Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Fakta Unik Seputar Makanan di India

SintyaSintya
5 Fakta Unik Seputar Makanan di India 1
DreamPlanGo
Kalau suka masakan India dan berencana untuk traveling ke sana, ini dia beberapa fakta unik seputar makanan India yang perlu kamu tahu! Lumayan kan bisa menambah wawasanmu saat wisata kuliner di sana. 

1. Makan Pakai Tangan Kanan

Makan Pakai Tangan Kanan2
Photo Source:  DreamPlanGo
Seperti sebagian besar orang Indonesia, masyarakat India juga banyak yang dengan menggunakan tangan kanan yang sudah dicuci bersih. Tidak hanya itu, mereka juga tidak suka berbagi makanan, karena menurut mereka hal ini hanya akan membuat makanan mereka terkontaminasi. So, jangan seenaknya minta makanan mereka, ya!

2. Makan Tiga Kali Sehari

Makan Tiga Kali Sehari3
Photo Source:  BBC
Sebenarnya kebiasaan makan tiga kali sehari adalah hal yang normal bagi orang pada umumnya. Hanya saja, hidangan yang disajikan saat makan malam di India adalah makanan paling berat. Hmm, gimana cara dietnya ya?

3. Suka Makanan Manis

Suka Makanan Manis4
Photo Source:  FoodPunch
Hampir sama dengan orang suku Jawa yang terkenal suka makan makanan manis, ternyata orang India juga umunya penyuka makanan manis, lho! Makanan atau camilan manis ini nggak hanya bisa dinikmati di restoran atau toko kue aja nih, tapi juga dijual oleh pedagang kaki lima yang bisa ditemui di jalanan. Beberapa dessert atau camilan manis yang populer di sana adalah Kulfi, yaitu es krim khas India dengan campuran kacang pistachio, mangga, dan juga daun mint. Selanjutnya ada juga kheer, yaitu sejenis rice pudding, dan juga jalebis, yaitu kue yang bentuknya menyerupai pretzel yang digoreng dan dicelupkan ke dalam sirup saffron.

4. Teh dan Kopi Manis

Teh dan Kopi Manis5
Photo Source:  Sadia's Tea Party
Saking sukanya dengan yang manis-manis, orang India juga selalu menambahkan banyak gula ke dalam teh atau kopi yang mereka nikmati. Bahkan, tidak jarang juga mereka akan menambahkan susu ke dalamnya. 

5. Tradisi Mengunyah Sirih

Tradisi Mengunyah Sirih6
Photo Source:  The Telegraph
Jika kebanyakan orang akan menutup sesi makannya dengan menyantap hidangan manis atau buah-buahan sebagai dessert, berbeda dengan tradisi orang India yang selalu mengunyah sirih atau paan yang dipercaya dapat memperlancar pencernaan. Daun sirih ini kemudian diberi olesan yang terbuat dari campuran kapulaga, jinten hitam, gula, dan kelapa parut. Wah, seperti apa ya rasanya?