Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Makanan Berjamur yang Nggak Bikin Kamu Pendek Umur

Audrey AndiniAudrey Andini
5 Makanan Berjamur yang Nggak Bikin Kamu Pendek Umur1
Shutterstock
Meskipun memiliki konotasi buruk, nggak selamanya makanan berjamur bakal berdampak buruk buat kesehatan. Bahkan dengan menambah jamur tertentu, beberapa makanan makin terasa nikmat dengan rasa yang khas. Berikut ini adalah makanan berjamur yang nikmatnya bikin kamu terlena dan pastinya nggak bikin pendek umur. 

Dry-Aged Beef

2
Photo Source:  chicolockersausage
3
Photo Source:  gearpatrol
Jenis daging yang digandrungi oleh banyak chef di berbagai belahan dunia ini dibuat dengan menyimpan daging dalam lingkungan terkontrol selama satu sampai 4 bulan sampai lapisan jamur muncul. Enzim daging dikombinasikan dengan jamur membuat daging lebih lembut dan memiliki rasa savoury. Saat penyajian tentu saja jamur akan dibersihkan.

Tempe

4
Photo Source:  Wikipedia
Makanan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia ini popular sebagai sumber protein yang dibuat dengan peran jamur. Kacang kedelai diolah melalui proses inokulasi dengan jamur lalu difermentasi. Jamur kemudian mengikat kacang kedelai menjadi lebih padat, yang kemudian menjadi tempe. 

Cured-Meat

5
Photo Source:  Shutterstock
Warna putih yang terdapat pada cured-meat itu adalah jamur yang untuk membantu mengembangkan rasa unik dan mengusir bakteria penyebab basi. 

Cheese

6
Photo Source:  Gourmetegypt
Meskipun memiliki bau yang tajam, jenis keju seperti Gorgonzola dan Roquefort memiliki rasa yang berbeda karena saat dibuat dengan jamur tertentu yang dicampur dengan cheese curds. Dan untuk jenis brie cheese, kamu bakal melihat lapisan luar yang memiliki yang khas dari jamur. 

Soy Sauce

7
Photo Source:  Urban Taste Bud
Untuk membuat ini , sebelum difermentasi menjadi kondimen yang digandrungi banyak orang, kacang kedelai yang telah direbus akan dibiarkan membusuk selama beberapa hari. Kacang yang telah berjamur yang disebut koji pun kemudian difermentasi di air garam sampai berwarna hitam.