Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Penasaran Sama Makanan Favorit Calon Gubernur DKI Jakarta?

SintyaSintya
Sambut #Pilkada 2017, Yuk Kenali Makanan Favorit Calon Gubernur DKI Jakarta!1
NUSANTARAnews.com
Daripada pusing dengar isu-isu negatif menjelang Pilkada DKI Jakarta yang akan berlangsung pada 15 Februari 2017, mendingan kita bahas selera makanan favorit dari tiga calon gubernur DKI. Apa saja sih menu-menu yang sering disantap Agus Harimurti Yudhoyono,  Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), hingga Anies Baswedan?

1. Agus Harimurti Yudhoyono

Agus Harimurti Yudhoyono2
Photo Source:  @agusyudhoyono
Kalau sebelumnya kita sudah merasakan kepemimpinan sang ayah, Susilo Bambang Yudhoyono, yang pernah menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia selama dua periode, yaitu pada Oktober 2004 hingga Oktober 2014, kali ini giliran Agus Harimurti Yudhoyono yang mau unjuk diri dengan mencalonkan diri sebagai salah satu calon gubernur di Pilkada DKI 2017. bersama calon wakilnya, yaitu Sylviana Murni. 
Ikan teri balado3
Photo Source:  http://pilkada.liputan6.com/
Soal makanan, konon, pria kelahiran 10 Agustus 1978 ini sangat menyukai ikan teri balado, yaitu makanan yang terbuat dari teri medan yang dimasak dengan sambal balado. Dulu, saat masih di militer ia biasa menyantapnya dengan nasi panas yang menurutnya sangat sedap. Tidak hanya itu, calon gubernur yang akrab disapa dengan sebutan AHY ini juga menyukai roti Guriyana, yaitu sejenis roti tawar yang dijual oleh pedagang keliling seharga 15 ribu rupiah per bungkusnya. 
pisang cokelat4
Photo Source:  @annisayudhoyono
Selain itu, AHY juga sangat menyukai masakan istrinya, yaitu Annisa Pohan. Salah satu makanan yang pernah dibuat oleh sang istri untuknya adalah pisang cokelat. Wah, banyak juga ya makanan kesukaannya!

2. Basuki Tjahaja Purnama

Ahok dan Djarot5
Photo Source:  @basukibtp
Pasangan calon gubernur DKI Jakarta selanjutnya adalah Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ahok. Sebelumnya, Ahok adalah wakil gubernur DKI Jakarta pada saat Jokowi masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta sebelum akhirnya terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia. Ia menjabat sebagai gubernur menggantikan Jokowi pada November 2014. Meskipun sosoknya sangat kontroversial, namun pada akhirnya ia kembali mencalonkan diri untuk menjadi gubernur DKI Jakarta dengan memilih Djarot Saiful Hidayat sebagai calon wakilnya. Nah, di balik visi misi serta pengabdiannya selama ini menjadi gubernur DKI Jakarta, kira-kira apa saja ya makanan favorit dari Ahok ini?
Lempah Kuning6
Photo Source:  Wacana Nusantara
Jadi, karena Ahok ini berasal dari Belitung, maka makanan favoritnya tentu saja makanan yang berasal dari kampung halamannya. Salah satu contohnya adalah Lempah Kuning, yaitu makanan berkuah kuning yang sangat terkenal di Bangka Belitung. Bahan dasar dari makanan ini biasanya adalah makanan laut atau daging sapi yang dibumbui rempah beraroma kuat. Di Belitung, biasanya makanan ini dibuat dari ikan yang digabung dengan nanas serta kunyit dan bumbu lainnya yang membuat si lempah kuning ini terasa agak asam namun tetap gurih.
rajungan7
Photo Source:  Wajan Ireng - WordPress.com
Mengingat kalau Belitung adalah kawasan pesisir, maka makanan yang terkenal adalah makanan laut. Konon, Ahok juga sangat menyukai makanan yang terbuat dari rajungan. Tidak perlu repot untuk memasak rajungan, karena hanya dengan direbus saja rasanya sudah enak. Sedangkan untuk hidangan penutupnya, pria yang dikenal sebagai orang yang tegas ini sangat menyukai pisang rebus. Ia biasa menyantapnya tanpa tambahan madu atau gula. Hmm, simpel, kan!

3. Anies Baswedan

Anies Baswedan8
Photo Source:  sandiuno
Pasangan nomor tiga adalah Anies Baswedan bersama Sandiaga Uno. Tumbuh besar dan menghabiskan waktu di Yogyakarta untuk menyelesaikan studinya di Universitas Gadjah Mada membuat Anies menyukai berbagai makanan khas Kota Pelajar ini, salah satunya adalah gudeg.
gudeg9
Photo Source:  gudeg kaleng jogja
Menurut penuturan istrinya, Feri Farhati Ganis, suaminya ini sangat menyukai makanan khas kota Yogyakarta tersebut. Hal ini dikarenakan sejak kecil beliau sudah tinggal dan besar di sana. Beruntunglah saat ini sudah tidak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta untuk menikmati gudeg, karena di Jakarta pun sudah banyak yang menjualnya. Selain gudeg, Anies juga dikenal sangat menyukai makanan manis dan dibuat dengan bumbu kecap, seperti ayam kecap, semur daging, dan beberapa makanan khas Indonesia lainnya yang manis dan terbuat dengan bumbu kecap. Tidak hanya itu, biasanya sang istri juga akan memasak sayur lodeh untuk disajikan di rumah, karena masakan ini juga merupakan salah satu makanan favoritnya di rumah.
bir pletok10
Photo Source:  Nurul Noe
Kalau untuk minuman, Anies mengaku bahwa ia akhir-akhir ini sedang sangat menyukai minum bir. Eits, tapi ini bukan sembarang bir lho, ya! Jadi, ia sangat suka minum bir pletok yang menurutnya sangat bermanfaat untuk menambah stamina. Bir pletok ini sendiri terbuat dari kapulaga, seucang, cabe jawa, kayu manis, dan juga gula. Ia mengaku merasa segar setelah minum bir ini. Bahkan, ia selalu menyediakan satu kotak penuh bir pletok selama masa kampanye, lho! Wah, benar-benar menjiwai peran untuk menjadi calon gubernur DKI Jakarta, ya!
Nah, setelah membaca beberapa makanan favorit para calon gubernur DKI Jakarta di atas, sudah ada bayangan belum nih mau pilih yang mana?