu juga disarankan untuk mengurangi makanan lengket, seperti cokelat, es krim, biskuit, dan kue basah lainnya. Jenis makanan lengket ini akan lebih sulit untuk dibersihkan karena akan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut.

Berhenti Merokok

Berhenti Merokok - @adjiherdanto
Photo Source: @adjiherdanto
Menghindari makanan beraroma tajam saja tidak cukup untuk mencegah bau mulut. Kamu juga harus berhenti merokok. Zat-zat kimia yang terkandung dalam rokok itulah yang menjadi pemicu bau mulut selama berpuasa di siang hari.

Kurangi Tidur, Perbanyak Olah Raga

Kurangi Tidur, Perbanyak Olah Raga - @shannonmurph
Photo Source: @shannonmurph
Terkadang berpuasa bisa membuat badan kamu terasa lemas, namun terlalu banyak tidur justru akan menyebabkan bau mulut loh! Pasalnya, saat tidur mulut akan menjadi kering dan kurang air sehingga bau tidak sedap akan lebih mudah muncul. Sebaliknya, kamu justru harus rutin berolahraga untuk mengeluarkan zat racun dalam tubuh yang juga memicu bau mulut tidak sedap.