Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Cek Kebenaran 4 Mitos Mangga yang Kadang Bikin Parno

Karina MarpaungKarina Marpaung
Cek Kebenaran 4 Mitos Mangga yang Kadang Bikin Parno1
joaomiguelferreira_
Doyan mangga dan sering berburu kuliner kekinian mangga yang lagi hits belakangan ini? Selain kesegarannya yang sudah terkenal, di balik pesona mangga yang menggugah selera, tersimpan beberapa mitos yang mungkin saja membuatmu kadang jadi parno. Kira-kira, apakah mitos-mitos tersebut benar-benar nyata? Simak jawabannya dalam ulasan berikut ini!  

Mangga bisa memicu kenaikan berat badan

2
Photo Source:  maeganmarieg
Sayangnya, buah mangga memang bisa memicu kenaikan berat badan. Hal tersebut juga tak dibantah oleh hasil studi yang diterbitkan dalam Journal of Food Science pada tahun 2012 dan The Journal of Nutrition pada tahun 2016. Namun demikian, menurut informasi yang dilansir dari situs New Delhi Television Limited, kenaikan berat badan hanya akan terjadi bila mangga dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, yakni lebih dari 400 gram per hari.

Mangga bisa memicu diabetes

3
Photo Source:  anahatapat
Rasa manis mangga tak serta merta dapat memicu atau memperparah penyakit diabetes. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 20 orang dewasa obesitas berusia 20-50 tahun dengan paparan setengah mangga segar selama 12 minggu justru tak menunjukan lonjakan kadar glukosa darah. Dengan demikian, porsi mangga yang terkontrol disertai penerapan gaya hidup sehat dapat membawa keuntungan tersendiri bagi tubuh manusia.

Mangga tak baik dikonsumsi saat diet

4
Photo Source:  aesthetic.caramel
Jika dietmu dimaksudkan untuk menurunkan berat badan, maka mangga tak sepenuhnya cocok untuk kamu konsumsi. Dilansir dari situs livestrong.com, secangkir buah mangga potong mengandung 99 kalori – cenderung lebih tinggi dari secangkir buah apel potong yang hanya mengandung 57 kalori. Tapi asal nggak lebih dari porsi di atas, kamu bisa kok tetap makan mangga dengan catatan seminim mungkin jumlahnya. 

Mangga bisa memicu alergi mematikan

5
Photo Source:  joaomiguelferreira_
Mitos ini ternyata bukanlah isapan jempol belaka. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Asia Pacific Allergy pada tahun 2011 menyatakan bahwa hipersensitivitas terhadap mangga bisa saja terjadi, bahkan terhadap orang-orang yang baru pertama kali mengonsumsi mangga. Meskipun jarang terjadi, alergi terhadap mangga dapat mengancam nyawa.