Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Martabak Telur vs Martabak Manis: Mana yang Lebih Sehat?

Karina MarpaungKarina Marpaung
Martabak Telur vs Martabak Manis: Mana yang Lebih Sehat? 1
martabakdodo
Martabak, baik manis maupun telur, seakan telah menjadi camilan “kebangsaan” bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun demikian, apakah kamu tahu jenis martabak yang lebih sehat? Agar kamu tak makin penasaran, langsung saja simak ulasan berikut. Dan jangan lupa download aplikasi Qraved untuk mendapatkan informasi seputar makanan dan kesehatan seperti ini ya! 

Karbohidrat

Martabak Telur vs Martabak Manis: Mana yang Lebih Sehat?2
Photo Source:  martabakgue_id
Tepung-tepungan yang menjadi bahan utama pembuat martabak manis menyumbang total karbohidrat sekitar 37.37 gram per potong. Lain halnya dengan sepotong martabak telur “polos” tanpa topping kekinian yang hanya memiliki kandungan karbohidrat sekitar 0.2 gram. 

Kolesterol

Martabak Telur vs Martabak Manis: Mana yang Lebih Sehat?3
Photo Source:  martabakdodo
Dapatkah kamu menebak martabak mana yang memiliki kandungan kolesterol lebih tinggi? Ya, martabak telur jawabannya. Sepotong martabak telur dapat mengandung kolesterol hingga 156.4 miligram, berbanding terbalik dengan sepotong martabak manis yang hanya memiliki kandungan kolesterol sekitar 66 miligram.  

Kalori

Martabak Telur vs Martabak Manis: Mana yang Lebih Sehat?4
Photo Source:  martabakgue_id
Tak disangka, martabak telur ternyata mengandung lebih banyak kalori dibanding martabak manis. Sepotong martabak telur kurang lebih mengandung 431 kalori, berbeda cukup signifikan dengan sepotong martabak manis ber-topping cokelat dan kacang yang mengandung 270 kalori.  

Lemak

Martabak Telur vs Martabak Manis: Mana yang Lebih Sehat?5
Photo Source:  martabakdodo
Kandungan lemak dalam martabak telur juga lebih tinggi dibanding martabak manis. Total lemak dalam sepotong martabak manis hanya sekitar 11.31 gram, sedangkan dalam sepotong martabak telur sekitar 35.9 gram.

Protein

Martabak Telur vs Martabak Manis: Mana yang Lebih Sehat?6
Photo Source:  calvinerbianco
Dilihat dari kandungan protein, martabak telur keluar sebagai juaranya. Dilansir dari hasil wawancara dengan Dr. (Cand) Rita Ramayulis, DCN, M.Kes. di salah satu stasiun televisi swasta beberapa waktu lalu, martabak telur mengandung lebih banyak protein karena dibuat dari telur. Namun demikian, martabak manis juga bisa memiliki kandungan protein yang tinggi bila melibatkan keju sebagai topping.